Top Social

Rabu, 01 Agustus 2018

Tips Tetap Ngeblog Meski Kamu Sibuk



Menjadi seorang blogger sekarang sudah menjadi trend, baik sebagai pekerjaan utama maupun sampingan. Ada juga yang menjadikan aktivitas ngeblog hanya sebagai hobi. Apapun alasannya yang pasti ngeblog itu butuh konsisten. Nggak mungkin dong kita ngeblog hanya satu tulisan dalam satu tahun. 

Sejak pertama kali ngeblog sampai sekarang, saya belum memutuskan menjadi seorang full time blogger. Ngeblog hanya untuk menyalurkan hobi, ya  hobi. Hobi yang saat ini Alhamdulillah sudah menghasilkan dan membuat saya tidak meminta uang lagi dengan orang tua selama kuliah. Tapi sebenarnya itu bukanlah yang utama. Yang paling penting adalah bagaimana tulisan kita bisa bermanfaat bagi orang lain.

Oh ya satu lagi, motivasi saya saat pertama kali ngeblog adalah agar saya bisa bertemu blogger-blogger senior idola saya seperti Mira Sahid, Ani Berta, Pungky Prayitno, dll. Beneran deh, itu motivasi saya saat pertama kali ngeblog. Alhamdulillah saya sudah berkesempatan bertemu dengan mereka.

Seperti kebanyakan orang bilang “Memulai itu mudah, yang susah itu mempertahankan untuk konsisten.” Yup itu bener banget. Konsisten itu susah. Dan ini pastinya banyak banget dialami oleh blogger-blogger lainnya.

Banyak alasan yang membuat blogger susah untuk konsisten dalam produktivitas ngeblog, salah satunya karena kesibukan. Contohnya aku sendiri yang saat ini sedang sibuk kuliah semester akhir. Tahu sendiri dong bagaimana sibuknya mahasiswa semester akhir?

Nah di postingan kali ini aku mau bahas tentang tips meningkatkan produktivitas ngeblog meski sedang sibuk.
1. Menyempatkan waktu
Meluangkan waktu untuk ngeblog adalah cara yang paling ampuh untuk tetap konsisten dalam produktivitas ngeblog. Tidak mudah memang karena tentu kita memiliki banyak aktivitas dan kesibukan, tapi tips ini tetap bisa dilakuka kok. Misalnya saya membuat jadwal 1-2 jam sehari atau seminggu sekali untuk ngeblog.

2.  Jalan-jalan

Ada yang suka jalan-jalan gak sih? Kalo aku biasanya suka jalan-jalan untuk mendapatkan ide. Terkadang kita terlalu lelah dan jenuh dalam menjalani kegiatan sehari-hari, sehingga tidak ada mood untuk ngeblog. Coba deh istirahat sejenak dari rutinitas dan jalan-jalan untuk refreshing. Dijamin deh mood akan kembali bagus dan tidak jarang kita mendapatkan ide untuk ngeblog.

3. Ikut Share Link di Komunitas
Hampir semua komunitas blogger memiliki jadwal share link. Nah pasti dong kalau sudah begini kita termotivasi untuk terus ngeblog. Malu juga kan ya sama teman-teman lainnya kalo nggak pernah ikutan share link.

4. Ikut Lomba Blog

Untuk yang satu ini nih banget boleh dicoba. Selain bisa mengasah kemampuan menulis, ikut lomba blog ini tentunya membuat kita bersemangat untuk terus ngblog. Apalagi kalo sudah pernah sekali menang lomba, wah dijamin pasti ketagihan deh. Ada yang sudah pernah menang lomba blog dengan hadiah yang oke gak sih? Misalnya HP, uang, dll? Pasti ketagihan kan ikutan lomba lagi dan lagi?

5. Ikut Arisan Tema
Selain share link, beberapa komunitas blogger juga mengadakan arisan tema. Tema ini akan berganti setiap bulannya. Ikutan arisan tema ini mengharuskan kita untuk menulis blog dengan tema yang sudah ditentukan. Kalo udah begini, pasti dong mau nggak mau kita harus nulis blog.

Itu tadi tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas ngeblog meski sedang sibuk. Kesibukan itu pasti, tapi ngeblog juga tetap bisa dilakukan meskipun baru ngedraft di hari deadline haha. Semoga bermanfaat dan tetap semangat ngeblog ya teman-teman semua.

Tulisan ini juga diikutsertakan dalam event Collaborative Blog KEB kelompok Dian Sastro dengan trigger post “Meningkatkan Produktivitas Ngeblog Meski Sibuk” dari Intan Novriza Kemala Sari#KEBBloggingCollab
2 komentar on "Tips Tetap Ngeblog Meski Kamu Sibuk"
  1. tulisannya menginspirasi saya untuk tetap menulis Mbak ... tks ya

    BalasHapus
  2. Waahh bisa dicoba tuh tips yang pertama.. jalan-jalan.. hehe

    BalasHapus