Top Social

Rabu, 24 Oktober 2018

Sejarah Singkat Whopper, Burger Andalan Burger King



Kamu suka burger gak? Kalau kamu penggemar berat Burger King, pasti udah nggak asing lagi sama burger andalan Burger King. Yup, Whooper®!

Siapa sih yang nggak tahu kenikmatan Burger yang dilengkapi dengan daging sapi khas Burger King, sayuran segar seperti tomat, acar, selada dan bawang, serta balutan mayones yang creamy ini? Dan jangan lupa, Whopper® punya ukuran roti yang besar, sehingga siapa aja yang makan pasti dijamin kenyang!

Tapi pernah kepikir nggak sih sama kamu, asal muasal Whopper®, si burger andalannya Burger King ini?

Jadi gini guys, Whopper® pertama kali diciptakan empat tahun setelah Burger King didirikan, tepatnya pada tahun 1954 oleh salah satu pendiri Burger King, James McLamore.

Ide untuk menciptakan Whopper® pertama kali ditemukan oleh McLamore ketika ia memperhatikan salah satu restoran yang jadi kompetitor Burger King, yang pada waktu itu memiliki penjualan yang sukses dengan burger berukuran besar.
Karena percaya bahwa Burger King juga akan sukses dengan ‘formula’ burger berukuran besar, maka McLamore akhirnya memutuskan agar Burger King juga merilis burger berukuran besar untuk menyaingi kompetitornya pada waktu itu.

Terkait pemilihan nama, McLamore memilih nama Whopper® karena menginginkan produk dengan citra akan sesuatu yang ‘besar’. Whopper sendiri dalam kamus Bahasa Inggris memiliki arti ‘hal yang sangat besar atau luar biasa besar.’

Pada saat pertama kali rilis, roti yang digunakan pada Whopper menggunakan roti polos, namun seiring berjalannya waktu, roti yang digunakan pada burger ini diganti dengan roti berbiji wijen.

Terkait harga, ketika pertama kali dirilis, Whopper® dijual dengan harga yang relatif murah pada saat itu yaitu 37 cent! Lalu, berapa harga Whopper® di Indonesia? Kalo belum tau coba cek aja langsung website Burger King, sekalian lihat apa saja Promo Burger King hari ini.

Ngomong-ngomong, karena Whopper® ini termasuk produk baru di antara burger lainnya, Burger King pun berupaya untuk mendongkrak popularitas Whopper®. Dengan strategi yang yang relatif baru pada saat itu, Burger King mulai mengiklankan Whopper® melalui tayangan iklan di stasiun-stasiun TV nasional Amerika Serikat pada 1958.

Sekitar lima tahun kemudian, sebuah cerita unik pun terjadi. Pada tahun 1963, Burger King sedang berada di tengah-tengah persiapan membuka cabang barunya di Puerto Rico, tepatnya di kota Carolina. Di tengah-tengah persiapan, CEO Burger King di Puerto Rico, Luis Arenas-PĂ©rez, mendapatkan kabar bahwa cetakan untuk roti Whopper® belum tiba ke Puerto Rico dari Amerika Serikat. Akibatnya, Burger King di Puerto Rico nggak bisa menyajikan menu andalan miliknya.

Untuk mengatasi hal ini, Luis mengakali pembuatan Whopper®, yang seharusnya dibuat dengan cetakan besar, diganti menjadi cetakan biasa yang digunakan untuk burger-burger berukuran standar. Tapi, isi burger disamakan dengan komposisi bahan-bahan yang ada pada Whopper®. Voila! Hasilnya orang-orang tetap menyukai burger itu dan kemudian mengenalnya sebagai Whopper® Jr. karena ukurannya lebih kecil.
Ketika masuk ke era 1970-an, Burger King ingin supaya Whopper® lebih terkenal. Nggak nanggung-nanggung, Burger King mengeluarkan dana sebesar 30 juta Dollar untuk membuat

iklan Whopper® yang diisi oleh seleb-seleb ternama pada saat itu seperti Mr. T dan Loretta Swit! Keren banget, kan?

Seiring berjalannya waktu, Whopper® pun masih jadi andalan Burger King hingga saat ini, kalau istilah kerennya sih, signature menu-nya Burger King, lah!

Nah, itu tadi tuh sejarah singkat burger andalannya Burger King, Whopper®. Gimana? Jadi keinget nggak sama nikmatnya Whopper®? Daripada cuman bayang-bayangin gitu, mendingan langsung aja cek website delivery Burger King, mana tau Whopper® jadi Promo Burger King hari ini!


Be First to Post Comment !
Posting Komentar