Minggu, 22 Oktober 2017

Belajar Mereview Produk Bersama Blogger Bengkulu


    

   Blogger Bengkulu kembali mengadakan kegiatan bulanannya atau yang biasa disebut kelas blogger. Dalam kesempatan kali ini kelas blogger diadakan di Telkom yang berada di simpang lima Bengkulu. Selain itu kelas blogger kali ini terasa lebih menarik karena blogger Bengkulu bekerja sama dengan komunitas Tangan Di Atas (TDA) dan Salimah Food.

    Materi untuk kelas Blogger kali ini yaitu tentang review produk yang disampaikan oleh ketua Blogger Bengkulu, mbak Mildaini dan mbak Ria Fasha. Dalam penyampaian materi kali ini mbak Mildaini menjelaskan tentang mereview produk, mulai dari mencari inspirasi yang bisa didapat melalui testimoni, media cetak, media elektronik, brosur atau website produk maupun mencari informasi di google. Selain itu mbak Milda juga menyampaikan bahwa dalam menulis kita harus memiliki prinsip dan tulisan harus mengandung 5W+1H. Apa itu 5W+1H dan apa saja yang harus ada dalam 5W+1H tersebut? Berikut penjelasannya:
1. What
·         Apa nama produk jasanya
·         Apa yang ditawarkan
·         Jasa apa saja (jenisnya)
·         Sifat Jasanya
2. Where
·         Dimana produk tersebut bisa kita dapatkan
·         Tempat wilayah kerja
·         Dimana jika ingin membeli/ order jasa tersebut
3. When
·         Kapan bisa digunakan
·         Kapan mulai ada/berdiri
·         Kapan bisa diakses
4. Who
·         Siapa yang punya produk tersebut
·         Siapa saja yang bisa mengunakan
·         Siapa sasaran dari produk tersebut
·         Siapa yang sebaiknya menggunakan produk tersebut
5. Why
·         Alasan menggunakan produk
·         Kelebihan dan kekurangan
·         Alasan mengapa baik menggunakan produk tersebut
6. Who
·         Bagaimana cara menggunakan
·         Bagaimana cara mendapatkan
·         Bagaimana cara memesan
    Selain menyampaikan materi tersebut mbak Milda juga menerangkan jika dalam menulis kita harus memperhatikan judul, dimana judul yang kita gunakan harus menarik (maksimal 90 karakter atau 11 kata), menggunakan bahasa yang baik meskipun tidak baku dan tidak mengulang kata. Dalam menulis konten pun kita harus menyampaikannya secara sistematis dan tidak mengulang penjelasan yang sudah dijelaskan. Oh ya dalam mereview kita juga harus memperhatikan produk yang akan direview, jangan sampai kita mereview produk yang haram, tidak sesuai dengan kita dan tidak realistis.

    Sedangkan mbak Ria Fasha dalam kesempatan kali ini menjelaskan tentang cara mereview produk. Dalam mereview sebuah produk kita harus memberikan gambar yang bagus, mengapa? Karena tanpa adaya foto produk yang kita review dianggap sebagai hoax. Selain itu kita juga harus memberikan pengetahuan atau informasi tentang produk. Deskripsi dari produk ini dimulai dari menjelaskan bentuk, ukuran, warna, kandungan dalam produk, dll. Oh ya dalam mereview ini kita juga perlu loh memberikan pengalaman dan bukti kepada pembaca. Yang pertama adalah bukti bahwa kita menggunakan produk tersebut. Kita bisa memberikan gambar saat kita menggunakan produk dan menunjukkan bagaimana cara menggunakan produk tersebut. Kedua kita bisa memberikan bukti hasil setelah menggunakan produk tersebut.
    Nah salah satu yang penting juga kita harus memberikan deskripsi tentang pengguna atau konsumen yang dapat menggunakan produk, karena beberapa produk tidak dapat digunakan oleh semua kalangan atau semua umur. Oh ya satu lagi dalam mereview kita juga harus memberikan penjelasan tentang kekurangan dari produk yang kita review. Karena hal ini dapat membantu brand untuk memperbaiki kualitas dari produk merena.
    Ilmu dalam mereview produk ini tentunya sangat berguna sekali bagi para blogger terutama blogger baru seperti saya. Semoga kedepannya ilmu ini dapat berguna untuk kita semua.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar