| Persiapan untuk Liburan 4 kota dalam 7 Hari | Puspita Yudaningrum - Blogger Traveling and Lifestyle

Top Social

Senin, 01 Juli 2019

Persiapan untuk Liburan 4 kota dalam 7 Hari


puspitayudaningrum.com

Salah satu bucket list aku ditahun 2019 ini adalah jalan-jalan ke Bromo dan Alhamdulillah sudah tercapai di awal Maret lalu. Awal 2019 aku dan dua orang temanku (Eka dan Iik) kebetulan sedang ngumpul di salah satu tempat makan di Bengkulu. Saat sedang asik ngobrol, temanku yang bernama Eka ngomong kalau ingin cuti kerja di bulan Maret dan ingin liburan. Langsung deh aku refleks bilang “ayok kita jalan-jalan”.

Awalnya Eka mau liburan ke Bandung, tapi aku mengusulkan untuk ke Jogja dan Malang. Setelah berbagai macam pertimbangan akhirnya kami memutuskan untuk liburan ke Jakarta, Bandung, Jogja dan Malang. Kebetulan kami punya waktu liburan dari tanggal 2-10 Maret. Lumayan sekali untuk digunakan liburan.

Setelah pertemuan tersebut aku dan Eka mulai merencanakan semua hal yang yang berhubungan dengan rencana liburan kami, mulai dari budget, tiket hingga destinasi liburan. Salah satu yang sangat menjadi pertimbangan kami adalah akomodasi yang akan digunakan dari mulai Bengkulu hingga kota-kota yang akan kami kunjungi, mengingat harga tiket pesawat domestik yang mahal.

Pada blogpost kali ini aku akan menjelaskan persiapan yang kami lakukan untuk perjalanan selama 7 hari di 4 kota. Semoga bisa menjadi referensi kamu jika ingin jalan-jalan dengan budget yang tidak terlalu besar.

1. Destinasi
Setelah berbagai pertimbangan, aku dan temanku memutuskan untuk  jalan-jalan di 4 kota (Jakarta-Jogja-Malang-Bandung). Untuk masing-masing kota kami sudah menargetkan destinasi wisata apa saja yang wajib untuk kami kunjungi. Mengingat waktu yang kami miliki sangat terbatas untuk mengunjungi 4 kota ini, jadi harus memiliki destinasi wajib yang harus dikunjungi.
Jakarta: Kota Tua
Jogja: Tamansari, Keraton dan Prambanan
Malang: Batu dan Bromo
Apakah semuanya berhasil kami kunjungi? Tunggu dipostingan berikutnya yaa :D.

2. Tiket
Seperti kita ketahui harga tiket domestik saat ini yang melonjak tinggi jadi untuk meminimalisir biaya tiket kami memutuskan menggunakan pesawat hanya dari Jakarta-Bengkulu dan sebaliknya. Selanjutnya perjalanan dari satu kota ke kota lainnya kami menggunakan kereta api.

Dalam perjalanan kemarin kami lebih dahulu membeli tiket kereta api. Hal ini dikarena harganya yang stabil. Selain itu untuk jaga-jaga agar tidak kehabisan tiket, mengingat perjalanan kami saat akhir pekan jadi kemungkinan penumpang kereta api akan banyak.

Sedangkan tiket pesawat masih naik turun pada saat itu, sehingga kami membelinya sekitar dua minggu sebelum perjalanan. Alhamdulillah untuk tiket pesawat kemarin sedang ada promo jadi bisa lumayan menghemat dana.

3. Waktu
Estimasi waktu selama liburan menjadi salah satu yang sangat harus diperhatikan. Jangan sampai salah perhitungan waktu malah liburan menjadi terburu-buru dan kacau. Perhitungan waktu ini juga harus disesuaikan dengan lamanya waktu selama di perjalanan. Perjalanan kami kemarin dihabiskan dengan rincian waktu sebagai berikut;
Bengkulu-Jakarta (Pesawat): 30 menit
Jakarta: 1 hari
Jakarta-Jogja (keteta api): 8 Jam
Jogja: 2 hari
Jogja-Malang (Kereta api): 10 jam
Malang: 3 hari
Malang-Surabaya (kereta api): 3 jam
Surabaya-Bandung (kereta api): 18 jam
Bandung: 1 hari
Bandung-Jakarta: 3,5 jam
Jakarta-Bengkulu(Pesawat) 30 menit

4. Budget
Perhitungan budget selama perjalanan sangatlah penting. Jangan sampai tujuan liburan malah menjadi susah karena kehabisan uang. Selama perjalanan di 4 kota selama 7 hari kemarin aku mempersiapkan dana sekitar 4 juta. Banyak banget! Untuk apa saja? Ya semuanya termasuk tiket + oleh-oleh pastinya.

Fyi untuk seluruh tiket pesawat dan kereta dari Bengkulu dan kembali lagi ke Bengkulu kemarin menghabiskan dana sekitar 2.131.000. Bisa dibayangkan kan setengah dari budget traveling ini habis untuk tiket saja.

Alhamdulillah perjalanan kami kemarin tidak terlalu banyak ‘drama’ dan masalah. Semuanya bisa teratasi dengan baik. Well itu tadi persiapan kami sebelum melakukan perjalanan ke 4 kota selama 7 hari. Pada postingan berikutnya aku akan menjalaskan lebih rinci mengenai destinasi wisata, harga tiket serta rincian dananya. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian ya :)

Be First to Post Comment !
Posting Komentar