Top Social

Minggu, 03 Juni 2018

Tips Sehat Saat Saat Berpuasa untuk Mahasiswa


Hai Assalamualaikum. Bagaimana puasanya? Semoga selalu lancar yaa.
Nah ngomongin soal puasa nih, biasanya banyak dari kita yang bermalas-malasan saat sedang puasa karena merasa lemas. Sebenarnya puasa bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan dan tidak melakukan apapun. Banyak hal yang bisa kita lakukan selama berpuasa, diantaranya melakukan hal-hal bermanfaat untuk banyak orang.

Hmm selain dapat membantu sesama, amal ibadah kita akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Oke deh, pada postingan kali ini aku mau bahas tentang tips sehat di bulan Ramadan untuk mahasiswa. Sebenarnya tips ini tidak hanya bisa dilakukan untuk mahasiswa sih, tapi karena tips ini cocok banget untuk kehidupan mahasiswa.


Biasanya nih mahasiswa banyak yang lebih senang berdiam diri di rumah atau kosan saat berpuasa. Kok tahu? Yaa tahu dong, kebiasaan mahasiswa mah aku udah hapal haha. Langsung aja ya kita bahas 3 tips sehat di bulan untuk mahasiswa.

1. Sahur dengan makanan bergizi
Sumber: detikfooddotcom
Hmm mahasiswa biasanya suka yang praktis dan murah kan yaa.. yaiyalah apalagi saat tanggal tua haha. Nah gak jarang nih mahasiswa banyak yang lebih memilih sahur dengan mie instan, apalagi kalo bangunnya kesingan. Wah udah pasti nih mie instan menjadi solusi jitu untuk makan sahur. Tapi tahu nggak sih kalo mengkonsumsi mie instan itu nggak baik? Yaa pasti tahu lah haha.

Tapi tahu nggak sih teman-teman, kalo sahur dengan makanan bergizi bisa didapat dengan praktis kok, misalnya dengan telor atau sayur. Tapi masak sayur kan lama, gimana kalo bangunnya kesiangan? Tenang, kita bisa mengakalinya dengan masak sayur saat berbuka lebih banyak dan membaginya untuk berbuka dan sahur. Jadi saat sahur kita hanya butuh memanaskannya saja. Bagaimana? Gampang kan?

2. Banyak minum air putih
Sumber: helosehatdotcom
Nah ini nih para mahasiswa mah banyak banget yang jarang minum air putih dan lebih memilih minuman bersoda atau yang lainnya. Hayoo ngaku siapa yang males minum air putih? Semua pasti tahu dong ya kalo minum air putih itu sangat dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi saat kita sedang berpuasa tubuh kita sangat memerlukan cairan agar tidak dehidrasi. Nah bagi kalian para mahasiswa yang jarang atau malas minum air putih, jangan lagi loh yaa bahaya.

3. Olahraga ringan
Sumber: hidupsehatdotcom
Setelah solat subuh biasanya godaan terbesar adalah tidur. Sebenarnya tidur setelah sahur itu tidak baik untuk kesehatan dan juga kita berpotensi bangun kesiangaan. Kan bahaya tuh kalo bangun kesiangan, apalagi kalo ketemu dengan dosen yang kiler, wah bisa habis kita hehe.

Nah waktu-waktu ini bisa kita manfaatkan untuk olahraga ringan, misalnya jalan pagi dengan berjalan kaki atau olahraga yang tidak terlalu menguras energi. Selain badan menjadi sehat, kuliah tidak akan kesiangan kan?

Tulisan ini diikutsertakan dalam #KEBBloggingCollab kelompok Dian Sastro dengan post trigger Tips Kesehatan Saat Berpuasa




5 komentar on "Tips Sehat Saat Saat Berpuasa untuk Mahasiswa"
  1. Tapi mbak sayuran yang dipanaskan ulang nggak baik untuk kesehatan karena kandungan gizinya hilang. Jadi sebaiknya sayurannya dibikin salad aja terus taroh di kulkas baru pas pagi tinggal dimakan :)

    BalasHapus
  2. Kalo aku tipsnya sering tidur, ehehe 😂

    BalasHapus
  3. air putih nih yang paling sering terlewat sama anak kosan...

    BalasHapus
  4. ingeet ngantri beli nasi bungkus buat sahur pas jaman jadi mahasiswa. Kalaupun malas antri, beli nasi dan lele goreng sebelum tidur, hehehee

    BalasHapus
  5. Tips yang sangat bermanfaat :D

    BalasHapus