Senin, 30 Oktober 2017

Bimbingan Teknis Pembuatan Blog Bersama Diskominfotik dan Blogger Bengkulu

  

  Blog menjadi salah satu media yang sangat penting di era millenial. Bagaimana tidak? Mulai dari ajang curhat sampai promosi sudah banyak yang menggunakan media blog. Bahkan tidak sedikit blogger-blogger saat ini menjadikan blog sebagai pekerjaan utamanya. Namun di satu sisi banyak masyarakat yang masih belum paham bahkan belum tahu tantang blog. Padahal blog ini penting bukan hanya untuk blogger namun juga semua kalangan termasuk aparatur negara.
    Hal inilah yang melatarbelakangi Dinas Komunikasi dan Statistik Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan komunitas Blogger Bengkulu untuk mengadakan “Pelatihan Bimbingan Teknis Pembuatan Blog Bagi Aparatur dan Masyarakat Provinsi Bengkulu”. Kegiatan ini diadakan pada hari senin dan selasa tanggal 30-31 Oktober 2017 di Rafflesia City Hotel Bengkulu. Pelatihan bimtek ini diikuti oleh sekitar kurang lebih 50 peserta yang berasal dari berbagai instasi pemerintahan dan juga para blogger Bengkulu.
    Dalam kesempatan kali ini acara dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Diskominfotik Provinsi Bengkulu. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan materi tentang pembuatan blog bagi pemula. Materi ini disampaikan oleh ketua Blogger Bengkulu, mbak Mildaini. Dalam kesempatan kali ini mbak Milda juga menyampaikan tentang akan pentingnya sosial media di era millenial saat ini.

   Baca Juga: Belajar Mereview Produk Bersama Blogger Bengkulu

   Selain menyampaikan pentingnya sosial media, mbak Milda juga meminta seluruh peserta untuk memiliki sosial media, seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Bagi yang belum memiliki ketiga sosial media tersebut, mbak Milda meminta peserta untuk membuatnya. Selain sebagai media bersosialisasi, sosial media juga dapat mendatangkan uang. Misalnya saja untuk endorse, kampanye suatu produk,dll. Tentu taman-teman sudah tahu kan banyak artis yang mengendore produk atau barang di akun sosial media mereka, terutama instagram? Nah jangan salah loh, mereka mendapatkan bayaran dari produk yang mereka endorse tersebut. Hmm menarik kan?
    Oh ya, mbak Milda juga memberikan pelatihan atau tutorial pembuatan blog bagi para pemula melalui blogger.com. Kenapa tutorial blog ini dimulai dari awal? Karena banyak atau hampir semua peserta yang berasal dari aparatur pemerintahan belum memiliki blog pribadi. Setelah selesai membuat blog, mbak Milda mengajarkan cara memviralkan sebuah konten atau kegiatan melalui twitter. Caranya bagaimana? Ya dengan ngetwit bareng dong.


    Nah dalam kesempatan kali ini para peserta diminta untuk ngetwit bareng sebanyak 20 twitt per orang tentang acara Bimtek ini dengan tagar #BimtekBlogDiskominfotikBKL. Artinya, akan akan ada 1000 twitt tentang kegiatan ini. Semua peserta sangat antusias dalam kegiatan ini. Bukan hanya peserta namun panitia juga sangat antusias dalam kegiatan ini.
    Saat isoma, peserta dipersilahkan untuk istirahat dan sholat sampai jam 13.30. Setelah istirahat selesai semua peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membuat satu blogpost tentang konten apapun yang mereka inginkan. Oh iya, setiap kelompok ini didampingi oleh salah satu atau dua dari anggota blogger Bengkulu, sehingga saat mengalami kesulitan para peserta tidak harus ke depan untuk menanyakan kesulitannya.
    Acara ini sangat menyenangkan, karena dengan kegiatan ini para peserta bisa banyak belajar tentang blog. Semua kedepannya para peserta jadi paham tentang blog dan rajin menulis blog sehingga blog jadi memasyarakat.

Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tantangan dari #BimtekBlogDiskominfotikBKL #BimtekBloggerBengkulu  

2 komentar:

  1. di kota saya, belajar ngeblog ini baru dimulai kembali setelah sekian lama cukup mati suri.

    BalasHapus
  2. senang bangte ya , ada acara kek begini, belajar bersama dan juga banyak hadiahnya

    BalasHapus