| Covid Test dan Kehidupan di Era New Normal | Puspita Yudaningrum - Blogger Traveling and Lifestyle

Top Social

Minggu, 21 Juni 2020

Covid Test dan Kehidupan di Era New Normal

covid test diperlukan dalam menjalani kehidupan di era new normal

Setelah menjalani lebih kurang tiga bulan PSBB selama masa pandemic, sekarang kita memasuki era new normal. Namun harus diingat bahwa new normal ini dilakukan karena alasan ekonomi, bukan karena covid 19 sudah selesai. Dengan kata lain kondisi saat ini sebenarnya belum aman dan belum normal seperti semula. Karenanya kita tetap perlu menerapkan protokol kesehatan dan juga menjalani covid test bagi yang membutuhkan dan dirasa butuh melakukannya.

Protokol kesehatan seperti apa yang kita butuhkan salam menjalani kehidupan di era new normal? Tentunya dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan menggunakan sabuh atau hand sanitizer. Saat ini dibanyak daerah sering mengadakan razia penggunaan masker dan pengaturan jarak atau jumlah pengunjung pada tempat umum. Selain itu di tempat-tempat umum sudah menyediakan air dan sabun untuk mencuci tangan. Semua hal ini dilakukan guna mencegah dan memutus rantai penyebaran covid 19. 

Seberapa penting covid test?

Melakukan perjalanan di era new normal ini juga memiliki aturan tersendiri yang tentunya berbeda dari saat kondisi normal sebelumnya. Beberapa diantaranya adalah harus menyertakan surat perjalanan dinas (jika keperluannya untuk perjalanan dinas) dan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negative covid 19 atau surat keterangan uji Rapid test dengan hasil non-reaktif. 

Bukan hanya diperlukan untuk melakukan perjalanan, namun beberapa perguruan tinggi/sekolah/pondok pesantren juga membutuhkan. Bagi lembaga pendidikan yang sudah akan melaksanakan pembelajaran tatap muka juga mensyaratkan surat keterangan sehat dan hasil uji covid test kepada seluruh civitas akademik dan juga siswa/mahasiswa/santri. 

Kenapa sih hasil uji tes covid 19 ini sangat dibutuhkan? Tentu saja untuk mencegah penyebaran covid 19 lebih luas. Seperti kita ketahui penyebaran virus corona ini sangat cepat, sehingga hasil uji covid test sangat diperlukan untuk memastikan masing-masing orang tidak terpapar virus corona. 

Berbicara tentang surat keterangan uji tes PCR atau Rapid test untuk kepentingan perjalanan ke luar kota, sebenarnya apa sih perbedaan dari kedua test tersebut? 

1. Polymerase Chain Reaction (PCR)
Tes PCR ini dilakukan dengan menggunakan sampel lender dari hidung atau tenggorokan. Tempat ini dipilih karena menjadi tempat virus akan menggandakan dirinya. Virus yang aktif ini akan memiliki material genetika berupa DNA maupun RNA. Pada virus corona, material genetic tersebut berupa RNA yang akan dideteksi oleh tes PCR. Tes ini memerlukan waktu lebih lama karena harus melalui dua kali proses yaitu, ekstraksi dan amplifikasi. 

2. Rapid Test
Rapid test merupakan tes corona yang paling sering kita dengar dan paling banyak digunakan secara masal. Pemeriksaan pada test ini dilakukan dengan menggunakan pengujian terhadap sampel darah. Darah ini digunakan untuk mendeteksi immunoglobulin, yaitu antibodi yang terbentuk saat tubuh mengalami infeksi. Rapid test ini merupakan tes singkat yang dilakukan hanya memerlukan 15-20 menit. 

Dimana bisa melakukan kedua tes ini jika diperlukan? Saat ini sudah banyak rumah sakit dan layanan kesehatan yang menyedikan tes PCR dan rapid test. Untuk memudahkan menemukan tempat terdekat untuk melakukan tes tersebut kita bisa menggunakan aplikasi halodoc. 

Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang memudahkan kita dalam mendapatkan layanan kesehatan. Aplikasi ini dapat diunduh pada smartphone. Fasilitas yang disediakan pada aplikasi halodoc ini antara lain yaitu, chat dengan dokter, buat janji dengan rumah sakit, beli obat, kesehatan jiwa, hingga fasilitas covid test

Caranya sangat mudah, yaitu dengan menunduh aplikasi halodoc, lalu kemudian registrasi menggunakan nomor HP. Setelah itu pada tampilan home, pilih Tes Covid-19. 

Halodoc menyedikan layanan covid test yang bisa dipilih


Pada aplikasi ini disedikan pilihan rumah sakit pada kota dan provinsi terdekat yang bisa kita pilih untuk menjalani covid test. 
Halodoc menyedikan layanan informasi untuk rapid test terdekat


Selain itu pada aplikasi juga diberikan keterangan harga yang harus dibayarkan untuk melakukan tes serta metode pembayaran yang dapat dilakukan.  
halodoc memberikan informasi harga untuk melakukan covid test

Jika sudah cocok dan sesuai tinggal pilih buat janji dan pilih waktu yang sesuai.
Halodoc memberikan layanan buat janji untuk melakukan covid test


Dengan demikian kita bisa lebih mudah untuk mencari informasi tempat melakukan rapid tes dan membuat janji untuk test tanpa harus mengantre secara langsung. 

36 komentar on "Covid Test dan Kehidupan di Era New Normal"
  1. Halodoc emang lengkap ya mbak, banyak artikel bermanfaat juga di websitenya. Apalagi di musim pandemi, bisa banget buat cari referensi kalau mau janjian konsultasi dengan dokter, cari rumah sakit terdekat buat tes covid juga

    BalasHapus
  2. HaloDoc membantu bangeeett ya Mba
    Terutama yg memang wajib jalani covid test, biasanya kalo mau naik pesawat gitu
    Semoga kita semua sehaaaattt

    BalasHapus
  3. Baik PCR maupun rapid test penting ya dilakukan ketika kondisi tubuh dirasa sudah ada yang mencurigakan. Penginnya sih sehat selalu, tapi masih banyaknya orang yang abai terhadap protokol kesehatan bikin parno banget deh.

    BalasHapus
  4. Enak ya Mba bisa kapan saja dan menyesuaikan dengan waktu kita jika ingin rapid tes di Halodoc. Menurutku ini bisa membantu terutama untuk yang sering kerja di luar rumah.

    BalasHapus
  5. Wah, ternyata di Halodoc kita bisa melakukan rapid test ya. Harga juga tertera jelas begitu, malah berkonsultasi dengan para dokter yg kompeten bisa nyaman pula. APlikasi kesehatan yg sangat keren.

    BalasHapus
  6. Biayanya sih tidak terlalu mahal yaa.
    Tapi ngeri juga kalo tes dan hasilnya reaktif atau malah positif setelah PCR.
    Itulah pentingnya jaga kesehatan, dengan lebih banyak di rumah aja dan kalau keluar rumah untuk hal penting aja dan patuh pada protokol kesehatan.

    BalasHapus
  7. Pelayanan di Halodoc makin lengkap ya, Mbak. Kalau udah tertera harga pada aplikasi, tenang yaaa. Btw, kasus covid belum landai juga sepertinya ya, Mbak?

    BalasHapus
  8. Sekarang mau PCR atau Rapid test sudah bisa dengan mudah ya. Kaya orang kantor, dll itu emang perlu sih. Kalau aku karena di rumah aja, ya belum butuh. Cuma tetep cek dan pantau kesehatan lewat Halodoc

    BalasHapus
  9. Jadi bisa ya test covid di Halodoc? Itu kita dokternya yg dateng atau kita janjian ke rumkit, Mba? Keren nih aplikasi halodoc ada semua info kesehatan disini.

    BalasHapus
  10. aplikasi halodoc ini emang update infonya, jadi bisa salah satu referensi di tengah pandemi ini

    BalasHapus
  11. Halodoc ini sangat mengerti kebutuhan di masa pandemi ya..salut banget deh..Betul-betul bermanfaat :)

    BalasHapus
  12. Makin lengkaaap aja fasilitas yang disediakan aplikasi halodoc . Selain chat dengan dokter, buat janji dengan rumah sakit, beli obat, kesehatan jiwa, sudah ada fasilitas covid testnpula. Makin bikin hepi aja aplikasi ini. Membantu sekali!

    BalasHapus
  13. Sekarang semua dipermudah ya mbk, termaduk untuk urusan layanan kesehatan. Halodoc bener bener membantu, kita bisa tau banyak hal termasuk urusan rapid tes.

