Top Social

Jumat, 24 Mei 2019

Tips Belajar yang Efektif dari Juara Kelas


Sebagai juara kelas, aku selalu harus mempertahankan nilai ku yang bagus. Selain untuk beasiswa, aku bisa membuat bangga kedua orang tua ku. Namun aku bukan orang yang suka belajar, tapi ketika belajar aku melakukannya secara efektif. Jadi aku tidak membutuhkan waktu yang lama untuk belajar. Disini aku akan membagikan tips belajar efektif untuk teman – teman semua, berikut adalah tipsnya :

1. Suasana Belajar yang nyaman
Untukku, suasana belajar sangatlah penting untuk berkonsentrasi. Dibutuhkan suasana yang nyaman untuk menambah konsentrasi dan daya ingat. Biasanya aku harus menemukan posisi duduk yang nyaman, suasana yang tenang, dan pastinya aku harus mendengarkan lagu. Entah lagu klasik atau lagu music instrumental untuk membangun mood mu untuk belajar. Karena music dapat merangsang kerja otak agar maksimal. Hal ini merupakan tips belajar efektif yang paling utama.

2. Membuat Rangkuman Pelajaran
Untuk mengerti keseluruhan, kita harus mengetahui dasar dan intinya terlebih dahulu. Aku selalu membuat rangkuman belajar dan digaris bawahi dengan stabilo, agar lebih mudah menentukan intinya. Untuk pelajaran yang memiliki rumus, aku juga membuat rangkuman rumus akan lebih mudah dimengerti dan diingat.

3. Rutin belajar namun tidak dalam waktu yang lama
Dalam belajar, yang terpenting hanyalah pengulangan secara sering dibandingkan tidak sering mengulang namun belajar dalam waktu yang lama. Kenapa begitu? Logikanya kamu akan mengingat hal yang kamu temui setiap hari namun sekilas, dibandingkan yang kamu lihat lama dalam satu hari. Bagilah waktu belajarmu, sehingga kegiatan belajarmu menjadi lebih terstruktur.

4. Belajar bersama teman
Berdiskusi merupakan salah satu cara belajar yang baik. Karena kamu dapat bertukar pikiran dengan teman – teman mu.

5. Giat berlatih soal
Untuk memecahkan suatu masalah dalam satu soal, kita harus giat berlatih mengerjakan soal. Dengan berlatih kita akan mengetahui dan dapat mengukur sejauh mana kita paham akan pelajaran tersebut. Dengan begitu kita dapat meningkatkan belajar di bagian yang belum kita pahami.

6. Pahami pelajaran, bukan menghafal
Jika kamu hanya fokus menghafal suatu pelajaran tanpa mengerti dan paham maksudnya, kamu akan kesulitan di waktu jangka panjang. Kamu harus memahami terlebih dahulu dasarnya agar lebih mudah memahami maksudnya. Karena menghafal hanya akan membuatmu ingat dijangka waktu yang pendek.

7. Hindari hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian saat belajar
Jika perhatianmu teralihkan, konsentrasimu akan hilang. Simpan lah benda yang bisa membuatmu kehilangan konsentrasi seperti handphone dan sebagainya. Jika dikelas, selalu duduk di tempat yang memudahkanmu untuk berkonsentrasi dalam menerima pelajaran. Sehingga pelajaran lebih mudah kamu pahami dan kamu pun dapat belajar secara efektif.

7 Tips belajar efektif diatas telah aku terapkan sehingga aku selalu menjadi juara kelas. Namun dengan mengikuti tips diatas, tidak lengkap rasanya jika kamu tidak belajar di Ruangguru, waktu belajarmu menjadi semakin efektif dan tentunya efisien, lho! Selain itu kamu dapat belajar bersama master teacher, suasana belajar yang nyaman, juga mendapatkan materi belajar serta rangkuman pelajaran.


Be First to Post Comment !
Posting Komentar