Top Social

Jumat, 27 April 2018

Flash Blogging Bengkulu, Menuju Indonesia Maju dan Jangan Pernah Lelah Mencintai Indonesia



Apa yang sudah kamu lakukan untuk Indonesia?
Well, pertanyaan ini mungkin sering kita atau khususnya saya dengar. But, you know what? It is not simple question to answer. Kenapa? Karena saya pribadi menyadari belum ada hal besar yang saya lakukan untuk Indonesia. tetapi hal besar tentu dimulai dari hal kecil dulu kan? So, let’s do a small thing to do the big one.

Apa sih tujuan kita melakukan sesuatu untuk Indonesia? Pasti banyak alasannya, tapi yang tak lain dan tak bukan adalah untuk menuju Indonesia maju. Menjadikan negeri ini negara maju bukan hanya tugas pemerintah, tapi kita semua sebagai warga Negara Indonesia. Nah berbicara tentang menuju Indonesia maju, ada banyak hal yang sudah dilakukan oleh pemerintah kita.

Oh ya, menuju Indonesia maju ini adalah salah satu tujuan pemerintah Indonesia. Tidak mudah memang untuk mewujudkannya, namun jika hal ini mendapat dukungan dari semua pihak pastinya program ini akan terwujud. Apa yang mengindikasikan suatu negara merupakan negara maju? Salah satunya adalah kesejahteraan masyarakat.

Bagaimana cara mensejahterakan masyarakat Indonesia? Dengan cara memberikan perlakukan yang adil. Namun perlakukan yang adil bukan berarti memberikan perlakuan yang sama. Apa saja sih kebijakan pemerintah dalam pemerataan yang berkeadilan?
1. Keberpihakan pada 40% lapisan masyarakat terbawah
2. BBM 1 harga
3. Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja melalui Vokasi
4. Kartu Indonesia Pintar, Indonesia sehat, pemberian makanan tambahan pada ibu hamil dan anak-anak
5. Membangun sentra pertumbuhan ekonomi baru di Luar Jawa
6. Revitalisasi pasar agar para pedagang dapat bersaing dengan pasar modern
7. Subsidi lebih tepat sasaran untuk masyarakat berpenghasilan rendah
8. Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk kesejahteraan UMKM
9. Pembangunan POS Lintas Batas Negara agar rakyat perbatasan merasakan kehadiran Negara.

Itulah program pemerintah yang disampaikan pak Andoko Darta dari tim komunikasi presiden dalam acara Flash Blogging Bengkulu pada tanggal 27 April 2018 di Hotel Amaris Bengkulu. Apa saja aksi nyata dari program-program tersebut?
Pak Andoko Darta

Kaliah tahu tidak berapa harga BBM di Kalimantan dan Papua sebelumnya? Jauh di atas harga BBM di Bengkulu dan juga kota-kota lainnya di Indonesia, yaitu RP 45.000 per liter. Sekarang dengan adanya program pemerataan yang berkeadilan ini, masyarakat di Kalimantan dan Papua sudah menikmati harga BBM 1 harga seperti yang dirasakan masyarakat di kota-kota lain di Indonesia.

Hanya itu? Tentu saja tidak. Ada program kesehatan dan juga pendidikan bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan. Mungkin kalian pernah mendengar ada yang berpendapat bahwa “kesejahteraan Indonesia tidak maju-maju karena pemerintah lebih berfokus pada pembangunan infrastruktur”. Well itu salah teman-teman. Infrastruktur yang maju adalah salah satu alat untuk memajukan kesejahteraan.

Coba bayangkan, bagaimana kebutuhan pangan dan logistik bisa didistribusikan untuk masyarakat di daerah pedalam jika tidak adanya akses jalan? Bagimana pendidikan akan berjalan jika bangunan sekolah tidak layak? Pendidikan adalah faktor penting untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Jadi pendapat bahwa pembangunan infrastruktur tidak bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat itu tidak benar ya teman-teman.
 
Mbak Mira Sahid
Jangan sampai kita terpengaruh dengan berita-berita hoax yang akan merusak dan mengancurkan kita. Hal ini seperti yang disampaikan mbak Mira Sahid dalam acara flash blogging Bengkulu. “You are what you write” pastinya dong orang baik akan menuliskan yang baik-baik.

Semakin tahun pengguna internet di Indonesia semakin banyak. Bagaimana tidak? Setiap orang bisa memiliki social media, bahkan hingga 10 sosial media. Hal inilah yang menjadikan informasi cepat tersebar luas. So jangan sampai kita menyebarkan berita-berita hoax dan ujaran kebencian. “Think before posting” Sebelum posting sesuatu pastinya dong kita harus memikirkan apakah yang kita posting benar atau hanya hoax?

Blog merupakan salah satu sosial media yang banyak digunakan saat ini. Apa sih manfaat ngeblog? Banyak! Salah satunya dalah menyalurkan hobi. Bagaimana cara mendapatkan ide untuk menulis? Yaa dengan membaca dan terus berlatih pastinya. Semua orang bisa kok menajdi blogger asalkan memang ada niat, karena semuanya berawal dari niat. Tapi harus niat baik dong yaa.

Nah sebagai seorang sebagai seorang blogger, apa yang bisa kita lakukan untuk Indonesia? Banyak kok! Salah satunya dengan tidak menyebarkan berita-berita hoax. Menulislah untuk kebaikan dan bermanfaat bagi orang lain. Dan sebagai seorang calon guru tentu dong saya harus menyampaikan berita-berita yang baik dan benar kepada murid-murid saya. Memberikan edukasi untuk tidak mudah terpengaruh dengan berita hoax dan tidak menyebarkan berita hoax. Believe me or not, menjadi guru adalah cara mendidik generasi penerus negeri ini yang akan memajukan Indonesia.

Lakukan hal-hal baik yang bisa kita lakukan untuk menuju Indonesia maju. Dan satu hal yang sangat saya pelajari hari ini adalah “Jangan pernah lelah mencintai Indonesia”. Jadi teman-teman, yuk mulai menebar kebaikan dengan tidak menyebarkan berita-berita hoax.


Be First to Post Comment !
Posting Komentar