    BalasHapus
  14. Ternyata biayanya lumayan mahal juga ya mbak tapi bisa kita dapat liatnya di HaloDoc..semoga sehat semuanya ya aamiin

    BalasHapus
  15. Ini tersedia di seluruh kota mbak? Butuh nih karena naik pesawat butuh juga hasil tesnya

    BalasHapus
  16. harga variatif dan harus jeli pilih tempat kalau gitu ya, tapi dengan aplikasi ini semua jadi mudah

    BalasHapus
  17. Adanya aplikasi halodoc ini memudahkan ya mbak. Kita bisa pilih rapid test di tempat yang dekat dengan kita. Dan kita juga bisa melakukan perjanjian jarak jauh tanpa kita harus datang dan antre ke rumah sakit

    BalasHapus
  18. Lengkap banget nih informasinya Halodoc, makin mupeng deh.
    Halodoc emang lengkap makanya keren

    BalasHapus
  19. Bener banget dengan adanya halodoc ini sangat membantu banget untuk kita yang yang butuh informasi kesehatan dan juga saat ini

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah~
    Ada aplikasi yang meminimalisir kita berlama-lama di keramaian.
    Dengan Halodoc, semua bisa lebih praktis.

    BalasHapus
  21. Dengan adanya halodoc, proses untuk tes covid 19 jadi lebih mudah ya... Membantu banget, enggak perlu antre di rumah sakit, bisa bikin janji dulu...

    BalasHapus
  22. Udah insta ahlo doc jugaa.. Dan udah sempet konsultask online disana. Senengnya dapet diskon jg ehehehe. Jd gak galau lg kalo sakit

    BalasHapus
  23. Halodoc membantu banget ya untuk kita mau mutusin melakukan covid test di mana. Tapi kalau aku sendiri insyaa Allah saat ini belum butuh covid test, deh :)

    BalasHapus
  24. pakai aplikasi yang satu ini memang memudahkan ya mba. Aku kemarin sudah ikutan rapid test sih di kantor

    BalasHapus
  25. Agak serem kalau denger covid test, krn itu semoga gak sampai menjalaninya Ya Allah.
    Eh btw temenku kmrn juga nyari info rapid tes di halodoc, soalnya dia pindah rumah dan pemerinta daerah tempatnya mau pindhan mewajibkan dia rapid tes dulu

    BalasHapus
  26. Aplikasi halodoc sangat membantu dalam hal kesehatan jadi mau rapid test tinggal buat janji dengan dokter

    BalasHapus
  27. Wah keren nih aplikasi halodoc bisa bantu kita untuk tahu kita kena covid atau gak lewat jadwal yang pasti dan tempat dimana saja bisa tes covid ya,makasih mbak infonya.

    BalasHapus
  28. Meskipun Newnormal prosedur dari pemerintah seperti Covid Test tak ada salahnya kita taati, mengingat seperti berita di televisi tentang pedagang' di pasar ada yang positif covid-19 karena ketidaktahuan mereka kalau sudah positif.

    Tentu itu membahayakan yang lain katena rentan tertular ke pengunjung pasar maupun sesama pedagang.

    BalasHapus
  29. Padahal kemaren temen-temenku nanyain tempat Rapid Test kakk. Tau gitu aku saranin ke halodoc aja yaaa,gampang dan ga ribett.

    BalasHapus
  30. Bisa mencari rumah sakit yang bisa tes pcr dan menyesuaikan harganya ya, halodoc ngebantu banget yaa

    BalasHapus
  31. wah menarik banget ini langsung ada info biayanya juga jadi bisa menyediakan uang sekaligus.

    BalasHapus
  32. Sekarang makin mudah ya dengan aplikasi halo doc ini jika mau rapid tes. Hrganya juga gak semahal yang di RS

    BalasHapus
  33. Benar sih kalau mau keluar kota lewat kapal terbang harus ada surat test Rapid .dengan halodoc semuanya jadi lebih mudah

    BalasHapus
  34. Bermanfaat banget ya Halodoc ini, one-in-all app banget. Aku pernah juga pakai Halodoc buat konsultasi sama dokternya dan pada ramah-ramah dan membantu.

    BalasHapus
  35. Alhamdulillah ya bisa lewat halodoc, jadi lebih mudha untuk test covid seperti ini

    BalasHapus
  36. Wah mudahnya sekarang chat dengan dokter, buat janji dengan rumah sakit, beli obat, kesehatan jiwa, hingga fasilitas covid test hanya di aplikasi halocoh yah. Mesti download nih. Praktis tanpa harus keluar rumah

    BalasHapus