Kamis, 25 Mei 2017

Kopdar Blogger Bengkulu (Bobe) ke-10, Menuju Konferensi Kopi Dunia di Bengkulu


Blogger Bengkulu (Bobe) kembali mengadakan kopdar pada hari minggu, 21 Mei 2017. Kali ini merupakan kopdar yang ke X dari Bobe. Kopdar kali ini diadakan di Disperindag Bengkulu dan dihadiri oleh para blogger serta pengrajin kopi Bengkulu.  Para pengrajin kopi berasal dari berbagai kabupaten di  Provinsi Bengkulu.  Tema ini diangkat karena sesuai dengan gagasan dari Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti tentang Menuju Konferensi Kopi Dunia di Bengkulu yang merupakan salah satu kegiatan untuk menuju visit 2020 wonderful Bengkulu. Kegiatan tersebut salah satu tujuannya juga untuk memperkenalkan kopi termasuk kopi rakyat yang merupakan produsen kopi penting bagi jagad prekonomia dunia
Ketua Bobe Bengkulu, Mbak Mildaini dalam sambutannya mengatakan bahwa Bengkulu merupakan salah satu provinsi penghasil kopi di Indonesia, namun masih banyak masyarakat Bengkulu yang jarang meminum kopi Bengkulu karena kurangnya promosi dan harganya yang relative mahal. Tidak bisa kita pungkiri bahwa untuk mempromosikan suatu produk tentu membutuhkan biaya, terutama untuk promosi di media elektronik atau cetak seperti koran. Salah satu media promosi yang sedang digandrungi saat ini adalah promosi melalui blogger karena biaya yang lebih terjangkau. Hal inilah yang menjadi dasar ketertarikan bloger-bloger Bengkulu untuk mempromosikan Bengkulu melalui tulisan.
Acara ini juga dihadiri oleh Kadis Perindag Bengkulu, bapak H. Lierwan, S.E yang sangat antusias dengan kegiatan menulis yang dilakukan para blogger Bengkulu untuk mempromosikan provinsi ini. Beliau juga menyampaikan bahwa rencana gubernur Bengkulu utuk mengadakan konferensi kopi dunia di Bengkulu harus dirancang sejak sekarang. Bengkulu sendiri memiliki banyak usaha-usaha kopi yang sudah dijalankan oleh masyarakat, baik dalam bentuk perorangan maupun UKM. Ada 145 usaha kopi yang tersebar di kabupaten-kabupaten dan kota.
Beberapa merek kopi Bengkulu
Dalam kesempatan kali ini para blogger Bengkulu berkesematan bertemu dan berbagi pengalaman dengan beberapa pengusaha kopi baik yang datang dari kota maupun kabupaten-kabupaten yang ada di provinsi Bengkulu seperti kopi Villco, kopi Redjang, Edu Coffee, Bengkulu Mountain Coffee, dll. Selain itu masing-masing blogger juga mendapatkan kesempatan untuk menulis review tentang satu jenis kopi dari para pengusaha kopi Bengkulu. Banyak pelajaraan dan pengetahuan baru yang didapat para blogger tentang kopi-kopi yang ada di provinsi Bengkulu, baik dari merek produk, pengemasan hingga kesulitan yang sering dirasakan pengusaha dan petani kopi. Selain berbagi pengalan tentang kopi, para blogger Bengkulu juga mendapatkan pelatihan tentang membuat video Vlog dan juga mendapatkan sebuah buku berjudul Jejak Aktifis dari Media Centre.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar