Top Social

Sabtu, 16 Maret 2019

Jangan Mau Dibohongi! Ini Ciri-Ciri Koperasi Simpan Pinjam yang Abal-Abal



Koperasi simpan pinjam adalah salah satu penyelamat bagi sebagian besar pengusaha di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan manfaat yang bisa diambil dari menjadi anggota koperasi simpan pinjam. Pasalnya, menjadi anggota koperasi simpan pinjam berarti bisa mendapat akses untuk meminjam sejumlah uang guna meningkatkan atau mengembangkan usaha yang dimiliki.

Koperasi simpan pinjam bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya di bidang ekonomi. Semua usaha yang sedang mengalami krisis ekonomi bisa dibantu dengan uang yang dipinjam dari koperasi simpan pinjam.

Salah satu koperasi simpan pinjam yang beroperasi di Indonesia adalah koperasi simpan pinjam yang bisa dilihat di pracico.com. kamu bisa mengetahui banyak informasi terkait koperasi simpan pinjam dengan mengakses laman resmi yang telah disebutkan. Bila ada suatu kendala yang belum terlalu jelas, jangan segan untuk menghubungi narahubung yang tercantum.

Banyaknya pilihan koperasi simpan pinjam mengakibatkan berbagai macam jenis kejahatan bermunculan. Salah satunya adalah penipuan yang mengatasnamakan koperasi simpan pinjam.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghindari penipuan koperasi simpan pinjam.
1. Paksaan dalam penawaran
Koperasi simpan pinjam yang hanya melakukan tindak kejahatan pasti akan menawarkan berbagai macam layanan yang dimiliki dengan cara memaksa. Target yang ingin ditipu akan diberikan berbagai macam penawaran yang terlihat cukup menarik agar orang tersebut mau mendaftarkan diri sebagai anggota.

Bila penawaran suatu koperasi simpan pinjam berisi banyak paksaan, kamu perlu memerhatikan hal tersebut. Jangan sampai kamu mudah tergoda dengan berbagai macam penawaran. Padahal seperti yang sudah banyak diketahui, penawaran koperasi simpan pinjam yang penuh dengan paksaan biasanya hanya akan berakhir dengan sebuah tindak kriminal berupa penipuan.

2. Menggunakan berkas yang tidak resmi
Perkembangan teknologi bila tidak berada di tangan yang seharusnya justru akan membahayakan. Salah satunya adalah kejahatan koperasi simpan pinjam. Koperasi simpan pinjam yang akan melakukan penipuan akan menggunakan alamat surat elektronik atau email tidak resmi.

Begitu pula dengan kelengkapan berkas yang lain, seperti logo, tanda tangan dan cap. Kamu perlu jeli memeriksa semua berkas yang diajukan kepadamu sebelum kamu memberikan sejumlah uang yang akan dibawa kabur karena koperasi simpan pinjam yang tidak bertanggung jawab.

3. Mudahnya syarat yang diajukan
Manusia zaman sekarang memang sudah sangat terbiasa dengan berbagai cara yang instan dan mudah. Hal tersebut juga bisa terlihat dari syarat yang diajukan untuk menjadi anggota koperasi simpan pinjam.

Namun, kamu harus memperhatikan hal ini. Bila syarat yang diperlukan sangat mudah, kamu harus meneliti koperasi simpan pinjam tersebut secara lebih rinci. Mudahnya syarat yang dibutuhkan untuk menjadi anggota justru bisa menjadi modus penipuan yang dilakukan oleh koperasi simpan pinjam.

4. Meminta DP
DP atau uang muka sangat mungkin diberlakukan untuk transaksi tertentu. Namun, kamu perlu waspada bila koperasi simpan pinjam memberlakukan sistem ini. Uang muka yang disyaratkan agar kamu menjadi anggota koperasi simpan pinjam tersebut justru bisa menjadikan kamu target penipuan.

Ingatlah selalu untuk melakukan cek terlebih dahulu terkait persyaratan dan kelengkapan yang dimiliki oleh koperasi simpan pinjam. Kewaspadaan dan ketelitian yang kamu miliki sangat berpengaruh untuk mengetahui manakah koperasi simpan pinjam yang benar-benar terpercaya dan mana  KOSPIN yang hanya menjadikan kamu target penipuan. Semua bentuk transaksi yang melibatkan uang hendaklah diperhatikan secara lebih rinci sebelum melakukan transaksi lebih jauh.


44 komentar on "Jangan Mau Dibohongi! Ini Ciri-Ciri Koperasi Simpan Pinjam yang Abal-Abal"
  1. Artikelnya bagus kak buat nambah informasi. Soalnya sekarang banyak banget pinjaman online gitu. Ngeri-ngeri kena tipu kan.

