| Qwords, Referensi Penyedia WordPress Hosting dengan CouldPop | Puspita Yudaningrum - Blogger Traveling and Lifestyle

Top Social

Rabu, 24 April 2019

Qwords, Referensi Penyedia WordPress Hosting dengan CouldPop



2017 adalah awal mula aku menjadi blogger. Berawal dari rasa penasaran tentang bagaimana dunia blogging membuatku ikut sebuah acara blogger yang diadakan di Bengkulu. Pada saat itu blogging belum terlalu terkenal di kota kecil ini.

Tidak berapa lama setelah acara tersebut aku memutuskan untuk kembali membuka blogku yang sudah lama ditinggalkan. Saat awal kuliah aku sering menulis di blog namun hanya sekedar tempat curhat saja. Dan tentu saja aku belum tahu apa apapun ilmu blogging, bahkan istilah TLD (Top Level Domain) pun aku belum mengerti.

Berdasarkan saran dari teman aku memutuskan untuk membeli domain. Saat itu aku hanya kepikiran untuk membuat blog di blogspot karena biaya yang terjangkau dan mudah untuk blogger pemula sepertiku. Selain itu aku juga belum terlalu paham tentang SEO, permalink, dll. Dan tentu saja tujuan utamaku menulis di blog hanya untuk sarana berbagi dan curhat saja.

Namun seiring berjalannya waktu, banyak yang harus aku pelajari dalam dunia blogging ini. Awalnya aku mulai mengikuti berbagai macam lomba. Dari mengikuti lomba blog ini aku memperhatikan ternyata blog peserta lainnya bagus-bagus dan bisa diatur sedemikian rupa.

Setelah mencari tahu ternyata blog mereka menggunakan WordPress self-hosted. Apa yang dimaksud WordPress self-hosted? Ini merupakan wordpress dengan hosting yang kita sewa sendiri melalui jasa penyedia hosting. Kita hanya perlu mengunduh CMS WordPress dari wordpress.org.

Tentu saja ini berbeda dengan wordpress.com yang masih menggunakan hosting dari WordPress dan tentu saja terikat oleh aturan tertentu. Di wordpress.com kita tidak bisa mengganti tema secara bebas dan hanya bisa menggunakan tema yang disediakan pihak wordpress.com. Namun dengan menggunakan WordPress Self-Hosted kita bisa bebas menggunakan tema dari luar baik gratis maupun berbayar.

Selain itu dengan menggunakan WordPress self-hosted kita bisa menggunakan plugin. Plugin ini saat penting karena berfungsi untuk menambahkan berbagai fitur bermanfaat di blog ataupun website kita, seperti plugin SEO, keamanan, caching hingga sosial media. Kalau kamu ingin membuat blog ataupun website yang memiliki fitur lengkap dengan bantuan plugin, tentu saja harus menggunakan WordPress self-hosted.

Kamu pernah mendengar istilah SEO (Search Engine Optimization)? SEO ini merupakan salah satu elemen pokok dari suatu blog ataupun website. Kualitas SEO dari sebuah blog ataupun website akan menentukan bagaimana performanya di pencarian. Dengan demikian semakin bagus kualitas SEO maka akan semakin besar kemungkian blog atau website kita berada di halaman pertama hasil pencarian.

Nah inilah fungsi dari plugin tadi. Dengan menggunakan WordPress self-hosted kita bisa menggunakan plugin ini untuk SEO. Ini tentu saja sangat bermanfaat untuk blog ataupun website kita. Terlebih jika sedang mengikuti lomba blog, ada banyak sekali lomba blog yang berbasis SEO. Tentu lomba ini akan sulit kita menangkan jika tidak memiliki plugin SEO ini.

Oh ya, selain itu WordPress juga memiliki plugin anti spam. Kamu pasti tidak suka di blogmu memiliki banyak spam. Nah WordPress ini memiliki plugin anti spam yang gratis bernama Aksimet. Plugini ini berfungsi untuk menahan semua komentar spam yang terkirim ke blog kita.

Satu hal penting lagi yang harus kamu tahu, akhir-akhir ini client sering meminta jumlah pengunjung dari blog kita. Data yang diminta rata-rata berdasarkan data dari google analytic. Nah jika kamu menggunkan wordpress self-hosted ini kamu bisa memasang google analytic ini untuk menganalisis blog yang kamu miliki. Sehingga kamu bisa mengetahui jumlah pengunjung, asal pengunjung, berapa lama pengunjung berada di blog kita dan indikator-indikator evaluasi lainnya.

Apa yang kita butuhkan dalam membuat blog melalui WordPress self-hosted? Tentu saja kita membutuh membeli domain dan menyewa hosting. Ada banyak penyedia Hosting Indonesia. Untuk WordPress hosting aku sangat menyarankan kamu membelinya di Qwords. Kenapa? Karena Qwords memiliki keunggulan WordPress Hosting yang sudah diotimalkan dengan CouldPop.


1. Cloud Based Hosting
WordPress Hosting kamu akan menggunakan Cloud Based Hosting. Hal ini akan membuat skalibilitas dari hosting kamu akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Shared Hosting biasa.

2. Penyimpanan Menggunakan SSD Berkecepatan Tinggi
Data yang kamu miliki akan disimpan dalam SSD berkecepatan tinggi dan menggunakan sistem backup mingguan yang akan secara otomatis di backup dalam server qwords. Dengan demikian data kamu akan lebih aman dan memiliki backup jika terjadi sesuatu.

3. Optimasi WordPress untuk Performa Hosting
Hosting kamu akan didesain khusus untuk penggunaan WordPress dan mendapat Ekstra CouldPOP untuk menghasilkan performa terbaik WordPress Hostingmu.


4. Dukungan CouldFlare
WordPress Hosting kamu akan didesain khusus untuk mendukung penggunaan CloudFlare sehingga blog ataupun website kamu akan memiliki loading yang cepat.


5. Siap HTTP2 dan SSL
WordPress Hosting kamu telah mendukung penggunaan HTTP2 dan SSL yang dapat kamu dapatkan secara gratis ataupun berbayar.


6. cPanel Control Panel dengan Modul Litespeed Apache
Layanan hosting Qwords menggunakan cPanel Control Panel dengan dukungan Ekstra Litespeed Apache yang akan membuat blog ataupun website kamu semakin cepat diakses.


7. Bebas Set Fungsi PHP, Versi dan Limit
Layanan hosting Qwords akan membuat kamu bebas mengatur limit dan versi PHP yang ingin kamu gunakan pada WordPress Hosting.


8. Gratis Migrasi dari Provider Manapun
Kamu akan dibebaskan dari biaya alias gratis saat migrasi dari provider manapun ke Qwords. Kamu cukup menghubungi Customer Support dari Qword untuk mendapatkan layanan gratis ini.

9. Gratis Percobaan Satu Bulan Pertama
Selain mendapatkan gratis migrasi, kamu juga gratis percobaan selama 30 hari WordPress Hosting di Qwords.com. Setelah itu kamu bisa menentukan konfigurasi yang cocok untuk WordPress Hosting kamu.

Ada banyak spesifikasi hosting di Qwords, mulai dari Base CouldPOP hingga 10 CouldPOP yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Jadi untuk WordPress hoting tidak perlu bingung lagi, langsung saja pilih Qwords.



1 komentar on "Qwords, Referensi Penyedia WordPress Hosting dengan CouldPop"