| Asus Zenbook 13/14/15", Laptop Ringkas dan Ringan dengan Performa Tangguh | Puspita Yudaningrum - Blogger Traveling and Lifestyle

Top Social

Minggu, 14 April 2019

Asus Zenbook 13/14/15", Laptop Ringkas dan Ringan dengan Performa Tangguh



“Pit, awal April kita traveling yuk. Udah lama gak backpacker an”
“Ke mana?” Jawabku
“Keliling Jawa yuk. Kan belum pernah tuh”
“Ayok!”

Begitulah percakapan aku dan Eka saat kami ngumpul pada awal tahun 2019. Tentu saja aku sangat tertarik dengan ajakannya, selain sudah lama tidak traveling karena sibuk harus menyelesaikan kuliah, saat ini aku juga masih punya waktu sebelum nantinya akan melanjutkaan kuliah pascasarjana.

Beberapa hari setelah itu kami mulai menyusun itinerary mulai dari kota dan destinasi wisata yang akan dikunjungi hingga akomodasi yang akan digunakan selama traveling. Setelah mempertimbangkan beberapa hal, akhirnya kami memutuskan traveling ke Jogja, Malang, dan Bandung. Berhubung harga tiket pesawat domestik saat ini mahal, akhirnya kami memutuskan untuk naik pesawat PP Bengkulu-Jakarta dan selebihnya naik kereta api.

Hari yang kami tunggu pun tiba dan saatnya packing. Karena perjalanan kali ini akan pindah-pindah kota dan banyak naik kereta, aku memutuskan untuk membawa backpack karena menurutku akan lumayan merepotkan jika membawa koper.

Traveling kali ini aku harus membawa laptop karena ada pekerjaan yang tetap harus dikerjakan. Beberpa hari yang lalu aku baru saja tandatangan kerja sama dan mengharuskanku untuk menulis 2 artikel setiap dua hari sekali. Ditambah lagi artikel untuk blog sendiri yang hampir setiap hari ada deadline yang harus dikerjakan.

Setelah aku pertimbangkan, tidak mungkin jika laptop aku masukkan di backpack bersama dengan baju-baju karena laptopku lumayan besar dan berat. Jadi aku memutuskan untuk membawa satu tas ransel untuk laptop. Karena harus membawa laptop, beban yang harus bawa saat traveling kali ini lumayan berat.

Pejalanan menggunakan pesawat Bengkulu-Jakarta hanya 1 jam sehingga aku tidak mengeluarkan laptopku untuk bekerja. Setelah tiba di Bandara Soekarno-Hatta kami melanjutkan perjalanan ke Stasiun Pasar Senen, karena akan melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta menggunakan kereta api. Perjalanan ini menghabiskan waktu sekitar 8 jam.

Berhubung perjalanan lumayan lama, aku memutuskan untuk membuka laptop dan kerja karena ada tulisan yang harus aku selesaikan hari itu. Begitupun saat perjalanan kereta dari Jogja-Malang dan Malang-Bandung selalu  aku gunakan untuk bekerja. Untungnya di kereta bisa men-charging laptop, kalau tidak waah bisa bahaya karena baterai laptopku tidak tahan lama.

Demi bisa jalan-jalan dan tetap kerja, mau tidak mau aku harus membawa laptop kemanapun. Waktu itu aku sempat berfikir, seandainya aku punya laptop yang ringkas, ringan serta baterai yang tahan lama jadi mudah untuk dibawa kemana-mana. Laptop impian aku itu ternyata ada loh dan terjawab saat acara Zenbook Blogger Gathering.

Keseruan Acara Zenbook Blogger Gathering
Acara ini diadakan hari Sabtu, 6 April 2019 di Grage Hotel Bengkulu. Yang paling membuat aku senang adalah kedatangan mbak Katerina @travelerien. Mbak Kate ini salah satu travel blogger favorite aku. Selain itu, beliau juga content writer di beberapa majalah maskapai. Aku sudah lama berteman di instagram, namun belum kenal secara langsung. Kamu mau tahu perjalanan traveling mbak Kate? Kepoin deh instagramnya. Oh ya, selain mbak Kate ada kak Anjas Maradita @anjas_maradita, youtuber terkenal itu loh dengan channel youtube daunnet.


Biasanya gathering blogger yang pernah aku ikuti selalu diadakan di dalam ruangan, namun kali ini berbeda karena ada city tour. Setelah dari Grage Hotel, kami melanjutkan tour ke Benteng Malborough dan diakhiri makan malam di Aloha Resto.

Oh ya di acara Zenbook Blogger Gathering ini aku jadi tahu bagaimana pengalaman mbak Kate selama menjadi travel blogger. Selain itu beliau juga memberikan tips untuk mendapatkan foto yang tidak bisa saat foto ditempat yang biasa digunakan orang berfoto. Wah asik nih, setelah ini langsung diterapin deh ilmunya.

Setelah pemaparan dari mbak Katerina, dilanjutkan dengan kak Anjas yang menjelaskan tentang spesifikasi dari Zenbook UX333 (13 inch), UX433 (14 inch) dan UX533 (15 inch). Sebagai content creator dan youtuber yang sering menggunakan perangkat laptop dalam bekerja, kak Anjas sangat paham dengan spesifikasi Zenbook yang ia jelakan. Dan tentu saja Zenbook ini sangat cocok untuk para conten creator dan orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi.

Saat mendengarkan penjelasan dari kak Anjas aku sangat terkesima dengan keunggulan dari Asus Zenbook 13/14/15” yang menjadi the world smallest laptop ini. Mau tahu apa saja keistimewaan dari Asus Zenbook 13/14/15” ini? Sini deh aku jelasin.

Keistimewaan Zenbook 13/14/15”
Ringkas dan Ringan

Berbicara tentang laptop yang ringkas dan ringan, tentu menjadi dambaan para traveler atau pekerja dengan mobilitas tinggi. Jadi ingat waktu traveling kemarin aku sempat memakai koyok karena pundak terasa sangat sakit keberatan membawa backpack berisi baju dan ditambah lagi laptopku yang besar dan berat. Tentu saja ini lumayan menyiksa guys!

Saat asus blogger gathering lalu kak Anjas sempat bertanya, “Coba tebak ini berapa inch? (sambil memegang laptop)”.
Dengan percaya diri kami menjawab, “13 inch”.

Ternyata jawaban kami salah, karena laptop yang dimaksud kak Anjas berukuran 14 inch. Kok bisa sih 14 inch kecil begitu? Yup bisa! Karena Zenbook sudah menggunakan teknologi NanoEdge Display yang membuat bazel pada empat sisi layar laptop dapat dibuat hanya dengan ukuran 2,8-5,9 milimeter. Ukuran ini tentu saja jauh lebih kecil dibandingkan laptop konvensional lainnya dengan bazel bisa mencapai 20 milimeter.

Selain ringkas, Zenbook 13/14/15” ini sangat ringan. Pertama kali memegang laptop ini aku agak terkejut karena baru kali ini memegang laptop ringan, beda sekali dengan laptop yang biasa aku gunakan. Zenbook 13” memiliki ketebalan 1,69 mm dan bobot 1,19 kg. Zenbook 14” memiliki ketebalan 1,59 cm dengan bobot 1,19 kg. Sedangkan Zenbook 15” memiliki ketebalan 1,79 cm dan bobot 1,67 kg.

Bagaimana? Ringkas, ringan dan tipis juga kan? Sangat cocok sekali dibawa kemana-mana dan tidak menghabiskan space.

Tahan Banting
Saat traveling ataupun harus berpindah-pindah terkadang kita khawatir jika laptop terbentur. Bahkan saat kuliah pernah ada kejadian laptop temanku jatuh dari atas meja dan langsung mati total. Wah bahaya kan yaa.

Tapi tenang saja! Asus Zenbook ini sudah didesain dengan standar Military-Grade MIL-STD 810G yang sudah terbukti handal dan memiliki daya tahan yang sudah teruji. Selain itu, Zenbook ini sudah lulus berbagai pengujian ekstrim seperti uji terhadap ketinggian, suhu (baik tinggi maupun rendah), goncangan serta bantingan.
Nah untuk aku yang sering berpergian dan kadang terburu-buru, Zenbook ini sangat cocok sekali.

Baterai Tahan Lama
Kamu pasti kesal saat sedang berada di luar ruangan namun mengharuskanmu bekerja tapi laptopmu cepat habis baterai dan tidak ada tempat untuk men-charging laptop. Sebagai seorang blogger yang sering bepergian ke luar kota dan bekerja dimanapun tentu aku pernah merasakannya. Apalagi saat menjadi mahasiswa kemarin.

Tapi sekarang kamu tidak perlu khawatir, karena Asus Zenbook memiliki ketahanan baterai yang sangat handal, yaitu 14 Jam untuk Zenbook 13” dan 14”, Serta  16 jam untuk Zenbook 15”. Tentu saja laptop ini sangat cocok digunakan untuk bekerja seharian dimanapun.

Performa tangguh
Prosessor Handal
Zenbook terbaru ini sudah menggunakan prosessor Intel Core generasi ke-8 dengan RAM 16 GB. Ruang penyimpanannya juga besar dan tidak membuat performa menjadi lambat karena sudah menggunakan M.2 NVMe PCIe SSD dengan kapasitas hingga 512GB.

GPU NVIDIA GeForce MX 150 tersedia untuk Zenbook 13” dan 14”. Sedangkan untuk Zenbook 15” menggunakan GPU yang lebih kencang, yaitu NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q yang dapat diandalkan untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa grafis ekstra, misalnya saja mengedit video. Dengan teknologi ini menjadikan laptop ini sosok digunakan sehari-hari, baik untuk bekerja, membuat konten, hingga bermain game.

Resolusi Layar Full HD
Layar pada Zenbook 13/14/15 ini sudah menggunakan resolusi Full HD (1920x1080 pixel) dengan tingkat reproduksi warna yang tinggi, yaitu mencapai 100% dalam color space sRGB. Oh ya, layar tersebut juga memiliki sudut pengelihatan yang sangat lebar loh, yaitu mencapai 178 derajat dan dilengkapi dengan berbagai teknologi visual eksklusif seperti ASUS Splendid dan ASUS Tru2Life Video untuk pengalaman visual yang sempurna.

ErgoLift Design

Teknologi ini membuat body Zenbook terangkat dan membentuk sudut 3 derajat dengan sudut bukaan maksimum 145 derajat sehingga menjadi semakin ergonomis dan nyaman. Dengan body yang terangkat, laptop ini memiliki rongga ekstra di bawah body ketika digunakan sehingga sirkulasi udara semakin lancar dan membuat suhu komponen menjadi lebih bertenaga. Selain itu, rongga tersebut membantu speaker pada laptop menghasilkan performa audio yang sangat baik.

Backlit Keyboard & NumberPad

Asus Zenbook ini dirancang full-size backlit keyboard agar penggunanya semakin nyaman saat mengetik. Laptop ini menggunakan key travel sejauh 1,4 milimeter, setiap tombol pada laptop ini terasa sangat nyaman saat ditekan. Selain itu teknologi LED backlit menjadikan laptop ini tetap nyaman digunakan meskipun dalam keadaan gelap.

Zenbook 13” dan 14” dilengkapi dengan fitur unik NumberPas, yaitu tombol yang terintegrasi dengan touchpad. Sedangkan Zenbook 15” dilengkapi dengan tombol numpad fisik. Fasilitas ini sangat membantu kita saat harus berurusan dengan angka-angka.

Konektivitas Lengkap

Saat bekerja menggunakan laptop tentu saja kita membutuhkan konektivitas yang cepat dan lengkap. Zenbook 13/14/15 ini hadir melengkapi kebutuhan kamu. Laptop ini dilengkapi dengan dual-band WiFi 802.11ac (2x2) untuk koneksi yang cepat dan stabil. Selain itu dilengkapi pula dengan Bluetooth 5.0 yang bisa digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat eksternal. Oh ya, laptop ini juga dilengkapi dengan serangkaian port, mulai dari USB Type-A dan Type-C yang memiliki kecepatan tranfer data hinggaa 10Gbps. Selain itu ada juga HDMI, hingga combo-audio jack untuk kebutuhan data, audio dan video. Wah lengkap sekali bukan?

Keamanan Terjamin
Kamu pernah mengalami laptop “dibobol” teman meskipun sudah menggunakan password? Lalu apa sistem keamanan yang dimiliki Zenbook?
Zenbook sudah menggunakan sistem pengenalan wajah (face recognition) yang terintegrasi dengan Windows Hello.

Dengan sistem keamanan ini pengguna tidak perlu memasukkan password lagi karena sistem pengenalan wajah ini menggunakan kamera infra merah khusus yang dapat memindai wajah secara akurat. Bahkan kamera di seri Zenbook terbaru ini masih bisa mengenali wajah penggunanya meskipun menggunakan topi atau kacamata. Wah pastinya akan aman tanpa bisa “dibobol” orang lain dong yaa.

Bagaimana? Keren kan Zenbook 13/14/15” ini? Laptop ini sangat cocok untuk kamu para traveler, content creator serta orang-orang yang bekerja dengan mobilitas tinggi. 


29 komentar on "Asus Zenbook 13/14/15", Laptop Ringkas dan Ringan dengan Performa Tangguh"
  1. Memang mantab banget ya dek laptopnya. Kepengen punya yg 13 inch deh.
    Pasti asik banget kalo bisa bawa laptop kemana-mana tanpa beban berat. Tinggal masukin dalam tote bag terus beres. Wah happynya!

    BalasHapus
  2. Keren bangeeet zenbooknya! Aku juga pengen punya deh, maklum kerjanya harus bawa krucils. Jadi pengen yg nuat di backpack isi diaper juga. Hahaha..

    Btw ini harga berapa sih mba?

