| 5 Alasan Mengapa Anda Harus Bisnis Peternakan saat Pensiun | Puspita Yudaningrum - Blogger Traveling and Lifestyle

Top Social

Senin, 18 September 2023

5 Alasan Mengapa Anda Harus Bisnis Peternakan saat Pensiun




 
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/tiga-sapi-hitam-putih-422218/  


Investasi Reksadana memang bisa jadi pilihan tepat bagi kamu yang tetap ingin memiliki pemasukan di masa pensiun. Namun agar bisa terus berinvestasi, kamu sangat disarankan untuk tetap memiliki sumber penghasilan aktif yang mencukupi.

Dalam hal ini kaa bisa mempertimbangkan bisnis peternakan dengan potensi yang cukup bagus di masa depan. Mengelola bisnis ternak saat masa pensiun tiba ternyata bisa menjadi sebuah keputusan yang tepat dan menguntungkan.

Kenapa Bisnis Peternakan saat Pensiun?

Dari sekian banyak jenis bisnis yang bisa Anda kelola saat pensiun, mengapa harus bisnis peternakan? Berikut adalah beberapa alasan mengapa bisnis peternakan ini berpotensi untuk ditekuni setelah pensiun:

Permintaan Pasar Cukup Tinggi

Alasan yang pertama adalah adanya permintaan pasar yang cukup tinggi. Seperti kita tahu bahwa kebutuhan masyarakat akan hasil ternak selalu ada bahkan cenderung meningkat.

Misalnya saja kebutuhan akan daging ayam dan daging sapi. Belum lagi produk ternak lain seperti susu, madu, dan masih banyak lagi. Masyarakat akan terus membutuhkan produk ternak untuk dikonsumsi setiap hari.

Saat bisnis kamu menghasilkan produk yang dibutuhkan terus-menerus, maka disitulah letak keuntungannya. kamu bisa terus menjual produk dan mendapatkan keuntungan yang semakin besar dari waktu ke waktu.

Kemajuan Teknologi Mempermudah Pengelolaan

Di zaman modern seperti sekarang, kemajuan teknologi berkembang begitu pesat. Adanya kemajuan teknologi ini ternyata ikut mempermudah proses pengelolaan peternakan itu sendiri.

Bisa dikatakan bahwa pengelolaan peternakan di zaman dulu dengan zaman sekarang jauh berbeda. kamu bisa mendapatkan lebih banyak kemudahan yang akan membuat pengelolaan peternakan jadi jauh lebih efektif dan hasilnya lebih melimpah.

Persaingan Tidak Begitu Ketat

Persiapan pensiun memang harus dimulai sedini mungkin, kalau bisa dari sekarang sejak kamu masih produktif. Bisnis ternak bisa jadi pilihan tepat karena jenis bisnis ini tidak memiliki persaingan yang begitu ketat.

Mari bandingkan saja dengan bisnis kuliner dan fashion yang persaingannya begitu ketat di pasaran. Mungkin akan jauh lebih sulit bagi kamu untuk mengembangkan jenis bisnis ini karena terlalu banyak kompetitor yang harus dihadapi.

Harga Jual Hasil Ternak Sangat Menguntungkan

Alasan berikutnya yang mendukung kamu untuk menjalankan bisnis ternak setelah pensiun adalah potensi hasilnya yang ternyata begitu menguntungkan. Hasil ternak bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi dan memuaskan.

Ini tentu akan mempermudah kamu untuk mencapai tujuan terus mendapatkan penghasilan selama pensiun. Bahkan Anda bisa terus melakukan investasi baik itu dalam bentuk instrumen Reksadana maupun yang lain.

Memungkinkan Dikelola di Pedesaan

Saat pensiun tiba, biasanya kita akan memilih untuk tinggal di lingkungan yang jauh dari pusat kota. Apabila memang memungkinkan bagi kamu untuk pulang kampung, maka bisnis ternak ini jelas akan menjadi pilihan tepat.

Kamu bisa memanfaatkan lahan di desa untuk menjalankan bisnis peternakan. Lebih dari itu lingkungan di pedesaan juga pasti akan jauh lebih mendukung dan bisa membantu kamu mengoptimalkan hasil ternak. 

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/kelompok-sapi-putih-dan-hitam-422202/

Hal-Hal yang Harus Anda Perhatikan

Tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis ternak ini. Berikut adalah beberapa poin penting yang sebaiknya dipersiapkan agar bisnis ternak berjalan lancar di masa pensiun:

Modal

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah modal dana. Bisnis ternak ini bisa dimulai dengan lancar jika ada persiapan modal yang memadai.

Tidak ada salahnya jika kamu merencanakan keuntungan Reksadana sebagai modal usaha nantinya.

Itulah mengapa sebaiknya kamu mulai mempersiapkan diri dari sekarang. Sebelum masa pensiun tiba, sebaiknya mulailah berinvestasi untuk persiapan modal bisnis ternak sesuai impian kamu.

Lokasi Ternak

Menurut laman agribisnis.co.id, kamu benar-benar harus memikirkan lokasi peternakan yang akan digunakan. Jika kamu memang ingin pulang ke kampung halaman, maka segera tentukan dimana area peternakannya.

Lalu, bagaimana jika tidak memungkinkan untuk pulang ke desa? Jika kondisi kamu seperti ini maka pikirkanlah baik-baik dimana area peternakan yang akan kamu gunakan nantinya.

Hewan yang Diternakkan

Sudah pasti kamu juga harus memikirkan apa jenis hewan yang akan diternakkan. Ada banyak sekali pilihan hewan ternak dengan hasil yang bervariasi. Tinggal dipilih sesuai ketersediaan modal, lokasi, dan tentu saja wawasan.

Manajemen Ternak

Dari laman agribisnis.co.id, manajemen ternak juga harus dipikirkan mulai dari pemilihan bibit unggul hingga pakan. Mulailah belajar dari sekarang jika kamu memang tidak mempunyai pengalaman sama sekali agar bisnis ini bisa menguntungkan.

Pengelolaan Dana

Jangan lupa pikirkan juga faktor pengelolaan dana. Bagaimanapun juga dana hasil bisnis ternak harus dikelola dengan baik agar perputarannya sehat dan bisa memberi keuntungan yang memuaskan untukmu di masa pensiun.

Lakukan Investasi Reksadana yang Tepat Sekarang Juga

Kamu bisa mulai mempersiapkan diri dari sekarang dengan berinvestasi Reksadana melalui perbankan prioritas DBS Treasures. Tentunya di sini ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan sebagai investor.

Modal dana akan langsung dikelola oleh Manajer Investasi profesional yang berpengalaman. Kamu juga bisa menikmati kemudahan transaksi investasi lewat Aplikasi digibank by DBS.

Dapatkan kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Raih peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).

Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Persiapan yang matang akan membantumu mengelola bisnis ternak yang efektif di masa pensiun. Salah satunya dengan persiapan modal lewat investasi Reksadana di DBS Treasures. Silakan klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 


Be First to Post Comment !
Posting Komentar