Top Social

Featured Posts Slider

Kamis, 11 Januari 2018

Langkah-Langkah Membangun Startup

Foto By www.learn.onemonth.com


Banyak sekali peluang kerja baru yang bisa tercipta berkat adanya perkembangan teknologi. Salah satu bisnis yang sedang gencar-gencar dan menjadi perbincangan banyak orang adalah bisnis startup. Bisnis startup adalah sebuah bisnis yang berhubungan dengan bidang IT atau teknologi. Karena itulah banyak sekali anak-anak muda yang terjun ke dalam bisnis ini. 

Bisnis startup yang terkenal antara lain ojek online seperti Gojek atau Grab. Dapat dibilang bahwa perkembangan bisnis startup memang signifikan. Bahkan bisnis startup sedang menjadi tren dari tahun kemarin.

Sebenarnya arti dari startup itu sendiri adalah perusahaan yang baru mulai atau bisa juga disebut sebagai perusahaan perintis. Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis startup, tentu Anda membutuhkan perencanaan yang matang.Dalam membangun bisnis startup ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk dapat terjun dalam bidang teknologi ini. Dalam membangun dan menjalankan bisnis startup, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui yaitu:

1. Pahami lebih dalam tentang visi dan ide Anda
Foto By www.pixabay.com

Untuk membangun sebuah bisnis, terutama bisnis startup, Anda bukan hanya mempersiapkan modal dengan baik, namun Anda pun juga harus memahami lebih dalam tentang visi dan ide yang Anda punya. 

Anda harus paham apa bisnis yang akan Anda bangun dan manfaat dari bisnis tersebut. Visi dan ide yang Anda punyai untuk membangun bisnis startup memang harus yang benar-benar bergunan dalam kehidupan nyata dan berguan untuk banyak orang. Jangan sampai Anda berbisnis startup hanya karena mengikuti tren saja. 

Jika Anda tidak benar-benar matang dalam menjalankan bisnis ini, maka kemungkinan bisnis Anda akan terhambat. Jika Anda belum punya ide yang jelas, maka Anda bisa memulainya dari suatu hal yang berkaitan dengan hobi-hobi yang bermanfaat. Sebenarnya, ide untuk bisnis startup tidak harus besar dan rumit. Bahkan dengan ide sederhana pun justru bisa menghasilkan sesuatu yang besar. 

Sebaiknya kembangkan startup yang memiliki risiko yang rendah sebelum menjalankan startup yang besar. Anda juga bisa mendapatkan ide yang segar dan bagus dari lingkungan di sekitar Anda. Karena itulah Anda bisa mencoba untuk mengidentifikasikan permasalahan yang ada di sekitar Anda lalu cari solusinya.

2. Kenali siapa target pasar
Foto By www.ramadoni.com

Saat Anda sudah menentukan ide dan tujuan, maka selanjutnya yang harus Anda pikirkan adalah siapa target pasarnya. Anda harus bisa mengetahui siapa target pasar adri bisnis startup Anda. Namun sebenernya yang terpenting adalah apakah target pasar Anda sudah sesuai dengan visi dan ide yang Anda miliki. Pahami poin nomor 1 dengan baik terlebih dahulu. 

Jika Anda bisa mengenali target pasar Anda lebih dalam, maka Anda dapat menentukan solusi terbaik untuk permasalahan Anda. Apalagi selera masyarakat kerap berubah dan terus berkembangan bisa hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Karena itulah Anda harus bisa mengikuti perkembangan tren yang ada. Misalnya, target pasar untuk bisnis startup Anda adalah kaum wanita untuk usia 20 hingga 35 tahun, Anda pun juga harus tahu tentang kebutuhan target pasar dan apa saja yang sedang nge-tren bagi wanita berusia 20 hingga 35 tahun.

3. Jangan hanya fokus pada keuntungan semata

Dalam membagun suatu bisnis, memang sangat wajar bagi Anda untuk memikirkan tentang keuntungan yang akan Anda dapatkan. Hal ini amat sangat wajar. Namun hal ini berbeda dalam bisnis startup. Akan lebih baik bagi Anda untuk fokus pada menyelesaikan masalah, bukan hanya meraih keuntungan semata saja. 

Banyak sekali perushaan-perusahaan startup yang sudah beken namun harus jatuh bangun terlebih dahulu sebelum dapat berkembang menjadi perusahaan yang kini dikenal oleh masyarakat. Jika Anda ingin menjadikan bisnis startup sebagai tempat untuk mendapatkan banyak uang, maka hal ini tentu sangat salah. Kesuksesan tidak akan datang menghampiri Anda jika Anda tidak mau bekerja keras.

4. Lakukan branding produk
Foto By http://m.rmoljabar.com

Setelah Anda bisa memahami dengan baik ketiga poin tersebut, maka selanjutnya adalah branding produk. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari platform yang dapat digunakan untuk membantu calon konsumen dan pelanggan lainnya untuk tetap menghubungi dan menggunakan produk atau jasa yang Anda berikan. Karena itulah sangat penting untuk melakukan branding dalam bisnis startup. 

Pada dasarnya semua bisnis butuh branding. Dengan branding inilah maka Anda dapat membantu menargetkan dan menarik pasar. Sehingga bisnis startup yang Anda jalankan akan mempunyai ciri khas tersendiri. Karena itulah branding yang harus Anda miliki tentu berkaitan dengan visi dan misi bisnis startup Anda. Branding dapat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis stratup Anda untuk semakin sukses.

5. Jangan takut gagal
Foto By http://acisindonesia.com

Yang namanya berbisnis memang penuh risiko. Karena itulah Anda jangan takut gagal. Untuk dapat meraih mimpi dan kesuksesan memang tidaklah mudah. Akan ada banyak kerja keras dan pengorbanan agar bisnis startup Anda berjalan lancar dan dapat bertahan untuk waktu yang lama. Yang namanya gagal memang sangat wajar. Bahkan kegagalan pun bukan hanya ditemukan di bisnis saja. Dari kegagalan inilah yang bisa Anda ambil hikmahnya sehingga bisnis Anda akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Berikut ini adalah 4 faktor yang dapat menggagalkan bisnis startup. Jika Anda bisa meminimalisir faktor-faktor tersebut, maka bisnis startup Anda bisa berjalan dengan lancar. Faktor pertama adalah risiko bisnis model. Sebaiknya Anda menjalankan bisnis stratup dengan model yang jelas serta gampang dibuat. Anda bisa meniru model bisnis yang sudah berjalan di negara lain.

Selanjutnya adalah risiko pasar. Bisnis stratup bisa gagal dikarenakan ukuran pasar yang terlalu kecil. Dalam menjalankan bisnis startup, maka Anda harus bisa masuk ke pasar yang besar dan potensial. Di Indonesia sendiri, banyak sekali pasar yang belum digarap. Anda bisa mencari celah tersebut dan memanfaatkannya sebagai tambang emas untuk bisnis Anda. Namun perlu diingat lagi pada faktor pertama bahwa model bisnisnya harus jelas.

Risiko ketiga adalah eksekusi. Sekeren apapun ide bisnis startup Anda, jika Anda tidak bisa merealisasikannya maka sudah jelas percuma. Untuk membangun startup, maka aka nada risiko dalam mengeksekusi produk agar dapat meluncur ke pasar. Karena itulah Anda perlu membangun tim yang handal di bidangnya masing-masing. Karena itulah bangun bisnis yang gampang saja agar lebih cepat masuk ke pasar. Anda pun juga dapat menguji coba produk Anda secepat mungkin.

Risiko keempat adalh teknologi. Apalagi bisnis startup memang berkaitan dengan teknologi. Namun hal ini tidak begitu sulit untuk diatasi. Pada dasarnya, implementasi dalam teknologi tidak begitu sulit. Bahkan Anda pun juga bisa meniru teknologi lain untuk diterapkan ke dalam bisnis Anda.


Jika Anda membutuhkan modal untuk bisnis startup Anda, maka Anda bisa melakukan pengajuan pinjaman online hanya di Monily Indonesia. Disinilah Anda bisa meminjam uang secara online dengan cepat untuk modal bisnis Anda.
Senin, 01 Januari 2018

Tempra Syrup: Sentuhan Cinta Bunda


Anak demam saat traveling tentunya membuat para ibu-ibu sangat repot. Itinerary  traveling yang sudah disusun pun menjadi berantakan. Aku belum menjadi seorang ibu secara harfiah, tapi aku memiliki keponakan bernama Kiya yang memanggilku bunda dan sudah aku anggap sebagai anakku sendiri.

Saat liburan tahun lalu aku mengajak Kiya untuk berlibur ke Solo sekalian berkunjung ke rumah nenekku (dan itu berarti nenek buyut Kiya) di sana. Aku sangat antusias menyusun Itinerary  traveling selama di Solo. Ini merupakan traveling pertamaku bersama Kiya yang sedang aktif-aktifnya. Semua sudah aku siapkan sedemikian rupa.

Saat sampai di Solo semua masih berjalan seperti biasa. Aku dan Kiya langsung menuju penginapan dan mencari makanan lalu jalan-jalan. Namun, saat keesokan harinya suhu badan Kiya menjadi panas dan ia terus merengek. Aku sempat panik sekali dong karena aku belum pernah mengurusi anak yang sedang demam.

Kamu bisa bayangin dong gimana rasanya kalo kita belum pernah punya pengalaman mengurusi anak yang sedang demam terlebih itu terjadi di luar kota. Dan pastinya Itinerary  traveling jadi batal semua karan Kiya sakit.

Aku langsung menelpon kakakku yang merupakan Ibunya Kiya di Bengkulu dan beliau langsung menyarankanku untuk memberikan Tempra Syrup. Jujur aku baru pertama kali ini mendengar Tempra Syrup karena selama ini aku memang belum pernah mengurusi anak kecil yang sedang sakit. Kata kakakku Tempra ini cepat untuk menurunkan demam anak.

Masalah selesai? Tidak! Karena ternyata letak apotek lumayan jauh dari tempat kami menginap dan nggak ada orang yang aku kenal. Akhirnya aku langsung menemui mas yang bekerja di penginapan tersebut dan meminta tolong untuk memberikan Tempra syrup di apotek dan Alhamdulillah mas tersebut mau membantu.

Setelah Tempra sudah dibeli aku langsung memberikannya kepada kiya. Awalnya Kiya masing juga menangis, namun beberapa saat kemudian ia tertidur pulas. Aku lumayan lega tapi masih cemas juga kalau-kalau panasnya meningkat lagi. Tapi Alhamdulillah setelah Kiya bangun tidur panasnya sudah turun dan demamnya juga sudah sembuh. So kami bisa melanjutkan traveling kami yang sempat tertunda.

Tips menangani anak yang sedang sakit;
1. Tenang, karena tanpa tenang pasti tidak bisa berfikir jernih.
2. Beri makanan dengan lauk yang ia sukai, karena jika tidak anak pasti malas makan.
3. Beri minum air putih dan susu kesukaannya.
4. Berikan perhatian dan waktu yang lebih saat anak sedang sakit.
5. Jangan lupa berikan Tempra untuk menurunkan demam pada anak.

Tentang Tempra
Sebelumnya ada yang sudah tau tentang Tempra? Tempra ini adalah obat yang cepat untuk  penurun panas karena mengandung Paracetamol. Selain itu Tempra juga bisa meredakan nyeri. Paracetamol berguna sebagai antipiretika pada pusat pengaturan suhu di otak dan analgetika dengan meningkatkan ambang rasa sakit.

Tempra syrup selalu menjadi pertolongan pertama saat suhu badan Kiya naik karena aman di lambung anak yang sensitive. Syrup tempra ini tidak perlu dikocok dan larut 100%. Pemberian dosis pada Tempra ini juga tepat (tidak menimbulkan over dosis atau kurang dosis). Tempra diproduksi oleh PT Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk, di bawah pengawasan Taisho Pharmaceutical Co. Ltd, Japan.

Selain itu Tempra bebas alkohol sehingga sangat aman untuk anak. Kemasan Tempra ini juga praktis dan tidak mudah tumpah dibawa kemana-mana. Tutup botolnya adalah CRC atau Child Resistant Cap yang menggunakan sistem tekan lalu putar, sehingga tidak mudah dibuka oleh anak.

Ada tiga jenis Tempra yang diproduksi oleh PT Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk, yaitu Tempra Drops, Tempra Syrup dan Tempra Forte.
Tempra Drops
Tempra Drops dengan rasa anggur khusus untuk anak berusia 0-1 tahun. Pemberian Tempra ini dengan menggunakan pipet yang diteteskan langsung pada lidah anak.

Tempra Syrup
Tempra Syrup khusus untuk anak berusia 1-6 tahun. Cara penggunaannya adalah dengan menakar dosis yang dianjurkan pada gelas takar yang tersedia lalu diberikan langsung saat anak demam.

Tempra Forte
Tempra Forte dengan rasa jeruk ini dikhususkan untuk anak yang berusia 6 tahun ke atas yang sedang mengalami demam. Cara penggunaannya adalah dengan menakar dosis yang dianjurkan pada gelas takar yang tersedia lalu diberikan langsung kepada anak yang demam.

Jadi ibu-ibu nggak ada salahnya dong kita menyediakan stok Tempra sesuai usia anak di rumah atau saat sedang traveling. Sehingga sewaktu-waktu anak demam kita bisa langsung memberikan Tempra. Nah aku sendiri kalau sedang traveling bersama Kiya pasti selalu membawa Tempra untuk jaga-jaga jika Kiya demam dalam perjalanan. 

Dengan adanya Tempra ini sangat membantu dan membuat saya tenang saat akan traveling bersama Kiya. Dari kejadian ini aku belajar banget bagaimana manangani dan marawat anak saat demam, jadi saat aku menjadi ibu yang sesungguhnya nanti aku sudah paham dan tidak panik lagi.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan Blogger Perempuan Network oleh Tempra
Sabtu, 30 Desember 2017

Thank You 2017, I Learned a Lot!



Halooo.... Selamat menikmati minggu terakhir di 2017. Well besok udah 2018 aja dan ternyata tanpa terasa 2017 sudah berakhir. Duh cepet banget :D. Oh ya selama satu tahun ini pastinya banyak banget pengalaman dan pelajaran berharga yang didapatkan, baik itu yang senang maupun yang sedih.

Haaa iya banget deh karena 2017 mengajarkan aku banyak hal terutama ikhlas. Iya ikhlas yang benar-benar ikhlas merelakan sesuatu yang sangat diharapkan tapi tidak bisa didapatkan. Yaelah bahasanya hahaha

Diawali pada Januari 2017, dimana pada bulan itu awal dimulainya perjuangan mempersiapkan beasiswa untuk S2. Hmm sebenarnya persiapannya udah lama sih, karena untuk beasiswa mah mana ada persiapan yang instan. Persiapan di sini maksudnya surat rekomendasi, essay, SKCK, dan surat-surat lainnya.

Dimulai deh drama mencari dosen untuk rekomendasi dan Alhamdulillah banget dosen pembimbing skripsi saat S1 kemaren baik banget mau ngasih rekomendsi. Haa terima kasih banyak bapak Bambang Suwarno. Beliau orang yang tuluuuus banget membimbing dan mengajar. Panutan banget deh! Bahkan beliau menawarkan diri untuk membimbing penulisan essay untuk beasiswa.

Satu pesan beliau yang sangat aku ingat “Kalau belum berhasil jangan pernah menyerah, orang yang sudah berhasil itu dulunya pernah gagal juga loh. Saya juga dulu pernah gagal”. Iya beliau pernah cerita tentang perjuangan beliau kuliah dulu dan emang keren banget deh pengalamannya. Bagian yang ini nggak usah aku certain ya, panjang soalnya hehe.

Oh ya dibulan Januari ini juga aku sempat resign dari tempat kerja karena selisih pendapat sama bosku. Aku nggak salah dan pastinya dong aku nggak mau disalahin. Dari pada ribut ya udah deh aku keluar aja, terlebih di bulan itu aku lagi sibuk-sibuknya persiapan beasiswa. Tapi dua bulan kemudian bos ku menelpon untuk minta maaf (akhirnya beliau menyadari kalo yang salah dia) dan meminta aku untuk balik lagi kerja. Ah udah deh yang ini kasus selesai dan berakhir baik-baik saja :D

Pengalaman paling menyedihkan dan buat aku galau benget bahkan lebih galau dari putus cinta adalah.... Kenyataan kalau aku gagal di seleksi tahap kedua beasiswa. Yaampun ini tuh ya rasanya susah dideskripsikan yang pasti sedih banget lah. Aku sudah mempersiapkan aplikasi beasiswa ini jauh-jauh hari bahkan beberapa tahun sebelumnya (yang pernah apply beasiswa pasti paham banget ini).

Nangis? Sedih? Ya pastilah, bahkan berhari-hari. Belum lagi perkatan teman-teman yang terkadang buat sakit hati haha, misalnya nih “kamu nggak lolos ya?” (dengan muka sinis) atau “yaampun kamu nggak lolos besiswa itu? Berarti hebat ya si A bisa lolos. Masa kamu nggak lolos sih?” (ngomong dengan muka ngeselin). Dan masih banyak lagi yang lainnya. Ah udah deh mereka sih iya belum pernah daftar jadi nggak tau gimana rasanya kali ya.

Meskipun sedih tapi life must go on. Iyalah ngapain juga sedih terus, toh keadaan nggak akan berubah. Ya walaupun sih masih ada sisa-sisa kesedihan tapi tetap berusaha untuk tersenyum dan cengengesan kalo ketemu orang lain haha fake smile banget.

Beberapa bulan setelahnya ada pendaftaran PPG bersubsidi. Ini sejenis beasiswa parsial gitu. Ada yang tau PPG apa? Itu loh Pendidikan Profesi Guru untuk sertifikasi. Awalnya males ikut soalnya syaratnya buanyaaak banget, soalnya masih trauma sama kegagalan beasiswa :D.

Eh ternyata H-3 pendaftaran ada temen yang bilang kalo syaratnya sekarang cuma scan Ijazah, transkrip nilai dan foto. Yaudah deh aku langsung daftar dan saat lihat pengumuman tahap 1 Alhamdulillah lolos. Tahap 2 tes CAT terdiri dari psikotest, tes Bahasa Inggris Umum dan tes kemampuan bidang. Persiapan aku mepet banget dan hanya mengandalkan ingatan materi kuliah yang masih nyangkut di ingatan, dan Alhamdulillah lolos juga. Terakhir tes wawancara dan Alhamdulilah lolos juga.

Yey! Alhamdulillah meskipun mengunggu pengumuman PPG ini udah kayak nunggu jodoh yang belum dateng juga hahaha. Jadwal pengumuman yang diundur terus tanpa kepastian pasti buat galau bangetlah. Tapi setidaknya lolos PPG bersubsidi ini bisa mengobati kesedihan karena nggak lolos beasiswa S2 haha. Oh ya khusus PPG bersubsidi ini selengkapnya nanti aku bahas di blogpost selanjutnya ya hehehe

2017 ini juga merupakan tahun pertama aku serius jadi blogger dan masuk komunitas Blogger Bengkulu. Sebenarnya aku sudah mulai ngeblog tahun 2013 tapi ya gitu deh nggak jelas dan blog isinya curhatan semua haha. Di tahun ini aku mulai serius dan belajar banget jadi blogger yang baik dan benar :D. Teman-teman di Blogger Bengkulu benar-benar mengajarkan aku banyak hal tentang ngeblog. Mulai dari dasaaaar banget karena aku nggak tahu apa-apa sampai cara menghasilkan uang dari blog. Haha makasih banget loh teman-teman.

Peserta Famtrip Festival Bumi Rafflesia 2017

Oh ya di pertengahan tahun ini aku juga berkesempatan mengikuti Famtrip Festival Bumi Rafflesia 2017 bersama blogger-blogger keren Indonesia. Misalnya nih mbak Ani berta, Kak Pungki Prayitno, Kak Yudha @catatanbackpaker, dll. Banyak belajar juga dari mereka. Oh ya yang paling aku suka dari mereka adalah mereka tetap down to earth meskipun udah keren banget dan pengalaman mereka di dunia blogging dan traveling udah nggak usah diragukan lagi.

Bunga Bangkai

Bunga Rafflesia


Di tahun 2017 ini untuk pertama kalinya aku bisa melihat langsung bunga rafflesia dan bunga bangkai yang kebetulan mekar dalam satu hari yang sama. Kedua bunga ini merupakan bunga endemik yang tumbuh di Bengkulu, namun karena tumbuhnya di dalam hutan dan hanya bertahan beberapa hari jadi tidak semua orang bisa melihat langsung kedua puspa langka ini.


Biasanya saat bunga mekar aku lagi sibuk dan nggak sempat melihat, saat aku punya waktu untuk melihat eh bunganya udah layu. Emang belum jodoh untuk bertemu hahaha..

Well 2017 mengajarkan aku untuk menjadi orang yang pantang menyerah dan harus terus belajar. Tuhan tidak mengabulkan doa kita bukan berarti Dia benci tapi ada sesuatu yang lebih baik untuk kita. Just enjoying every single moment in your life, because it will teach you something. And there is always a reason for something that happened in your life.

Lalu 2018 mau ngapain? Buanyaaak! Yang pasti udah ada di depan mata adalah menyelesaikan kuliah PPG yang bakalan dimulai Februari 2018 dan jadwalnya pun padat banget, senin-jum’at jam 07.30-17.45 dan kalau ada hari libur diganti kuliah ke hari sabtu. Wow lumayan menantang!

