Senin, 30 Oktober 2017

Jeruk Kalamansi Sebagai Produk Unggulan Provinsi Bengkulu

    Provinsi Bengkulu memiliki luas wilayah yang sangat luas dengan 9 Kabupaten, 1 kota, 127 kecamatan dan 1524 desa. Ini semua merupakan rentang kendali pemerintah yang sangat luas. Selain itu topografi Bengkulu yang sangat lengkap mulai dari pantai, pegunungan, lembah sampai hutan tentu saja memiliki potensi dan permasalahan yang kompleks. Saat ini jumlah penduduk provinsi Bengkulu berdasarkan data dari dukcapil provinsi tahun 2016 berjumlah 1,9 juta jiwa. Hal ini merupakan aset sekaligus merupakan tantangan bagi provinsi Bengkulu.
    Dalam mengatasi permasalahan yang ada dan untuk pengelolahan potensi yang ada di Bengkulu secara maksimal, pemerintah provinsi Bengkulu merumuskannya dalam 5 program unggulan provinsi Bengkulu. Program-program tersebut antara lain:
1. Pengentasan kemiskinan dan perentasan ketertinggalan
2. Penguatan komoditas unggulan agromaritim dan hiliralisasi
3. Pengembangan infrastruktur strategis dan industralisasi
4.Transformasi birokrasi dan tata kelola pemerintah berbasis ternologi dan informasi
5. Mensukseskan agenda pariwisata daerah visit 2020 Wonderful Bengkulu.

    Salah satu program unggulan provinsi Bengkulu, yaitu penguatan komoditas unggulan agromaritim dan hiliralisasi sangat menarik untuk dikembangkan secara maksimal. Ada 4 produk unggulan yang sedang dikembangkan secara konsisten oleh pemerintah provinsi Bengkulu, yaitu:
1. Jeruk Gerga (Lebong)
2.Pisang Curup
3.Jeruk Kalamansi
4.Udang Vaname
    Sebagian besar dari produk unggulan tersebut hanya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di daerah tertentu di provinsi Bengkulu. Hal ini dikarenakan unsur hara yang terkandung di dalam tanah setiap daerah akan berbeda.
Pohon Jeruk Kalamansi
foto by: jawarafood.blogspot.co.id
    Dari keempat produk unggulan tersebut yang saat ini sudah sangat dikenal masyarakat luas baik masyarakat dari Indonesia bahkan mancannegara adalah jeruk kalamansi. Produk utama dari olahan jeruk kalamansi ini adalah sirup kalamansi. Sirup ini sudah sangat terkenal dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke provinsi Bengkulu. Seperti pengalaman saya saat mengikuti Famtrip Festival Bumi Rafflesia 2017, dimana festival ini mengundang blogger-blogger dari berbagai daerah di provinsi Bengkulu. Saat mencicipi kalamansi ini mereka mengatakan bahwa rasanya enak.
    Untuk mendapatkan produk jeruk kalamansi pun tidak sulit, karena saat ini sudah banyak yang memproduksi dan sudah banyak pula yang menjualnya. Di kota Bengkulu sendiri, produk ini dapat diperoleh dengan mudah di pusat oleh-oleh yang ada di sepanjang jalan Soekarno-Hatta Bengkulu.
    Oh ya, jeruk kalamansi ini sudah dikembangkan di kota Bengkulu, yaitu di daerah Padang Serai Kecamantan Kampung Melayu Kota Bengkulu. Hampir setiap pekarangan atau halaman masyarakat di sana ditanami pohon jeruk kalamansi. Tidak hanya itu, di sana juga sudah ada pusat pengolahan jeruk kalamansi menjadi sirup kalamansi. Program ini mulai dilaksanakan saat kelurahan tersebut diresmikan menjadi kampung digital Jeruk Kalamansi.
Jeruk Kalamansi siap produksi
foto by: jawarafood.blogspot.co.id
Baca juga: Belajar Mereview Produk Bersama Blogger Bengkulu

    Jeruk ini pun memiliki masa produksi buah yang terbilang cepat, yaitu enam bulan setelah masa tanam. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar karena dapat memberikan penghasilan tambahan dan tentunya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Jeruk kalamansi ini telah bersertifikat dan bebas dari zat berbahaya.
Sirup Kalamansi
foto by: @sriihardiyanti

    Selain memiliki rasa yang enak, sirup kalamansi ini memiliki banyak manfaat. Manfaat-manfaat tersebut adalah sebagai berikut:
1. Mencegah penyakit pernafasan
2. Penguat tulang
3. Memacu pertumbuhan
4. Anti Oksidan
5. Memperlancar sirkulasi darah
6. Kaya akan vitamin C
Kalamansi siap minum
Foto by: zefyarlinda.com

     Selain berbentuk sirup, olahan dari sirup kalamansi ini sekarang sudah ada yang siap minum. Dengan begitu, konsumen menjadi semakin mudah untuk menikmatinya. Harga yang ditawarkanpun sangat terjangkau, yaitu hanya sebesar 5 ribu rupiah. Gimana? Kamu tertarik untuk menikmati jeruk kalamansi ini? Yuk datang ke Bengkulu dan beli produknya atau sekarang sudah bisa dibeli secara online loh, jadi kamu bisa dengan mudah untuk membelinya.




2 komentar: