| USB OTG SanDisk, Solusi Praktis untuk Back Up dari Smartphone | Puspita Yudaningrum - Blogger Traveling and Lifestyle

Top Social

Senin, 30 September 2019

USB OTG SanDisk, Solusi Praktis untuk Back Up dari Smartphone


Mendengar kata kehilangan, apa yang terlintas dalam pikiranmu? Sedih, menyekitkan, bingung, atau yang lainnya? Pastinya kalau kehilangan merupakan sesuatu yang sangat tidak kita inginkan. Berbicara tentang kehilangan, salah satu pengalaman kehilangan yang pernah aku alami adalah kehilangan data. Sebagai orang yang suka ribet kalau bepergian, aku lebih sering menyimpan data di smartphone, baik itu data draft artikel dan foto kerjaan, maupun soft file buku kuliah hingga foto-foto pribadi hampir semuanya aku simpan di smartphone. 

Bulan Maret lalu aku dan temanku jalan-jalan ke beberap kota di Pulau Jawa. Traveling kali ini sudah kami rencanakan beberapa minggu sebelumnya. Awalnya aku berencana membawa laptop karena ada beberapa artikel dan pekerjaan yang tetap harus diselesaikan. Namun setelah beberapa pertimbangan aku mengurungkan niat tersebut karena akan banyak bawaan jika membawa laptop ditambah lagi pembatasan bagasi pesawat. 

Lalu bagaimana dengan pekerjaan yang tetap harus diselesaikan? Nah konsekuensi dari tidak membawa laptop ini ya aku harus menyesaikan beberapa pekerjaan ini sebelum berangkat traveling dan menyimpannya di smartphone. Aku merasa sangat berutung berada di zaman serba canggih ini yang sangat membantu banyak hal menjadi lebih mudah, salah satunya dengan keberadaan smartphone ini. 

Selain digunakan untuk menyimpan draft pekerjaan yang harus tayang ditanggal saat aku traveling, smartphone ini juga aku gunakan untuk menyimpan foto-foto selama traveling ke beberapa kota ini. Meskipun semua sudah dipersiapkan sedemikian rupa namun tetap saja ada hal-hal tidak terduga yang diluar kendali kita terjadi. Nah masalah ini muncul saat aku berada di Bandung, dimana Bandung ini menjadi kota ketiga yang aku dan temanku kunjung setelah Jogja dan Malang. 

Saat berada di Bandung, tiba-tiba smartphone ku hang. Panik? Pastinya! Bagaimana tidak panik, ada dua artikel yang harus aku kirim file nya melalui email kepada klien dan ada foto produk yang harus aku posting pada hari tersebut. Dan apesnya lagi semua data di smartphone itu tidak bisa diselamatkan alias hilang. Akibatnya aku harus mengulang membuat draft artikel dengan meminjam laptop teman yang sedang kuliah di Bandung. Selain itu aku juga harus foto ulang untuk produk yang harus diposting. 

Hasil Survei dari Customer Mobile Habit and Data Management Survey oleh DEKA

Setelah kejadian itu yang menjadi pelajaran untukku adalah pentingnya melakukan back up data smartphone. Kamu tahu tidak sih, menurut survey yang berjudul Indonesia Customer Mobile Habit and Data Management Survey oleh DEKA yang dikomisikan Western Digital Corp, terdapat 67% orang Indonesia pernah mengalami kehilangan data dari ponsel mereka. Riset ini dilakukan di 6 kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Yogyakarta dan Makassar yang melibatkan 1.120 responden. 

Menurut data yang diperoleh, 80% responden sudah menyadari pentingnya back up data smartphone, namun hanya sepertiganya yang teratur melakukan back up dalam periode sebulan sekali. Mengapa demikian? Alasannya karena untuk melakukan back up data ini harus melalui proses yang lumayan rumit dan memakan waktu. Hal ini lah yang membuat banyak dari responden malas melakukan back up data. 

Smartphone tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, namun juga sudah dianggap sebagai pengganti kamera. 90% responden mengatakan bawa mereka lebih sering menggunakan smartphone untuk mengambil gambar dan sisanya untuk menelpon serta chatting. Hal ini tentu saja sejalan dengan banyaknya data yang terdapat pada smartphone merupakan foto dan video.



Untungnya pengalaman buruk ini InsyaAllah tidak akan terulang lagi. Mau tahu rahasianya? Karena sekarang mau backup data tidak susah dan ribet. Kok bisa? Iya bisa! Tahu nggak sih kalau sekarang itu aku punya SanDisk Ultra Dual Drive USB On The GO. SanDisk yang tergabung dalam naungan Western Digital Corp sebagai produsen #SanDiskAPAC ini merupakan salah satu solusi terbaik dalam melakukan back up data ponsel yang mudah dan cepat. 

Mengapa Harus USB OTG SanDisk? 

Proses Back Up Data Mudah

USB OTG SanDisk sangat memudahkan dalam pemindahan data antar perangkat, misalnya saja dari smartphone ke laptop, PC atau smart TV. Dengan konektor micro USB, USB Type X atau mini flash drive yang bisa disesuaikan dengan tipe ponsel, back up data ini menjadi lebih mudah. 

Tranfer File Hingga 150Mb/detik

Pernah melakukan transfer file tapi lama? Nah tenang saja, USB OTG SanDisk ini memiliki kecepatan hingga 150Mb/detik, jadi transfer file bisa sangat cepat. 

Kompatibel 

USB OTG SanDisk ini kompatible dengan berbagai perangkat dengan konektor USB Type-A, USB Type-C, Micro USB, mini flash drive, USB 3.0 an USB 3.1.

Back Up Data Otomatis

Kok otomatis? Iya! Karena setiap terhubung ke smartphone, OTG SanDisk ini secara otomatis akan melakukan back up data. Dengan begini risiko kehilangan data bisa diminimalisir. 


Desain Praktis


Dengan ukurannya yang kecil seukuran flashdisk, OTG SanDisk ini mudah untuk dibawa kemana-mana. Selain itu juga memiliki kapasitas yang beragam, mulai dari 16 GB, 32 GB, 64GB, 128 GB hingga 256 GB. Oh ya selain itu ada garansi 5 tahun loh dengan catatan USB OTG SanDisk yang kamu beli adalah produk original dengan stiker garansi distributor resmi, sehingga jika ada kerusakan kamu bisa dengan mudah melakukan klaim di empat distributor resminya. 

Bagaimana? Penting banget kan melakukan back up data dari smartphone ini. Banyak sekali kenangan dan data yang tentunya #DibuangSayang berada di smartphone kita. Untuk menghindari kehilangan data-data tersebut, melakukan back up data dengan USB OTG SanDisk secara berkala bisa menjadi solusi yang mudah dan cepat. 

26 komentar on "USB OTG SanDisk, Solusi Praktis untuk Back Up dari Smartphone"
  1. produk ini kecintaan para content creator banget ya mbaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Bener bangett backup data itu penting.. apalagi untuk simpan file foto sama video.. Sayang klo dihapus gara2 gak muat memorinya

    BalasHapus
  3. Asyik ya ada usb otg sandisk ini. Data aman tersimpan. Desainnya juga kece.

    BalasHapus
  4. Kehilangan data itu rasanya nano-nano, sedah, kesal, menyesali diri sendiri, napa nggak back up.
    Kini backup data dari handphone makin mudah ya, tak perlu kabel, langsung aja colokin OTG Sandisk ini

    BalasHapus
  5. Sekian belas/puluh tahun lalu, gak pernah terbayangkan kalo di masa sekarang kehilangan data adalah sesuatu yang menyakitkan.

    Ini menunjukkan kita memang butuk OTG SanDisk di jaman now.

    BalasHapus
  6. Kalau sudah dibantu untuk back up sepertiini, tak perlu kuatir lagi ya mba smartphone nge hang karena kepenuhan memori ya mba. Soalnya aku pernah kejadian mba foto foto dan video ilang

    BalasHapus
  7. Astaga jadi inget flashdiskku hilang. Baru tau produk USB OTG ini, jadi skrg gak perlu repot colokin kabel data ya ke laptop untuk pindahin data dari ponsel ke laptop. Mesti beli nih, untuk backup data.

    BalasHapus
  8. Back up data emang penting banget ya mbak. Bayangin aja kalau data terhapus. Kenangannya banyak padahal. Seperti foto foto penting.

    BalasHapus
  9. Berkat OTG SanDisk ini, aku nggak perlu ribet lagi mau backup data, mbak.
    Transfernya juga cepet, terus lagi punya yg kapasitas 32GB cukup untuk backup smartphoneku biar lega selalu heheee

    BalasHapus
  10. Wah beneran memang ya...Banyak sekali kenangan dan data yang tentunya #DibuangSayang berada di smartphone kita. Maka penting bangets nih untuk menghindari kehilangan data-data tersebut, melakukan back up data dengan USB OTG SanDisk secara berkala bisa menjadi solusi. Praktis dan cepat pastinya!

    BalasHapus
  11. Praktis ya menyimpan file berharga di Sandisk, apalagi seakrang ada otg bisa simpan file hape ke Sandisk langsung ga perlu lewat laptop lagi. Praktis

    BalasHapus
  12. Andalan Saya nih USB OTG. Ke mana-mana suka dibawa karena ukurannya kecil.

    BalasHapus
  13. Sandisk memang terbaik y mbak
    aku engen yg 128GB
    beli lah ini langsung shopee

    BalasHapus
  14. Cocok banget nih buat yang suka nyimpan file di smartphone, biar file2 pentingnya tetap aman. Lebih praktis pastinya dr pada ditransfer ke pc.

    BalasHapus
  15. Butuh bgt ini, Mbak. Emang kalau mengandalkan smartphone untuk bekerja, akhirnya butuh penyimpanan seperti ini. Aku pengin nyoba juga ih.

    BalasHapus
  16. aku juga pake sandisk otg kak buat jaga data dan backup hp, secara hp udah ga muat aja kebanyakan foto anak hahah

    BalasHapus
  17. praktis banget dengan mode offline. Udah pengalaman kehilangan soalnya, file2nya udah jadi mantan yg tak tak kembali.

    BalasHapus
  18. Nyesek juga kehilangan data dan file foto-foto di handphone. Baru tahu ada sandisk OTG yang dapat digunakan untuk membackup data. Sayang hpnya juga hilang.

    BalasHapus
  19. praktis banget memang kalau punya usb otg jadi transfer data bisa lebih cepat apalagi kalau pas gak di rumah ya gak perlu lagi kabel data colok ke laptop

    BalasHapus
  20. D rmh juga sy pake flaskdisk scan disk. Merk dr dulu yg sy pake dan kenalnya cuma merk ini

    BalasHapus
  21. suka desainnya imut-imut banget dan juga manfaatnya sih utamanya aku yah memori hpnya full hahaha jadi perlu banget sandisk

    BalasHapus
  22. Iyaa...
    aku termasuk yang takut kehilangan.
    Hehehe...data maksudnya.

    Seneng banget karena uda pakai Sandisk dari beberapa tahun yang lalu dan masih awet sampai sekarang.
    Jagoan banget Sandisk mah..

    BalasHapus
  23. Duh perlu banget ini. Beli di mana. Secara hape penuh, tapi delet foto ga sanggup karena kenangan

    BalasHapus
  24. Solusi paling oke nih buat para pengguna smartphone utk membawa USB OTG ini kemanapun. Jadi kapanpun space memori udah tiois, tinggal transfer ke USB ini dulu.

    BalasHapus
  25. Bentuknya lucu banget ya imut, tapi kegunaannya gede, bisa menyimpan data berharga kita dengan lebih aman..

    BalasHapus
  26. Aku jugaa dah mulai mba nyimpan data hp ke dalam USB ini sayang bngt soalnya klo mesti dihapus

    BalasHapus