| Menjaga Kelembaban Mata dengan Insto Dry Eyes | Puspita Yudaningrum - Blogger Traveling and Lifestyle

Top Social

Rabu, 31 Juli 2019

Menjaga Kelembaban Mata dengan Insto Dry Eyes

Mata merupakan salah saatu organ yang sangat penting dalam hidup. Namun, disadari atau tidak kita sering sekali mengabaikan kesehatan mata. Misalnya saja saat mata memerah atau mata terasa pegal, biasanya kita tidak terlalu peduli dan menganggap hal tersebut biasa.

Menjadi seorang blogger sekaligus mahasiswa pascasarjana membuat aku harus bekerja di depan laptop dalam jangka waktu yang lama. Setiap harinya rata-rata aku menghabiskan lebih dari 17 jam menatap layar laptop dan smartphone. Bahkan saat memiliki banyak deadline tugas kampus dan pekerjaan sebagai blogger, aku terpaksa tidak tidur selama 24 jam. Akibatnya aku sering merasakan mata sepet bahkan sering mata pegal. 



Selain itu aku yang setiap harinya harus bepergian mengendarai motor dari satu tempat ke tempat lain. Mata sering kemasukan debu dan terpapar kotoran yang tak sadar masuk ke dalam mata. Inilah yang membuat mataku sering memerah, perih dan terasa pegal. Bisa dibayangkan betapa beratnya kerja mata kita setiap harinya, namun kita jarang memperhatikan tanda-tanda keluhan dari mata kita. Padahal tanda-tanda tersebut ditimbulkan karena mata lelah dan kering. 

Kalian tahu tidak bagaimana mata bisa bekerja dengan baik? Mata bisa bekerja dengan baik bergantung pada aliran air mata untuk memberikan kelembapan konstan dan pelicin untuk memelihara pengelihatan dan kenyamanan. Air mata ini merupakan kombinasi dari air sebagai agen pelembap; minyak sebagai agen pelumas; lendir untuk meratakan penyebaran; serta antibodi dan protein khusus sebagai perlawanan infeksi. Semuanya ini dihasilkan oleh kelenjar khusus di sekitar mata. 

Air mata ini akan dihasilkan ketika kita berkedip. Namun bagi sebagian orang ada yang jarang berkedip, termasuk aku. Apalagi kalau sedang fokus di depan laptop dan smartphone. Inilah yang menyebabkan produksi air mata berkurang dan menyebabkan mata menjadi kering. 

Jika tidak segera diobati ternyata mata kering ini sangat berbahaya loh teman-teman. Mata kering ini akan menyebabkan peradangan, nyeri bahkan luka pada kornea. Bahkan pada akibat yang lebih parah, mata kering ini bisa menyebabkan penderita kehilangan pengelihatan.

Apa sih yang Menyebabkan Mata Kering? 

1. Penurunan Hormon
Hormon akan merangsang produksi air mata. Perubahan hormon yang umum dialami oleh wanita bisa meningkatkan resiko terhadap mata kering. Misalnya saja kehamilan, menopause, dll.

2. Peroses Penuaan
Mata kering sering juga dialami oleh orang yang sudah lanjut usia. Hal ini dikarenakan berkurangnya kemampuan kelenjar mata untuk memproduksi air mata. Selain itu kelopak mata menjadi kurang  sensitif untuk meratakan air mata di seluruh permukaan mata. 

3. Kondisi Medis
Beberapa penyekit mengakibatkan menurunnya kemampuan kelenjar mata untuk memproduksi air mata. Penyakit-penyakit tersebut antara lain diabetes, HIV, gangguan tiroid, dll. 

4. Obat-obatan
Obat-obatan tertentu yang kita konsumsi dapat memberikan efek samping pada mata yang mengakibarkan mata kering. Obat-obatan tersebut antara lain antihistamin, dekongestan, obat-obatan hipertensi, dll. 

5. Lingkungan dan Aktivitas
Faktor lingkungan ini memiliki dampak yang cukup besar pada mata. Faktor ini juga yang memiliki andil besar dalam mempengaruhi kondisi mata kering. Contohnya saja; debu, asap, angin, cuaca kering, dll. Selain itu aktivitas sehari-hari juga mengakibatkan mata kering serta mata pegal. Contoh aktivitas yang setiap hari dilakukan misalnya bekerja berjam-jam didepan laptop, ini yang sering membuat mata sepet. Terlebih menatap layar smartphone dalam jangka waktu yang lama, pastinya mata lelah dan mata perih sering sekali dialami. 

Cara Mengobati Mata Kering

1. Minum air dan cukupi asupan gizi
Minum air putih yang banyak akan membantu menjaga selaput lendir mata tetap lembab. Selain itu asupan gizi yang mengandung omega-3 seperti biji kenari, rami dan ikan berlemak seperti salmon dan cod juga sangat  membantu untuk menjaga selaput lendir mata tetap lembab. 

2. Air mata buatan
Air mata buatan ini merupakan salah satu terapi mata kering yang utama karena kekentalannya sangat mirip dengan air mata alami. Air mata buatan ini dijual bebas dipasaran tanpa harus menggunakan reseo dokter. 

3. Gunakan obat tetes mata

Menjaga mata agar tetap lembab salah satunya adalah dengan menggunakan obat tetes mata terutama yang khusus untuk mata kering. 

Menjaga Kelembaban Mata dengan Insto Dry Eyes


Kamu pasti sudah pernah mendengar produk tetes mata yang diproduksi oleh Combhipar. Tetes mata insto sudah banyak dikenal masyarakat Indonesia sejak dahulu. Sekarang tetes mata Insto sudah memiliki dua varian; yaitu Insto biasa dan Insto Dry Eyes. Insto Dry Eyes ini khusus untuk mengatasi mata kering. 

Kandungan
Setiap mL dari Instro Dry Eyes isotonik steril  mengandung Hidroxypropyl methylcellulose 3,0 mg. Selain itu juga mengandung Benzalkonium chloride 0,1 mg. Kedua zat ini berfungsi seperti air mata untuk pelumas mata yang dapat mengatasi mata lelah, mata pegel, mata perih, mata sepet yang diakibatkan oleh mata kering. 

Aturan Pemakaian
Teteskan 1-2 tetes pada setiap mata. Gunakan Insto Dry Eyes ini 3x sehari atau sesuai anjuran dokter. 

Ukurannya yang hanya 7,5 mL ini membuat Instro Dry Eyes ini mudah dibawa kemana-mana. Kita bisa menyimpan di tas, kantong bahkan kotak pensil. Nah sekarang sudah tahu gejala mata kering, akibat yang ditimbulkan serta cara mengatasinya. Mulai sekarang jangan mengabaikan lagi gejalan mata kering ini yaa. 
Be First to Post Comment !
Posting Komentar