Ok then bye and thank you 2017 and welcome 2018! Lets create our awesome journey!






Senin, 18 Desember 2017

5 Trik Buat Backpacker Murah Meriah di Thailand


via. shutterstock.com

Saat ini, banyak promo dari Thai Airways yang dapat membuat liburan ke Thailand jadi lebih murah. Thailand menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang sangat digemari para wisatawan dunia, tidak hanya Asia. Negara Gajah Putih ini banyak disukai karena tidak hanya menawarkan pemandangan alam dan budaya yang indah, namun juga penawaran wisata murahnya yang sangat terjangkau, bahkan untuk para pecinta backpacker sekalipun.

Bagi Anda yang belum mencari tahu promo murah dari Thai Airways, sebaiknya segera cari. Sebaiknya, Anda juga sudah mengetahui kapan akan berangkat agar tidak bingung saat booking tiketnya. Disarankan juga, sebaiknya tanggal keberangkatan berada di bulan low season agar harga akomodasi lainnya, termasuk hotel juga jauh lebih murah. Jika sudah mendapatkan tiket dari Thai Airways dengan tanggal keberangkatan yang juga sudah ditetapkan tersebut, maka tinggal ikuti 5 tips berikut ini agar selama liburan di sana, tidak over budget.

Khaosan Road


via. shutterstock.com

Mencari penginapan murah dengan mudah bisa kita temukan di kawasan Khaosan Road. Bahkan, para bacpacker banyak yang memfavoritkan penginapan di kawasan ini. Walaupun harga per malamnya tidak sampai 200 ribuan, namun penginapan ini terbilang aman dan nyaman untuk ditinggali. Banyak penginapan Thailand di kawasan Khaosan Road ini yang sudah memiliki website resmi dan bisa kita reservasi terlebih dahulu.

Couchsurfing
Jika ingin tempat tinggal yang murah, tinggallah di tempat teman kita di sana. Untuk mendapatkan teman orang Thailand, kita bisa bergabung di Couchsurfing dan menjadi anggotanya. Couchsurfing sendiri merupakan jejaring sosial untuk kebutuhan exchange selama di luar negeri, dan salah satunya dari Thailand. Bergabung di sini, selain mendapatkan tempat tinggal yang murah, pertemanan kit pun jadi lebih luas.

Namun, yang namanya di jejaring sosial pasti tidak sepenuhnya nyata. Sehingga, pastikan kita sudah mencari tahu reputasi dari orang tersebut maupun tempat tinggalnya. Jangan sampai, yang akhirnya kita inginkan menekan biaya malah memakan biaya.

Akomodasi Transportasi
Di Thailand, masih ada transportasi umum yang bisa kita manfaatkan sebagai akomodasi murah selama tinggal di sana, contohnya taksi, bus, dan Bangkok Mass Transit System. Selain ongkosnya murah, naik kendaraan umum memungkinkan kita berinteraksi langsung dengan orang Thailand asli yang sedang melakukan perjalanan menuju atau pulang dari aktivitasnya. Cocok sekali bagi yang berwisata tidak hanya sekedar datang ke tempat wisata tapi juga belajar sosial dan budaya tempat tersebut.



Makan Murah dengan Enak


via. ftlgraph.co.kr

Thailand memiliki banyak makanan yang khas dan enak. Untuk kebutuhan wisata kuliner para wisatawan, di sini banyak ditemukan restoran, pasar, dan pedagang kaki lima khusus yang menjual berbagai makanan tersebut. Jadi, jika ingin cari makanan enak dan murah bisa makan di kaki lima tersebut atau datang ke pasar khususnya. Baik siang atau pun malam hari, tempat makan ini selalu buka.

Wisata Gratis
Pemerintah Thailand termasuk yang sangat peduli pada setiap tempat wisata di negaranya. Sehingga, kepengurusan tempat wisata ini tidak hanya mengandalkan uang dari wisatawan yang datang ke tempat wisata itu saja. Buktinya, Thailand memiliki banyak tempat wisata gratis yang memungkinkan kita masuk ke sana tanpa harus beli tiket dulu. Contohnya, Taman Suan Rot Fai Kuil Wat Hua Krabeu, Bangkok & Art Culture Center, The Corection Museum, dan Baan Silapin Artist’s House. Ada juga Pasar Chatuchak, pasar sekaligus tempat wisata belanja bagi para wisatawan. Sebagai surga belanja, produk di sini murah-murah.


Happy traveling!