| 2 Objek Wisata Bengkulu Masuk Nominasi API Award 2018 | Puspita Yudaningrum - Blogger Traveling and Lifestyle

Top Social

Rabu, 23 Mei 2018

2 Objek Wisata Bengkulu Masuk Nominasi API Award 2018


Hai apa kabar?
Di blogpost kali ini kita bakalan ngomongin tentang 2 objek wisata Bengkulu yang masuk nominasi API award. Jika tahun lalu Teluk Sepang dan Teh Olong yang masuk nominasi API Award, nah tahun ini ada Bukit Kandis dan Rumah Pengasingan Bung Karno yang masuk nominasi. Tapi sayangnya tahun lalu Bengkulu kalah vote dengan pesaing lainnya. Semoga tahun ini hal serupa tidak terulang lagi yaa.



Oh ya sebelumnya ada yang tahu tentang API Award? API (Anugerah Pesona Indonesia) Award ini merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia.

Selain itu penyelenggaraan API ini juga bertujuan untuk mendorong peran serta dari berbagai pihak terutama Pemerintah daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata daerahnya.

Nah balik lagi ke 2 objek wisata Bengkulu yang masuk nominasi API award 2018 nih. Ada Bukit Kandis dan Rumah Pengasingan Bung Karno. Ada yang sudah tahu tentang kedua objek wisata tersebut? Kalau belum yuk kita bahas satu persatu.

Bukit Kandis

Tahun ini Bukit Kandis masuk nominasi Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler. Bukit Kandis ini berada di Kabupaten Bengkulu Tengah. Tahun ini Bukit Kandis akan bersaing dengan beberapa nominator lainnya, seperti Gunung Mantantimali (Kab. Sigi), Hiking Gunung Gamalama (Kota Ternate), Kerinci Trail Adventure (Kab. Kerinci), Mountain Bike Bukit Sulap (Kota Lubuk Linggau), Paralayang Gunung Panteun (Kab. Majalengka), Paralayang Mondang (Kab. Malang), Rumpit Bike Park (Kab. Banjarnegara), Trekking Bukit Tangkiling (Kota Palangka Raya), dan Trekking Pulau Komodo (Kab. Manggarai Barat).



Bukit Kandis merupakan sebuah bukit batu granit yang memiliki ketinggian kurang lebih 125 meter dan diameter mencapai 700 meter. Bukit Kandis ini dulunya banyak ditumbuhi pohon Asam Kandis atau yang sering disebut sebagai pohon kandis oleh masyarakat Bengkulu. Namun saat ini pohon-pohon tersebut sudah jarang ditemui karena adanya ekspoitasi tambang batu bara di area bukit.

Letak Bukit Kandis ini di Kabupaten Bengkulu Tengah, sekitar 30 menit perjalanan darat dari Kota Bengkulu , dan hanya sekitar 2 KM dari tepi jalan raya. Selain menjadi lokasi favorit untuk panjat tebing, Bukit kandis juga sering menjadi lokasi berbagai event promosi daerah dan juga olahraga off road serta kegiatan lainnya.

Rumah Pengasingan Bung Karno
Kita semua pasti tahu dong dengan sosok tokoh pendiri bangsa yang satu ini. Tapi tahu nggak sih kalau Soekarno pernah diasingkan di Bengkulu? Yup! Soekarno pernah diasingkan di Bengkulu sebagai tahanan politik tahun 1938-1942. Di Provinsi Bengkulu inilah Soekarno bertemu dengan ibu Fatmawati yang kemudian menjadi First lady negeri ini.



Rumah Soekarno yang berada di Jln. Soekarno-Hatta Kelurahan Anggut Kota Bengkulu ini masih terawat dengan baik. Di rumah ini terdapat barang-barang peninggalan Bung Karno seperti ranjang besi, sepeda ontel, meja dan kursi serta koleksi buku milik Bung Karno, serta foto-foto saat beliau berada di Bengkulu.

Tahun ini Rumah Pengasingan Bung Karno masuk nominasi Situs Sejarah Terpopuler bersaing dengan beberapa nominator lainnya, yaitu Benteng Belgica (Kab. Maluku Tengah), Benteng Otanaha (Kota Gorontalo), Candi Singosari (Kab. Malang), Gua Liangkabori (Kab. Muna), Istana Kuning (Kab. Kotawaringin Barat), Kawasan Kota Tua (Jakarta Utara), Patung Mejan (Kab. Fakfak Barat), Pugung Raharjo (Kab. Lampung Timur), Rumah Gadang Panjang (Kab. Solok Selatan).

Pada kesempatan berharga ini, Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah berharap agar masyarakat dan pemerintah dapat memanfaatkannya. Hal ini sejalan dengan target tahun kunjungan wisata Bengkulu 2020.

“Masyarakat Bengkulu harus bersyukur dan terus mengapresiasi, karena Bengkulu kembali masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia tahun 2018. Artinya Bengkulu memang layak dipromosikan secara nasional jika dilihat dari aspek sejarah dan kekayaan alamnya. Untuk itu mari kita jaga bersama-sama” ujar Pak Rohidin.

Selain itu, Bapak Rohidin juga mengajak komunitas dan aktivis Media Sosial di Provinsi Bengkulu untuk berperan serta dalam memviralkan 2 objek wisata yang masuk API Award tersebut.

Nah bagi seluruh masyarakat Bengkulu, jangan lupa untuk vote disitus resmi API yaaa. Semoga tahun ini kita bisa menang dan membuat wisata Bengkulu semakin dikenal baik Indonesia maupun Internasional.


2 komentar on "2 Objek Wisata Bengkulu Masuk Nominasi API Award 2018"
  1. Belum pernah Ke Bengkulu. Tapi pernah baca kisah cinta bung Karno ketika Bengkulu yang akhirnya ketemu dengan ibu negara fatmawati.

    BalasHapus
  2. Iya, bengkulu memiliki banyak banget tempat wisata keren, mulai pantai hingga bukit. Kulinernya juga enak banget.

    BalasHapus