Top Social

Selasa, 29 Januari 2019

Kaos Putih, Kisahnya Dulu dan Sekarang


Dahulu pakaian dalam pria berupa sebuah terusan putih, kaos dan celana jadi satu tidak terpisah seperti sekarang. Baru di abad ke 19 kemudian, mulai populer pakaian dalam yang terdiri dari 2 bagian, kaos putih dan celana putih.



Kaos putih menjadi makin populer saat Perang Dunia I tahun 1913, karena dikenakan oleh tentara angkatan laut Inggris dan Amerika. Kaos putih lengan pendek memungkinkan tentara untuk leluasa bekerja di dek kapal. Juga agar tidak menggunakan seragam saat bekerja sehingga menjadikan seragam itu kotor.

Saat itu pihak ketentaraan memilih kaos putih karena biayanya murah untuk diproduksi. Juga karena warna putihnya gampang terkena kotoran, sehingga menuntut tentara untuk lebih disiplin menjaga kebersihan.


Kepopuleran kaos putih memuncak di awal abad ke 20. Ketika ia banyak dikenakan orang saat cuaca hangat, namun kaos putih masih tetap dianggap sebagai pakaian dalam. Baru setelah Perang Dunia II kaos putih diterima menjadi pakaian luar dan sering dipakai bersamaan dengan kemeja.
Karena dipakai dalam ketentaraan, kaos putih sempat jadi simbol kemachoan. Ini dapat ditemui di beberapa film bertemakan perang. Dimana tentara mengenakan kemeja seragam yang dikancingkan, dan terlihat kerah kaos putih dibalik kemejanya.

Ia juga sempat menjadi simbol pemberontakan anak-anak muda, keatletisan,  dan lambang status kelas pekerja keras. Beberapa aktor dalam filmnya dan grup band jaman dulu mengenakan kaos putih, yang terkadang ketat, dan gaya itu digandrungi oleh penggemar-penggemarnya.

Sekarang ini kaos putih sudah berkembang. Warnanya tidak sekedar polos, banyak yang ditambahkan dengan hiasan sablon maupun bordir. Bentuk lehernya pun beragam ada yang pakai kerah, crew neck, scoop neck, dan V-neck.

Sedangkan bahan yang paling populer digunakan untuk membuat kaos putih tetaplah katun. Jenis katun yang sering dipakai diantaranya combed, tetteron, carded, viscose, dan pique.

(Sssst…. Kalau kamu mencari kaos polos murah dan berkualitas, bisa kunjungi situs Murah Asmat. Disana tersedia kaos polos berbagai warna. Kamu bisa membeli eceran maupun grosir.)

Salah satu alasan kaos putih masih bertahan di dunia fashion hingga sekarang karena ia cocok dikenakan untuk berbagai keadaan. Mulai dari berolahraga, meeting, bersantai, hingga bekerja. Selain itu kaos putih juga mudah dipadukan dengan busana lain.


Kaos putih saat ini diproduksi besar-besaran. Harganya bervariasi sesuai dengan kualitas dan brand yang disandang, dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Kaos putih sekarang dipakai oleh berbagai usia dari berbagai kelas ekonomi, dari rakyat jelata hingga pejabat tinggi, pendeknya semua lapisan masyarakat.

12 komentar on "Kaos Putih, Kisahnya Dulu dan Sekarang"
  1. jadi ingat, mau beli kaus dalam buat anak ga jadi-jadi. Kalau buat dalaman, memang enaknya yg putih atau untuk acara formal dan semi formal. kalau buat main sebaiknya jangan putih biar g repot nyucinya :D

    BalasHapus
  2. Kaos polos gini emang enak dipakenya.. untuk segala suasana.. buat daleman juga nyaman ya

    BalasHapus
  3. Murah Asmat?
    Namanya unik ya..Jadi penasaran pengin kepoin kaos polos putih dan kaos aneka warnanya.
    Mau beli buat paksu dan anak bujangku.
    Makasih sejarah dan info kaos putihnya Maak...

    BalasHapus
  4. Sekarang kaos atau baju warna putih lg heits lagi. Gak cuma itu, sepatu and celana juga :) orang skrg jadi berbondong2 beli warna putih. (Contohnya aku LOL). Kalo dulu tabu banget beli warna putih, takut kotor :)

    BalasHapus
  5. Aku nggak pede pakai pakai kaos putih. Sukanya yg gelap2 biar kelihatan langsingan heheee

    BalasHapus
  6. Aku lagi anti dengan kaos putih. Soalnya badan lagi jumbo-jumbonya. Jadinya lebih milih yang hitam atau navy saja. Nanti deh kalo badan udah sedikit kecil, pake lagi kaos putihnya. :D

    BalasHapus
  7. kaos putih favoritkuu mbaak. baik polos maupun tidak. wah sejarahnya menarik juga yaa..

    BalasHapus
  8. Kaos putih harus sedia banyak.. bisa dipakai dalaman juga.. dan jadinya rapi nyaman kalau pakai kaos putih dl

    BalasHapus
  9. betul..betul...betul. Kaos putih itu emang nggak ada matinya. Selain mudah dipadu padan dengan warna lain, kaos putih juga biasanya nyaman bgt sih

    BalasHapus
  10. Anakku yang bungsu hingga jadi mahasiswa masih juga pakai kaos putih. Katanya enak dipakai, nggak gerah gitu

    BalasHapus
  11. Iya ya, kaos putih ini kayaknya must have item banget buat semuanya, selain karena juga cocok dipasangkan.dengan.warna apapun. Cuma rada susah pas nyucinya sih

    BalasHapus
  12. oalaahh baru tau saya sejarah kaos puith itu ternyata di tahun 1913 yah mba hhha, ke mana aja sih.
    Aku suka banget warna putih ntuk pakaian tapi takut pake cpt kotor haha, btw thanks referensinya mba

    BalasHapus