| Tips Mementukan Nama Domain untuk Bisnis | Puspita Yudaningrum - Blogger Traveling and Lifestyle

Top Social

Minggu, 26 Mei 2019

Tips Mementukan Nama Domain untuk Bisnis


Membuka dan memiliki bisnis menjadi salah satu pilihan yang tepat ditengah terbatasnya jumlah lapangan kerja. Terlebih saat ini dengan kemajuan teknologi, bisnis banyak yang dilakukan secara online dan tentunya ini sangat mempermudah para pelaku bisnis. Namun tahu kah kamu kalau dalam membuka bisnis online kita membutuhkan website. Website ini menjadi tempat seperti layaknya toko dalam bisnis konvensional.

Untuk memiliki website tentu kita membutuhkan domain. Domain ini merupakan nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi server komputer agar lebih mudah diingat. Domain ini dikenal juga sebagai sebuah kesatuan dari situs web atau alamat web. Selain itu domain sering disebut dengan istilah URL. Jika pada bisnis konvensional, nama domain ini bisa diibaratkan dengan nama toko/perusahaan.

Nama domain haruslah unik dan mudah diingat oleh pengguna internet karena hal ini dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi para pemilik bisnis. Seperti layaknya nama toko atau nama perusahaan, nama domain yang mudah diingat akan mempengaruhi jumlah pemasaran online dalam bisnis yang dijalankan. Inilah yang menyebabkan nama domain yang unik, singkat dan mudah diingat banyak diburu para pebisnis online.

Jenis dan Contoh Domain
Ada banyak jenis domain berdasarkan eksistensinya, namun pada blogpost kali ini saya akan membahas tentang domain yang paling sering digunakan oleh para pelaku bisnis. Domain tersebut meruapakan Top Level Domain (TLD).

TLD ini merupakan akhiran atau segmen terakhir dari sebuah nama domain. TLD dibedakan menjadi dua, antar lain;
1. Generic Top Lever Domain (gTLD)
.com : untuk situs komersial
.biz : untuk situs bisnis
.info : untuk situs informasi
.edu : untuk situs pendidikan
.org : untuk situs organisasi
.gov : untuk situs pemerintah
.mil : untuk situs militer

2. Country Code Top Level Domain (ccTDL)
.id : untuk situs di negara Indonesia
.us : untuk situs di negara Amerika
.uk : untuk situs di negara Inggris
.sg : untuk situs di negara Singapura
.my : untuk situs di negara Malaysia
.cn : untuk situs di negara Cina/Tiongkok

Bagaimana Menentukan Nama Domain untuk Bisnis?

Memilih mana domain yang tepat memang harus benar-benar dipikirkan dengan benar dan tepat. Nama domain ini sekaligus untuk membuat branding pada bisnis yang kita jalankan. Branding inilah yang akan memantu kita dalam promosi bisnis. Nah kalau sudah begini, bagamana tips menentukan nama domain yang tepat? Berikut tipsnya;

1. Unik
Seperti yang sudah disebutkan di atas, nama domain untuk bisnis akan menjadi branding bagi bisnis yang kita jalanakan sehingga nama domain ini haruslah unik, menarik dan mudah diingat. Nama domain ini dapat merupakan gabungan dari dua kata yang membentuk kata baru yang menarik namun tetap mudah diucapkandan dieja contohnya facebook, instagram, dll. Jangan sampai kata baru yang kamu ciptakan untuk nama domain susah dieja, nanti alih-alih mencari nama domain kamu eh malah konsumen tersasar ke domain kompetitor.

2. Tergabung
Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa nama domain bisa merupakan gabungan dua kata yang membantuk kata baru yang unik. Kenapa harus digabung? Karena jika nama domain dipisah atau menggunakan tanda pemisah (-) maka nama domain tersebut nilainya tidak baik menurut SEO dan susah memiliki branding. Tentu saja hal ini akan mengurangi eksistensi dan kredibilitas dari website serta bisnis yang kita miliki.

3. Cek Terlebih Dahulu
Sebelum menentukan nama domian, cek terlebih dahulu apakah ada website lain yang memiliki nama sama atau hampir sama dengan nama domain kita. Jika ada maka sebisa mungkin dihindari untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya. Bagaimana cara mengeceknya? Mudah saja. Kamu bisa ketik nama brand atau domain yang kamu inginkan di google atau sosial media, jika ada yang sama maka segeralah mencari nama domain lainnya.

4. Beli Domain di tempat Terpercaya
Saat akan membeli barang, tentu kita akan memilik toko yang terpercaya. Hal ini juga berlaku saat akan beli domain. Kita harus memilih tempat yang terpercaya seperti Qwords.com untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.  Beberapa keunggunalan Qwords yang bisa menjadi pertimbangan dalam membeli domain:

- Domain langsung aktif
Setelah kita selesai melakukan pembayaran dan melampirkan syarat pendaftaran (jika ada), layanan domain yang kita beli akan segera aktif dalam waktu kurang dari 15 menit.

- Harga Domain Terhemat
Qwords memberikan harga domain paling hemat untuk nama domain Indonesia dan Internasional. Selain itu Qwords juga sering memberikan promo dan potongan harga laingsung untuk eksistensi domain pilihan.

- Layanan Bantuan 24 Jam dengan Respon cepat
Saat mengalami kendalan atau kesulitan, kamu bisa langsung menghubungi staff ahli Qwords. Tim Customer Service and Technical Support akan siap membantu 24 jam melalui live chat, call center dan support ticket.

- Qwords merupakan Accredited Register PANDI
Sejak 2016, Qwords telah menjadi Accredited Register PANDI untuk pendaftaran Nama Domain Indonesia.

- Tersedia Banyak Pilihan Eksistensi Domain
Qwords memiliki lebih dari 500 eksistensi nama domain dari dalam dan luar negeri. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika nama domain kamu sudah dimikiki orang lain karena di Qwords kamu masih bisa memiliki banyak pilihan.

- Domain Indonesia dan Internasional
Selain menyediakan eksistensi domain Indonesia, Qwords juga menyediakan eksistensi domain populer lainnya dari seluruh dunia.

Nah bagaimana? Coba deh tips memilih domain di atas untuk memilih nama domain yang tepat untuk bisnis kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk segera bisnis online dan memiliki domain.



Be First to Post Comment !
Posting Komentar