Top Social

Minggu, 07 April 2019

Pengalaman Pinjam Uang di Kredivo Tanpa Slip Gaji



Bekerja sebagai freelancer tentu saja tidak seperti bekerja kantoran yang memiliki slip gaji yang jelas setiap bulannya. Hal ini membuat para freelancer terkadang kesulitan saat akan meminjam uang saat kebutuhan mendesak.

Namun, sekarang kamu para freelancer tidak usah khawatir lagi nih kalo perlu pinjam uang buat kebutuhan tertentu. Karena sekarang, ada Kredivo yang bisa jadi akses pinjam uang online tanpa slip gaji.

Tanpa slip gaji bukan berarti abal-abal loh ya. Justru, Kredivo ini fintech yang canggih dan cukup terpercaya. Karena selain menggunakan teknologi enkripsi data buat ngejamin keamanan data nasabahnya, Kredivo juga menganalisa bukti penghasilan calon nasabahnya lewat internet banking. Jadi, kalo kita mau pinjam uang di Kredivo, kita harus daftar Akun Premium dulu.

Syaratnya apa saja sih? Syaratnya hanya memerlukan KTP, akun internet banking buat bukti penghasilan, dan akun e-commerce buat bukti tempat tinggal atau alamat. Nggak perlu khawatir kalo nggak punya slip gaji.

Karena waktu itu aku butuh uang yang jumlahnya nggak terlalu besar, sekitar Rp 3 - 4 jutaan, jadi aku pilih pinjam ke Kredivo daripada ke fintech lainnya. Alasannya simple karena suku bunga Kredivo paling friendly dan paling rendah dibanding fintech lainnya. Cuma, 2,95% per bulan. Plus, keamanan Kredivo sebagai fintech juga terjamin. Kebetulan, gue nemu iklan Kredivo dari KRL Jabodetabek.

Cara daftar Kredivo menurut aku gampang banget. Tinggal download aplikasinya di Google Play Store atau App Store kalo kamu pengguna iOS/iPhone. Terus buka aplikasi dan ikutin aja langkah-langkah pendaftarannya.

Pertama, pilih dulu mau daftar Akun Basic atau Premium. Bedanya ada di fasilitas kredit dan dokumen pendaftaran. Buat Akun Basic, kita cuma perlu nyambungin KTP tapi fasilitasnya sebatas metode kredit bayar dalam 30 hari tanpa bunga. Sementara untuk Akun Premium, aku perlu nyambungkan akun internet banking dan akun e-commerce yang sudah ada riwayat transaksinya. Waktu itu aku nyambungin akun Tokopedia karena sudah langganan.

Nggak sampai 1 hari setelah daftar, akun aku langsung diapproved sama Kredivo dan dapet limit kredit dua digit. Dari iklannya, yang aku tahu, Kredivo maksimal bisa kasih limit sampai Rp 30 juta. Nah, nggak ada jaminan sih bakal dapat Rp 30 juta, karena besar kecilnya limit yang didapat ini disesuain juga dengan jumlah penghasilan kita plus histori kredit. Standar lembaga keuangan, gitu deh.

Akun sudah diapproved, limit sudah dapat, terus ngapain? Aku langsung bisa pake limitnya sesuai kebutuhan dong. Jadi, aku langsung masuk ke aplikasi Kredivo bagian dasbor. Ada dua pilihan pinjaman di Kredivo: pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Dari keterangan di banner yang ada di aplikasi, bedanya pinjaman mini dan jumbo ada di besaran pinjaman dan masa tenor angsurannya.

Pinjaman mini minimal Rp 500 ribu dengan tenor pengembalian maksimal 30 hari, sedangkan pinjaman jumbo minimal Rp 1 juta dengan tenor pengembalian 3 bulan atau 6 bulan. Dengan suku bunga 2,95% per bulan dan biaya admin sekitar 6%.

Aku pilih yang pinjaman jumbo. Buat pinjaman jumbo ini, maksimal uang yang bisa kita pinjam itu sebesar limit kredit yang kita punya buat tenor 6 bulan. Jadi kalo ada Rp 10 juta, artinya aku bisa pinjam maksimal sampai Rp 10 juta. Setelah isi form yang ada di aplikasi dan masukin nomor rekening atas nama pribadi, pengajuan pinjaman langsung diproses. Yang paling asik, pengajuan pinjaman aku langsung disetujui besoknya. Tanpa drama, prosesnya smooth, dan detail angsuran bulanannya juga bisa dilihat secara jelas di aplikasi. Nggak ada biaya-biaya tersembunyi, semua transparan.

Selain buat pinjaman uang, kita juga bisa pakai limit Kredivo untuk belanja online dengan cara cicilan di berbagai e-commerce rekanan Kredivo. Ada sekitar 200 e-commerce yang sudah menjadi partner Kredivo, mulai dari Tokopedia, Shopee, JD.id, Bukalapak, Blibli, Lazada, Tiket.com, dan masih banyak lagi e-commerce lainnya. Minimal pembelanjaan d e-commerce supaya bisa cicilan cuma Rp 1 juta, dan berlaku buat akumulasi belanjaan beberapa barang sekaligus.

Mau pesen tiket pesawat, pulsa, paket data, token PLN, sampe bayar aneka tagihan kayak PDAM, Telkom, dan BPJS Kesehatan bisa langsung dilakukan lewat aplikasi Kredivo dengan memotong langsung limit kredit kita. Bayarnya nanti, deh.

Dijamin nggak bakal rugi nyobain Kredivo, yang ada malah kebantu banget. :)



1 komentar on "Pengalaman Pinjam Uang di Kredivo Tanpa Slip Gaji"
  1. Penasaran dengan Kredivo belum mencoba sih gimana manfaatnya. Semoga memudahkan tugas ibu rumah tangga ya

    BalasHapus