Top Social

Rabu, 15 Mei 2019

Alasan Pentingnya Website untuk Usaha Online



“kamu sudah lulus kuliah? Sekarang kerja di mana? Berapa gajinya? Anak tante juga sudah lulus kuliah sekarang kerja di perusahaan A jaginya luamyan loh”

Ada yang pernah mendapat pertanyaan begitu baik dari teman maupun sanak  keluarga? Terlebih saat acara kumpul keluarga maupun saat hari raya, pasti banyak yang dihantui pertanyaan-pertanyaan tersebut. Bagiku itu merupakan pertanyaan yang sangat menyebalkan dan mungkin bagi kamu juga.

Di zaman sekarang untuk bekerja tidak harus menjadi menjadi pekerja di sebuah kantor atau perusahaan, banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang. Tentunya yang sangat dibutuhkan adalah keterampilan, inovasi serta kreativitas.

Membuka usaha sendiri menjadi salah satu pilihan yang paling tepat ditengah minimnya jumlah lapangan pekerjaan dan semakin banyaknya jumlah pencari kerja. Selain mengurangi jumlah pencari kerja, membuka usaha sendiri juga bisa membuka lapangan kerja untuk orang lain. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah berjualan.

Saat ini sudah banyak yang membuka usaha dengan berbisnis. Mulai dari pelajar hingga dewasa banyak yang sudah berbisnis. Seiring berkembangnya teknologi, bisnis saat ini dapat dilakukan dengan lebih mudah, yaitu berbisnis online. Bisnis secara online ini tentu saja memiliki banyak keuntungan, salah satunya menghemat waktu dan tenaga.

Bisnis online tidak hanya untuk perusahaan-perusahaan besar saja, namun dapat dilakukan siapa saja mulai dari bisnis rumahan, UMKM bahkan bisnis perseorangan. Dengan semakin berkembangnya bisnis online ini semakin lama semakin banyak orang yang membuka bisnis serupa. Dengan demikian semakin besar pula persaingannya.

Berbicara tentang bisnis online, tentu kita membutuhkan website dan tentu juga hosting agar website kita dapat diakses. Ibaratnya website ini merupakan toko, sedangkan hosting adalah orang yang menyewakan toko. Untuk kepentingan tersebut, Qwords merupakan salah satu penyedia sewa hosting Indonesia yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dalam dunia bisnis online, website ini suka lagi sesuatu yang baru, namun sudah menjadi keharusan.

Kamu pasti tahu fungsi toko yang digunakan untuk berjualan secara konvensional. Nah hal ini sama seperti website. Website akan menjadi toko tempat memasarkan produk sekaligus tempat untuk mendapatkan informasi terkait produk yang dijual, mulai dari harga hingga informasi detail produk. Website ini digunakan sebagai etalase toko, dimana kita bisa mengatur etalase toko sesuai kehendak kita jika memiliki website sendiri. Tentu saja hal ini akan berbeda jika kita menumpang pada website milik orang lain karena kita tidak bisa mengatur sesuai kehendak kita.

Selain itu kita juga bisa mengatur dan mengkontrol sendiri konten apa yang ingin kita tampilkan pada website. Konten-konten yang ada pada website kita akan sangat berguna bagi konsumen yang akan membeli produk yang kita tawarkan. Baik konten berupa deskripsi produk, brosur, maupun press release yang berhubungan dengan usaha yang kita miliki.

Kita bisa memberikan informasi sesuai dengan yang diinginkan sebagian besar konsumen kita. Karena lebih dari 50% konsumen akan mencari produk online di website resmi karena lebih terpercaya dibandingkan online marketplace lainnya.

Ketika akan membeli produk secara online kita sering mencari referensi di google. Bukan hanya sebagian kecil konsumen yang melakukan ini, namun lebih dari 80 persen akan melakukan riset terlebih dahulu. Untuk produk yang telah memiliki website sendiri tentu yang pertama muncul di mesin pencarian google adalah website resmi produk tersebut. Hal ini juga akan berlaku pada bisnismu. Produk yang kamu tawarkan akan semakin besar berkesempatan muncul pada hasil pencarian google jika memiliki website sendiri karena kita bisa memiliki domain sesuai produk yang kita jual.

Oh ya memiliki website untuk usaha sendiri ini bisa menjadi aset untuk kita. Ketika menjual produk di website orang lain pastinya kita harus mengikuti aturan main pemiliknya yang mungkin ada yang tidak kita suka. Namun saat memiliki website sendiri kita bisa bebas dan lebih leluasa mengatur sesuai kehendak dan gaya kita sendiri.

Selain itu untuk kepuasan konsumen kita bisa menyediakan Contac Person (CP) dan Frequently Asked Question (FAQ). Dengan demikian kita bisa lebih mudah mengkontrol bisnis yang kita miliki. Tentunya dengan memiliki website sendiri ini kredibilitas dari bisnis yang kita miliki semakin baik. Coba bayangkan jika sebuah produk tidak memiliki website resmi, tentu orang akan ragu membeli produk kita.

Oh ya, kamu kalau kamu serius menjalankan bisnis online, kamu tidak perlu takut rugi untuk memiliki website sendiri. Kenapa? Karena ini sangat cocok untuk jenis usaha online apapun, baik produk barang maupun jasa. Selain itu saat ini banyak orang yang membuka bisnis online sudah memiliki website sendiri. Jadi jangan ragu untuk memiliki website bagi kamu yang memiliki usaha online.


Be First to Post Comment !
Posting Komentar