Top Social

Kamis, 02 Mei 2019

SPOTS, Aplikasi Canggih Untuk Pelaku Usaha Makanan


Tahun ini aku senang sekali karena akhirnya aku berhasil lulus kuliah profesi. Kuliah yang waktunya hanya 10 bulan tapi tenaga yang dikeluarkan hampir sama dengan kuliah 4 tahun saat S1. Setelah lulus ini aku memutuskan untuk istirahan dulu 1 semester sebelum nantinya akan bekerja dan melanjutkan kuliah S2.

Berhubung masih punya waktu aku memutuskan untuk jalan-jalan ke Malang awal Maret lalu. Sebenarnya sudah lama aku ingin mengunjungi Malang, namun baru diberi kesempatan tahun ini. Aku ke Malang dengan temanku, dari Jakarta ke Malang kami naik kereta api. Ternyata naik kereta api itu asik juga karena bisa melihat pemandangan tanah jawa sepanjang perjalanan.

Saat di Malang aku menginap di kosan temanku yang tidak jauh dari kampus Universitas Malang. Kami sampai Malang sekitar pukul 10 malam. Berhubung kami belum makan malam akhirnya aku dan temanku memutuskan untuk memesan makanan menggunakan GO-FOOD.

Bicara mengenai warung makan, sekarang sudah banyak yang membuka usaha makanan baik warung makan maupun makanan yang sedang kekinian. Hal ini tentu saja baik, semakin banyak UKM (Usaha Kecil Menengah) maka semakin banyak juga wirausaha yang membuka lapangan pekerjaan.



Terlebih sekarang sudah didukung kemajuan teknologi membuat para pengusaha UKM semakin mudah memasarkan produknya. Selain itu proses penjualan sudah bisa menggunakan sistem digital yang cepat dan praktis, seperti aplikasi SPOTS (Sistem Point Of Sale).

SPOTS merupakan aplikasi kasir yang dapat mempermudah perekapan penjualan. SPOTS ini merupakan perangkat multifungsi dari GOJEK. Aplikasi ini dilengkapi dengan beragam fitur untuk membantu operasional usaha jenis apa pun. Dengan adanya aplikasi ini akan sangat membantu para pengusaha UKM dalam menjalankan usahanya.

Apa Saja Fitur dan Keunggulan Aplikasi Kasir SPOTS?
1. Mengatur Menu

Para pemilik usaha yang menggunakan aplikasi SPOTS bisa mengisi manual atau impor menu GO-FOOD serta jumlahnya, foto, harga hingga kategori menu sesuai kebutuhan. Jika dalam penggunaan aplikasi tersebut ada menu yang habis, maka bisa menonaktifkan sejenak menu tersebut sehingga tidak akan bisa di-klik saat konsumen ingin memesan. Fitur ini juga memberi informasi bagi pemesan online via GO-FOOD.



2. Terima Pesanan GO-FOOD

Saat berlangganan SPOTS kita akan mendapatkan notofikasi real time saat menerima pesanan dari GO-FOOD. Oh ya, notifikasi ini hanya berlaku bagi partner GO-FOOD yang sudah terdaftar ya. Hal ini tentu saja sangat menjadi keuntungan bagi para partner GO-FOOD karena bisa memantau pesanan konsumen melalui aplikasi.

Saat warung tutup diakhir, kita bisa mengetahui berapa banyak pelanggan yang memesan melalui aplikasi GO-FOOD dari GO-JEK serta berapa banyak yang makan di tempat. Oh ya, yang tidak bekerja sama dengan GO-FOOD dan GO-JEK tetap bisa menggunakan aplikasi SPOTS ini kok.

3. Terima Pembayaran GO-PAY

Aplikasi ini dapat menerima pembayaran GO-PAY dengan scan kode QR dan dana akan langsung masuk ke akun GO-PAY penjual. Namun aplikasi ini juga bisa untuk pembayaran nontunai. Saat tutup warung diakhir kita bisa tahu berapa banyak pembayaran melalui GO-PAY. Dengan banyaknya alternatif pembayaran tentu saja akan semakin menguntungkaan dan mempermudah penjual dan pembeli.





4. Mencatat Ragam Tipe Pembayaran

Aplikasi ini akan mencatat dan mengetahui tipe pembayaran yang sering digunakan oleh pelanggan karena aplikasi ini bisa digunakan untuk transaksi tunai dan non-tunai. Dengan begini, penjual bisa mempersiapkan berapa uang tunai yang harus disiapkan untuk persiapan modan dan uang kembalian. Penjual juga tidak perlu menghitung pendapatan secara manual dari pembayaran yang diterima.




5. Cetak Tanda Terima

Aplikasi SPOTS ini sudah dilengkapi dengan printer untuk mencetak resi. Sehingga penjual tidak perlu lagi membeli printer untuk mencetak resi dari penjualan. Bentuknya yang kecil juga bisa menghemat tempat.






6. Mendapatkan Laporan Harian

Aplikasi ini dilengkapi dengan monitor perkembangan omzet melalui rekap yang dapat dipantau melalui aplikasi atau email yang dikirim setiap hari. Sehingga penjual tidak perlu repot lagi melakukan rekap penjualan setiap harinya.







Biaya yang Dibutuhkan untuk Aplikasi SPOTS
Dengan semua keunggulan dan fitur yang sangat membantu para penjual ini tentu akan sangat menguntungkan para pelaku usaha. Untuk biasa menggunakan aplikasi SPOTS ini pelaku usaha harus mendaftar terlebih dahulu di website SPOTS dan mengisi data yang dibutuhkan. Biaya pendaftaran yang harus dibayarkan sebesar Rp 290.000. Biaya ini hanya dibayarkan satu kali saat pendaftaran.

Sedangkan biaya harian untuk pemeliharaan aplikasi, para pengguna SPOTS harus mengeluarkan sebesar Rp 2.900,00 setiap harinya. Biaya ini tentu sangat terjangkau seperti testimoni dari pengguna aplikasi SPOTS berikut:

“Yang paling membantu kami dari penggunaan aplikasi SPOTS ini adalah pembukuan otomatis. Jumlah rupiah dan item sudah tercatat dengan jelas sehingga kami tidak perlu pembukuan manual lagi. Semua outlet franchise kami juga wajib menggunakan SPOTS.”

Spots sangat direkomendasikan untuk para pelaku usaha agar pengusaha di Indonesia dapat menjalankan usaha dengan mudah dan nyaman. Selain itu harga yang harus dikeluarkan juga sangat terjangkau para pelaku usaha UKM. 



#SPOTS #CeritaSPOTS #aplikasikasir

Be First to Post Comment !
Posting Komentar