Senin, 31 Juli 2017

Mas Harun Bastari yang Bikin Susah Move On

Karena fotonya dari jauh dan rame-rame jadi kelihatannya kecil banget
Photo by: @ichan.dgmc

Bengkulu merupakan kota kecil yang menyimpan banyak pesona, selain dua puspa langka yang kemaren aku ceritain di postingan sebelumnya (baca disini), Bengkulu juga memiliki taman bunga yang akan memanjakan mata. Letaknya di Curup, Kabupaten Rejang Lebong. Jika dari kota Bengkulu kita akan mengabiskan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan. Curup merupakan salah satu dataran tinggi di Bengkulu karena letaknya di kaki bukit barisan. Selain itu tanah di daerah ini juga subur, maka gak deh heran jika banyak tanaman yang tumbuh subur di daerah ini.
Seperti yang sudah pernah aku bahas di postingan sebelumnya, jalan menuju Curup ini akan melewati kelok Sembilan. Sesuai namanya, jalan di sini banyak berkelok-kelok, jadi ada baiknya minum obat anti mabuk untuk yang sering mabuk perjalanan. Tapi untuk yang tidak mabuk perjalanan, jalan menuju Curup akan sangat menyenangkan dan memanjakan mata. Kita akan di suguhi oleh pemandangan pegunungan, hutan lindung yang masih sangat asri dan lahan pertanian yang semuanya berwarna hijau. Pemandangan yang sudah sangat jarang ditemui di daerah perkotaan.
Oh iya, sebelumnya ada yang sudah pernah lihat taman bunga Chideung di Bandung atau taman bunga selecta di Malang? Nah Bengkulu juga taman bunga seperti itu loh, namanya taman bunga Inaya. Taman bunga ini tepatnya berada di jalan raya Curup-Lubuk Linggau dan tepat bersebalahan dengan danau Mas Harun Bastari. Selain itu di dekat taman bunga ini juga terdapat kebun strawberry, jadi pengunjung bisa memetik strawberry langsung dari kebunnya dengan seizin pengelolah kebun tentunya.
Taman bunga inaya ini dipersiapkan untuk garden flower festival 2018 dan visit Bengkulu 2020. Sekarang
taman bunga ini terus berbenah dan menambah koleksi bunga meskipun bunga yang ditanam di sini sudah beraneka macam, seperti bunga matahari, bunga jengger ayam, bunga kerokot, bunga aster, dll. Selain itu di taman bunga ini juga ada rumah pohon, kalo kita naik ke rumah pohon tersebut, kita bisa meilihat pemandangan danau Mas Harun Bastari dan taman bunga dari ketinggian.



Beberapa macam bunga di kebun bunga Inaya

Udara yang sejuk dan pemandangan yang memanjakan mata dijamin akan membuat kita betah untuk berlama-lama berada di sini. Oh iya dari taman bunga ini kita juga bisa melihat sengkedan untuk lahan pertanian dari kejauhan. Warnanya yang hijau membuat mata tidak akan bosan melihatnya. Biaya masuk ke kebun bunga ini murah banget loh guys, cuma Rp 10.000. Hanya dengan 10.000 aja bisa lihat pemandangan sebagus ini. Tapi hati-hati kalo udah ke danau Mas Harun Bastari dan ke taman bunga Inaya ini, nanti kamu susah move on  karena udah dibuat nyaman *eh haha
Selain itu nih ya, di taman bunga ini kalian akan menemukan banyak sekali spot-spot foto yang instagram able banget. Jadi untuk para selebgram harus banget deh ke sini atau mungkin mau buat video ala-ala sang princess yang lagi dikelilingi banyak bunga-bunga :D. Satu hal yang aku suka banget dari penataan taman bunga ini adalah adanya jarak antar bunga untuk tempat jalan, jadi kita gak akan menginjak bunga-bunga kalo mau foto. Nah, yang harus kalian patuhin nih ya guys ‘ Jangan Memetik Bunga’ so please guys jaga banget dan tolong banget gak ngerusak ya, karena yang belum sempet datang mau foto-foto juga sama bunga yang cantik-cantik itu.
Bisa foto-foto tanpa nginjek bunga karena ada jarak antar bunga

Spot foto yang langsung mengarah ke danau Mas Harun Bastari
Para bunga desa dan teman-temannya yang lagi foto diantara bunga-bunga :D

Oh ya, ada lagi yang penting dan kalian harus tahu, untuk sampai ke sini gak ada kendaraan umum, misalnya angkot, karena memang belum ada transportasi umum menuju daerah ini. Kebanyakan pengunjung menggunakan kendaraan pribadi seperti motor, mobil atau bila pergi berombongan bisa menyewa bus dan ada juga yang menggunakan mobil travel. Kalo biaya travel sendiri dari kota Bengkulu sekitar Rp 50.000 aja kok.
Disekitar taman bunga ini sudah menyediakan beberapa penginapan, tapi jumlahnya masih terbatas. Saat menjelang tahun baru, tepatnya malam tahun baru banyak yang mengabiskan malam pergantian tahun dengan menyewa penginapan di sini. So guys, kalian kapan mau ke sini?



13 komentar:

  1. Duuuh bunganya cakep2 banget mbak, udah kaya di film2 aja :) Kapan ya bisa ke sana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak cakep" bgt. Kalo ke Bengkulu harus ya mbak hehe

      Hapus
  2. Aiih bagus nyaaa.. Aku sbnrnya planning ke bengkulu feb lalu mba. Tp batal krn acara nikahan temenku tabrakan ama jdwal ku traveling. Masalahnya krn tiketnya udh lama dibeli dan ga bisa cancel, tpkasa deh batal k bengkulu.. Banyak tempat bagus ternyata yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah sayang bgt ya mbak. Semoga next time bisa ke Bengkulu ya
      Iya mbak banyak banget tempat-tempat bagus di Bengkulu. Next post aku bakalan nulis lagi tempat-tempat wisata di Bengkulu ya :)

      Hapus
  3. salam kenal sama mas Harun nya yah hahahaa

    BalasHapus
  4. yuhuuu, banyak bunga barunya ya...

    BalasHapus
  5. Bunganya cantik-cantik. Pengin juga foto di bunga2 seperti itu :)

    BalasHapus
  6. Bunganya dipetik satu buat kekasih boleh ndak. Hehehe

    BalasHapus
  7. waaah keren ya, pemandanganya indah banget :D

    BalasHapus
  8. Asal jangan dibuat gegoleran aja ya :D
    Bisa rusak nanti.

    BalasHapus
  9. Kalo aku poto di taman bunga mungkin aku jadi keliatan ya kak

    BalasHapus
  10. Bagus yaaa tamannya. Bunga-bunganya cerah banget warnanya. Moga gak ada oknum yang nginjek2 bunga itu kayak kejadian di jogja.

    BalasHapus
  11. pas ke bengkul aku belum sempat ke mas harun ini, tapi nginep di vila hijau deket sana udah.. sejuk :))

    BalasHapus