| Mau Melanjutkan Kuliah Akuntansi? Daftar PTN Terbaik Berikut Ini Yang Bisa Dipilih | Puspita Yudaningrum - Blogger Traveling and Lifestyle

Top Social

Jumat, 21 Juni 2019

Mau Melanjutkan Kuliah Akuntansi? Daftar PTN Terbaik Berikut Ini Yang Bisa Dipilih


Akuntansi

Akuntansi merupakan salah satu jurusan yang banyak difavoritkan oleh calon mahasiswa, karena prospek jurusan yang satu ini terlihat menyegarkan baik di masa sekarang maupun di masa depan. Ada banyak universitas swasta maupun negeri yang menyediakan jurusan akuntansi terbaik, beberapa universitas tersebut bahkan menyediakan sistem kuliah S1 kelas karyawan salah satunya universitas terbaik yakni Universitas Gadjah Mada (seluruh program studi akuntansinya mendapatkan akreditasi A).

Banyak orang yang memilih Universitas Negeri untuk melanjutkan pendidikan di jurusan ini, pasalnya Universitas Negeri menawarkan biaya yang lebih ringan dibandingkan swasta. Berikut ini ada beberapa nama universitas negeri yang menyediakan jurusan akuntansi terbaik, seperti:

Universitas Negeri Yogyakarta

UNY atau Universitas Negeri Yogyakarta menyediakan tiga program studi akuntansi yang bisa dipilih, yakni D3 Akuntansi, S1 Akuntansi, dan S1 Pendidikan Akuntansi yang keseluruhannya mendapat akreditasi dari BAN PT.

Jurusan akuntansi ini berada di Fakultas Ekonomi, memiliki visi 'pada tahun 2025 menjadi program studi pendidikan akuntansi yang unggul dan profesional di bidang pendidikan akuntansi berlandaskan ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan yang berwawasan ekonomi kerakyatan, berjiwa wirausaha, dan berbudaya luhur serta menghasilkan lulusan responsif, adaptif, dan kompetitif'. Informasi lebih lanjut mengenai jurusan ini bisa langsung menuju website resmi Universitas Negeri Yogyakarta.

Universitas Negeri Padang

Kuliah jurusan Akuntansi di Universitas Negeri Padang memiliki 2 jenjang pendidikan yang bisa dipilih, yakni D3 akuntansi (akreditasi A) dan S1 akuntansi (akreditasi A). Jurusan S1 Akuntansi di universitas ini didirikan pada tanggal 2 Januari 2005 bersamaan dengan pembukaan Fakultas Ekonomi, selain jurusan akuntansi fakultas ini juga membuka jurusan S1 lainnya seperti Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, dan program pascasarjana Manajemen.

Ada beberapa kurikulum pilihan dan wajib yang harus diikuti untuk mendapatkan gelar S1 Akuntansi di Universitas ini, mulai dari Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, Pancasila, Matematika Ekonomi, Teori Akuntansi, Pengantar Akuntansi, Manajemen Keuangan, Pengantar Manajemen Bisnis, Pengantar Ilmu Ekonomi, dan lainnya. Informasi lengkap mengenai jurusan ini bisa langsung cek di website resmi Universitas Negeri Padang.

Universitas Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan nama universitas satu ini, disebut-sebut sebagai salah satu universitas terbaik yang ada di Indonesia yang menyediakan jurusan akuntansi bahkan untuk karyawan yang sedang mencari kuliah S1 kelas karyawan untuk jurusan akuntansi. Ada banyak program studi akuntansi yang ditawarkan oleh Universitas ini, mulai dari D3 Akuntansi, S1 Akuntansi, S2 Ilmu Akuntansi, S2 Magister Akuntansi, dan Pendidikan Profesi Akuntansi yang keseluruhannya mendapat akreditasi A dari BAN PT.

Program studi Akuntansi yang ada di universitas ini mengajarkan mahasiswanya mengenai tata cara pencatatan laporan keuangan, termasuk di dalamnya melakukan pemeriksaan atau melakukan penilaian atas informasi keuangan sebuah instansi atau perusahaan tertentu.

Untuk mendapatkan gelar Akuntan, mahasiswa harus lulus S1 akuntansi dengan mengikuti program profesi Akuntan. Informasi lebih lengkapnya bisa langsung menuju website resmi Universitas Indonesia.

Universitas Udayana

Universitas Udayana merupakan cabang Universitas Airlangga yang diresmikan oleh presiden pertama RI yakni insinyur Soekarno, ada banyak fakultas yang ditawarkan oleh dua jenis salah satunya adalah Fakultas Ekonomi yang menyediakan Jurusan Akuntansi. Ada 4 program yang bisa dipilih untuk jurusan akuntansi di Universitas Udayana, yakni D3 Jurusan Akuntansi (akreditasi B), S1 Jurusan Akuntansi (akreditasi A), S2 Jurusan Akuntansi (akreditasi A), dan Pendidikan Profesi Akuntansi (akreditasi B).

Selain beberapa program akuntansi yang bisa dipilih, jurusan ini juga menetapkan konsentrasi yang didasarkan pada rumpun mata kuliah seperti Akuntansi Keuangan, Akuntansi Sektor Publik, Pengauditan, Perpajakan, Akuntansi Manajemen, dan Sistem Informasi Akuntansi. Informasi lebih lengkap bisa langsung menuju website Universitas Udayana.

Universitas Andalas

Jurusan Akuntansi Universitas Andalas dibuka pada tahun 1978, pendidikannya sendiri dimulai dari tingkat II atau Sarjana Muda 1 dengan menggunakan kuliah sistem tingkat dan penjurusannya sendiri dilakukan pada tingkat II. Saat ini Universitas Andalas menyediakan kuliah jurusan Akuntansi pada 4 tipe pendidikan, yakni akuntansi D3 (akreditasi A), akuntansi S1 (akreditasi A), akuntansi S2 (akreditasi B), serta ada juga pendidikan profesi akuntansi untuk profesi (akreditasi B).

Mahasiswa universitas dengan jurusan akuntansi ini akan belajar mengenai keuangan negara dan daerah, statistik ekonomi, analisis dan perencanaan sistem, statistik ekonomi, hingga pemrograman komputer akuntansi. Informasi lebih lengkap bisa langsung menuju website akuntansi universitas Andalas.

Selain nama-nama perguruan tinggi negeri di atas, masih ada banyak perguruan tinggi negeri yang juga menyediakan jurusan akuntansi terbaik yang bisa dipilih seperti Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Airlangga, Universitas Sumatera Utara, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Trisakti, Universitas jenderal Soedirman, dan lainnya.

Selain berbagai PTN, di Indonesia juga terdapat PTS atau perguruan tinggi swasta yang menyediakan jurusan akuntansi yang sudah terakreditasi seperti Universitas Al Azhar Indonesia, Universitas Sahid, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Pamulang, atau universitas lainnya. Selain menyediakan sistem kuliah konvensional, beberapa PTS tersebut juga menyediakan sistem kuliah S1 kelas karyawan untuk beberapa jurusan termasuk juga jurusan Akuntansi.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar