Top Social

Senin, 01 Januari 2018

Tempra Syrup: Sentuhan Cinta Bunda


Anak demam saat traveling tentunya membuat para ibu-ibu sangat repot. Itinerary  traveling yang sudah disusun pun menjadi berantakan. Aku belum menjadi seorang ibu secara harfiah, tapi aku memiliki keponakan bernama Kiya yang memanggilku bunda dan sudah aku anggap sebagai anakku sendiri.

Saat liburan tahun lalu aku mengajak Kiya untuk berlibur ke Solo sekalian berkunjung ke rumah nenekku (dan itu berarti nenek buyut Kiya) di sana. Aku sangat antusias menyusun Itinerary  traveling selama di Solo. Ini merupakan traveling pertamaku bersama Kiya yang sedang aktif-aktifnya. Semua sudah aku siapkan sedemikian rupa.

Saat sampai di Solo semua masih berjalan seperti biasa. Aku dan Kiya langsung menuju penginapan dan mencari makanan lalu jalan-jalan. Namun, saat keesokan harinya suhu badan Kiya menjadi panas dan ia terus merengek. Aku sempat panik sekali dong karena aku belum pernah mengurusi anak yang sedang demam.

Kamu bisa bayangin dong gimana rasanya kalo kita belum pernah punya pengalaman mengurusi anak yang sedang demam terlebih itu terjadi di luar kota. Dan pastinya Itinerary  traveling jadi batal semua karan Kiya sakit.

Aku langsung menelpon kakakku yang merupakan Ibunya Kiya di Bengkulu dan beliau langsung menyarankanku untuk memberikan Tempra Syrup. Jujur aku baru pertama kali ini mendengar Tempra Syrup karena selama ini aku memang belum pernah mengurusi anak kecil yang sedang sakit. Kata kakakku Tempra ini cepat untuk menurunkan demam anak.

Masalah selesai? Tidak! Karena ternyata letak apotek lumayan jauh dari tempat kami menginap dan nggak ada orang yang aku kenal. Akhirnya aku langsung menemui mas yang bekerja di penginapan tersebut dan meminta tolong untuk memberikan Tempra syrup di apotek dan Alhamdulillah mas tersebut mau membantu.

Setelah Tempra sudah dibeli aku langsung memberikannya kepada kiya. Awalnya Kiya masing juga menangis, namun beberapa saat kemudian ia tertidur pulas. Aku lumayan lega tapi masih cemas juga kalau-kalau panasnya meningkat lagi. Tapi Alhamdulillah setelah Kiya bangun tidur panasnya sudah turun dan demamnya juga sudah sembuh. So kami bisa melanjutkan traveling kami yang sempat tertunda.

Tips menangani anak yang sedang sakit;
1. Tenang, karena tanpa tenang pasti tidak bisa berfikir jernih.
2. Beri makanan dengan lauk yang ia sukai, karena jika tidak anak pasti malas makan.
3. Beri minum air putih dan susu kesukaannya.
4. Berikan perhatian dan waktu yang lebih saat anak sedang sakit.
5. Jangan lupa berikan Tempra untuk menurunkan demam pada anak.

Tentang Tempra
Sebelumnya ada yang sudah tau tentang Tempra? Tempra ini adalah obat yang cepat untuk  penurun panas karena mengandung Paracetamol. Selain itu Tempra juga bisa meredakan nyeri. Paracetamol berguna sebagai antipiretika pada pusat pengaturan suhu di otak dan analgetika dengan meningkatkan ambang rasa sakit.

Tempra syrup selalu menjadi pertolongan pertama saat suhu badan Kiya naik karena aman di lambung anak yang sensitive. Syrup tempra ini tidak perlu dikocok dan larut 100%. Pemberian dosis pada Tempra ini juga tepat (tidak menimbulkan over dosis atau kurang dosis). Tempra diproduksi oleh PT Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk, di bawah pengawasan Taisho Pharmaceutical Co. Ltd, Japan.

Selain itu Tempra bebas alkohol sehingga sangat aman untuk anak. Kemasan Tempra ini juga praktis dan tidak mudah tumpah dibawa kemana-mana. Tutup botolnya adalah CRC atau Child Resistant Cap yang menggunakan sistem tekan lalu putar, sehingga tidak mudah dibuka oleh anak.

Ada tiga jenis Tempra yang diproduksi oleh PT Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk, yaitu Tempra Drops, Tempra Syrup dan Tempra Forte.
Tempra Drops
Tempra Drops dengan rasa anggur khusus untuk anak berusia 0-1 tahun. Pemberian Tempra ini dengan menggunakan pipet yang diteteskan langsung pada lidah anak.

Tempra Syrup
Tempra Syrup khusus untuk anak berusia 1-6 tahun. Cara penggunaannya adalah dengan menakar dosis yang dianjurkan pada gelas takar yang tersedia lalu diberikan langsung saat anak demam.

Tempra Forte
Tempra Forte dengan rasa jeruk ini dikhususkan untuk anak yang berusia 6 tahun ke atas yang sedang mengalami demam. Cara penggunaannya adalah dengan menakar dosis yang dianjurkan pada gelas takar yang tersedia lalu diberikan langsung kepada anak yang demam.

Jadi ibu-ibu nggak ada salahnya dong kita menyediakan stok Tempra sesuai usia anak di rumah atau saat sedang traveling. Sehingga sewaktu-waktu anak demam kita bisa langsung memberikan Tempra. Nah aku sendiri kalau sedang traveling bersama Kiya pasti selalu membawa Tempra untuk jaga-jaga jika Kiya demam dalam perjalanan. 

Dengan adanya Tempra ini sangat membantu dan membuat saya tenang saat akan traveling bersama Kiya. Dari kejadian ini aku belajar banget bagaimana manangani dan marawat anak saat demam, jadi saat aku menjadi ibu yang sesungguhnya nanti aku sudah paham dan tidak panik lagi.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan Blogger Perempuan Network oleh Tempra
4 komentar on "Tempra Syrup: Sentuhan Cinta Bunda"
  1. Sy pun selalu sedia tempra di rumah

    BalasHapus
  2. Panik memang mba, kalau belum pernah mengalami anak demam.. tapi yang pasti selalu sedia Tempra Syrup deh :)

    BalasHapus
  3. Wah untung ada tempra ya. Jalan2 jd bisa lanjut deh ��

    BalasHapus
  4. Selalu sedia Tempra untuk adik kita, hehehe

    BalasHapus