    BalasHapus
  2. aku baru tau ternyata ada koperasi online buat pinjem uang hehe

    BalasHapus
  3. Duh, jaman sekarang harus hati2 deh untuk meminjam uang... jangan sampe kejadian buruk terlilit hutang semakin besar malah bikin tambah susah, jadi memang harus betul2 teliti mengenai persyaratannya, TFS mba :)

    BalasHapus
  4. Jadi inget jaman baheula pisan, pernah bekerja di koperasi yang bisa dibilang abal abal. Hiks, tobat tobaaaaat. Tapi Alhamdulillah aku sangat beruntung diingatkan oleh seoarang konsumen, bahwa aku bisa bekerja di tempat lain kok, ngapain di sini terus. Salah satu yang khas adalah potongan saat meminjam itu lebih dari 5% kemudian bunganya lebih dari 3 %, kan sudah besar banget itu

    BalasHapus
  5. info seperti ini yang sangat dibutuhkan sama emak-emak nih, apalagi kalo baca iklan yang kasih iming-iming luar biasa buat simpan pinjam ya.

    BalasHapus
  6. waduh penting banget ini infonya biar ngga banyak yang tertipu koperasi simpan pinjam yang model begitu ya

    BalasHapus
  7. kalau aku sih lebih menghindari pinjam. semampunya aja

    BalasHapus
  8. Zaman sekarang semuanya serba dipermudah, salah satunya bisa meminjam di koperasi simpan pinjam. Tapi banyaknya kasus koperasi simpan pinjam abal abal mau nggak mau kita harus lebih waspada ya.

    BalasHapus
  9. Waduh kita harus hati2 ya agar tidak tergiur dgn penawaran2 pinjaman koperasi abal2 seperti ini. .

    BalasHapus
  10. Wah iya night harus hati2 Klo pinjam uang jangan sampai malah tertipu..harus cek ricek lembaganya sebelum bertransaksi

    BalasHapus
  11. Wah keknya kospin abal-abal macam ini banyak beredar lho..
    Dan emak-emak sering jadi sasaran.
    Edukasi dan sosialisasi finansial khususnya tentang koperasi simpan pinjam musti digalakkan nih

    BalasHapus
  12. Sekarang udah banyak yang iklannya ujug ujug masuk ke smartphone ya. Aku pernah tergoda meminjam dan abis itu nyesel... Bayarnya ga indah soalnya

    BalasHapus
  13. Waa ini info dan tips bagus sih buat para pengusaha-pengusaha terutama yang sedang merilis,

    BalasHapus
  14. Koperasi udah online yaa sekarang. Mdh2an membantu masyarakat yg butuh. Dan yg abal2 itu harus diawasi jg sama pemerintah yaa. Kadang kan rakyat kecil suka main gabung ajaa ya mba..tanpa hati2

    BalasHapus
  15. iya bener harus ekstra hati2 yah sama koperasi simpan pinjam jangan sampai terjerat yang abal - abal

    BalasHapus
  16. iya ya mbak. skrg kayaknya makin sering dengar kasus penipuan simpin online.

    BalasHapus
  17. Eh iya loh emang perlu waspada terhadap koperasi simpan pinjam yang abal-abal. Mereka juga suka kirim SMS dengan pinjaman yang mudah dan nominal besar. Kita perlu waspada banget, ya...

    BalasHapus
  18. Aku termasuk tipe orang yang agak mengernyitkan dahi kalau ada syarat-syarat meminjam uang yang terlalu mudah apalagi meminta DP.

    Hmmm...

    BalasHapus
  19. informasinya berguna banget nih, alhamudlillah aku belum ada perlu apa apa dengan koperasi simpan pinjam, dan smeoga jangan sampe berhadapan juga sih ;-;

    BalasHapus
  20. Penting banget ini informasinya karena kalau urusan uang kadang-kadang kita mudah tergiur. Akhirnya gak hati-hati

    BalasHapus
  21. Aku baru tau, ternyata ada ya koperasi simpan pinjam yg abal-abal. Makasih lho udah dikasih tau Mba, jadi bisa lebih waspada nih

    BalasHapus
  22. Informatif sekali blog nya. Setuju banget kita harus waspada mengenai koperasi simpan pinjam.

    BalasHapus
  23. Memang sih kalau agak mudah gitu kudu hati-hati, mungkin setelah baca ini aku pun harus lebih waspada dalam peminjaman

    BalasHapus
  24. Wah memang lagi marak banget yaa.. Perlu waspada banget.. Apalagi sering banget sekarang ada sms menawarkan simpan pinjam atau pinjaman sampe bikin risih sendiri karena terllau seringg

    BalasHapus
  25. Wah bner banget kak jaman sekarang banyak penipuan jadi harus check and recheck sblm bertransaksi supaya ga merugikan diri sendiri

    BalasHapus
  26. Artikelnya bermanfaat banget kak, emang harus banget nih berhati-hati dengan penawaran2 yang menggiurkan bengini.

    BalasHapus
  27. mama saya sempat tergiur pinjam online gegara disms in. tapi logikanya kalau bis aonline kenapa gak WA ajah kan ya? manfaatkan jaringan internet. kan sistemnya online

    BalasHapus
  28. Cukup sering dengar tentang koperasi simpan pinjam, ternyata banyak juga yang abal-abal ya mba. Tapi kalau udah minta DP sih udah nggak akan bener itu.

    BalasHapus
  29. setuju banget nih. bahkan sering ditelp langsung buat ngajuin pinaman. tapi bunganya bisa 2x lipat ternyata hahaha

    BalasHapus
  30. Nice info.. Emg jaman skrg segala hal yg berbentuk simpan pinjam emg harus hati2 dan waspada ya.. thx buat infonya yaa..

    BalasHapus
  31. Aku pernah punya simpanan di Kospin yang kualified, sampai sekarang masih ada dan banyak usaha kecil menengah yang masih menggunakan ini untuk bisnisnya.Tapi ternyata ada juga yang abal-abal ya, harus hati-hati sih kalo ketemu kospin kek gini

    BalasHapus
  32. Penting banget nih kak, skrg banyak banget yang menawarkan simpan pinjam dengan iming2 bunga besar padahal bodong...

    BalasHapus
  33. Aku hampir gak pernah gini sih amit2 jangan pernah soalnya aku kalo ditawarin langsung tak putus gak mau, kalau maksa aku teriakin, tak ingetin dosa hehehe

    BalasHapus
  34. Baca soal koperasi simpan pinjam jadi inget KUD jaman dulu nih, masih ada gak ya kira-kira sekarang.
    Banyak yang mendirikan koperasi ya sekarng terutama di perusahan untuk memudahkan karyawannya juga saat membutuhkan dana. Tapi harus hati-hati dalam bertansaksi ya simpan pinjem online ya.

    BalasHapus
  35. Wah serem juga ya mbak, ada koperasi simpan pinjam abal-abal kayak gini. Apalagi dikasih penawaran dengan paksaan gitu ya.

    BalasHapus
  36. Akhir-akhir ini semakin banyak saja pihak yang ingin memberi pinjaman. Saya sering dapat SMS yang menawarkan pinjaman. Tapi gak pernah digubris. Soalnya memang takut aja, siapa tau koperasi abal-abal, soalnya syaratnya mudah sekali.

    BalasHapus
  37. Wah.. aku sendiri ada rencana buat gabung ke sebuah koperasi simpan pinj lho, mbak. Setelah baca ini, saya harus jeli nih cari informasi soal koperasi itu, biar ngga kena tipu andai dia abal-abal.

    BalasHapus
  38. PR banget untuk kita semua agar hati-hati melakukan pinjaman ya Mba
    aku juga mewanti-wanti suami agar nggak gampang kegoda melakukan pinjaman kalo nggak butuh banget

    BalasHapus
  39. Adikku pernah niih...hampir kena tipu dan Koperasi abal.
    Alhamdulillah di cek dulu keterangan dokumen yang ia bawa melalui internet.
    Sangat bermanfaat sekali tulisan begini...haturnuhun.

    BalasHapus
  40. Alhamdulillah saya gak tertarik tuk pinjam online, lebih suka pinjem ke ortu sih.. haha

    BalasHapus
  41. Bener yah mba, sekarang memang terlihat gampang banget untuk pinjam meminjam online, dilain sisi memang memudahkan..dilain sisi memang harus was was yah dengan hal demikian..

    BalasHapus
  42. Koperasi itu identik dengan hal-hal yang legal, masyarakat banget, membantu, terus kalau ada yang abal-abal azas memanfaatkan uang masyarakat kecil rasanya bikin pengen narik ke meja hukum ya. Secara banyak loh masyarakat pedesaan yang masih mengandalkan dengan sangat koperasi, Alhamdullilah kalau ada petunjuk untuk mengetahui yang abal-abal ya mba, biar aman

    BalasHapus
  43. setuju kak. apalagi sekrang udah pinter banget orang2 'ngebohong-nya' . hrus cermat apalagi kalo udah jadi emak emak hehehhe

    BalasHapus
  44. Mau pinjam dimanapun pokoknya wajib hati-hati ya Mba
    apalagi dengan penawaran yang kadang jauh dari nalar
    bismillah semoga kita tidak sala kaprah dalam bertransaksi pinjam meminjam

    BalasHapus