    BalasHapus
  3. Laptopnya keren banget, emang benar-benar ringan, tipis pula. Jadi enteng banget dibawa bepergian kemana-mana

    BalasHapus
  4. Laptop ini bikin mupeng banget yaa. Ringkas, ringan, mudah ditenteng kemana - mana.. Asus memang selalu inovatif produk2nya :)

    BalasHapus
  5. Beuh, itu kok mousepadnya bisa ngeluarin angka plus nyala gitu. Keren nih acaranya pake City Tour segala, berasa gathering gak cuma ngumpul :)

    BalasHapus
  6. Wah Mba, spesifikasi laptopnya kok menggiurkan banget ya. Saat ini memang yang paling dicari adalah laptop yang ringan dengan baterai yang tahan lama. Saat ini Asus Zenbook 13" sudah ada di pasaran belum ya?

    BalasHapus
  7. Asli keren dek, kalau ntar ada rezekinya mau juga punya

    BalasHapus
  8. Woow...
    Keamanan ini penting.

    Buat yang suka nyimpen masa lalu terutama.
    Hahaha..

    Gak diink..
    Aku memang uda kagum sama inovasi ASUS ini.
    Yang penting memang ringan, tahan banting dan baterai tahan lama.

    BalasHapus
  9. Iiihh, Bengkulu asyik bangeettt bisa didatangi mba Kate dan Kak Anjas.
    Moga2 ASUS yg keren ini mampir #Surabaya juga
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  10. Zenbook 13, 14 dan 15" ini memang luar biasa, ya. Bobot ringan, bisa masuk tas traveling tanpa harus tambahan tas khusus laptop. Ringan, ringkas dan memiliki kualitas oke.

    Wah.. Kalau udah pakai face untuk membuka kunci laptop, bisa dijamin aman nih. Laptop enggak bakalan kebobolan. Jadi data-data penting tak ke mana-mana.

    BalasHapus
  11. Aku ngidam banget si zenbook ini dah sejak lama. Semesta aja belum berpihak. Wkwkwk. Kudu sabarrrr.

    BalasHapus
  12. Hanya ada dlmimpi x ya utk bisa memiliki laptop Zenbook thpe ini. Pastinya gak seberat laptopku yg sekarang, beratnya (super beratlah) bisa digantikan oleh Zenbook yg pastinya tipis, ringan dan cocok buat dibawa dlm tad oleh blogger lansia. #cumamimpikelles

    BalasHapus
  13. Keren banget memang ya zenbook ini... Laptop idaman saya juga nih, pengen yg 14 inci, huhuhu...

    BalasHapus
  14. laptop zaman now mah gitu ya, canggih dan kerennya kebangetan, hahaa!!
    kalau aku lebih suka yang ringan-ringan, soalnya buat bepergian pasti ada yang membuntuti. Siapa lagi kalau bukan anak? Ehehe, bawaan banyak juga gak kerepotan dong kalau laptopnya seringan Zenbook 13 inch.

    kata-kata terakhir...

    mau banget punya zenbook 13 inch ah.. semoga rejeki

    BalasHapus
  15. Masih jadi laptop impianku ini huhu mupeng sangat, terutama karena tipis dan ringkas jadi mudah diangkut kemana-mana ya

    BalasHapus
  16. Keren banget dek. Asli!
    Zenbook 13/14/15” semuanya bikin naksir. Cocok banget buat nemenin bikin konten di mana aja, kapan aja yaa :)

    BalasHapus
  17. aah mau banget mba punya kaptp yang ringkas dan ringan seperti ini, kemana-mana masih bisa ngeblog ya

    BalasHapus
  18. Wah mba.. Sistem pengamanannya bagus ya.. Aku pernah dulu kebobolan pasword.. Akibatnya catatan curhat n foto pribadi keliatan. Duh malunya.

    BalasHapus
  19. wahh pas banget lagi nyari laptop trus nemu ini. laptop ringan dan mumpuni memang penting banget u orang2 yang mobilitas tinggi yaa mba

    BalasHapus
  20. pas banget nyari laptop trus nemu tulisan ini. bener banget tuh...berat and spek laptop penting untuk yg mobilitas tinggi kayak kita ini

    BalasHapus
  21. Laptopnya tipis tapi sudah terstandard Military-Grade MIL-STD 810G yang sudah terbukti handal dan memiliki daya tahan yang sudah teruji, ya, Mbak. Memang ASUS gak main-main kalo ngeluarin laptop.

    BalasHapus
  22. benar-benar ringkas bisa dibawa dengan ringan ya, specnya juga cukuplah untuk blogger kayak aku. Butuh banget dan pengen beli kalau ada rejeki, Aamiin

    BalasHapus
  23. INi nih laptop yang bikin aku ngileeeer sampe hari ini. Tangguhnya, tahan lamanya, canggihnya, tahan bantingnya, ringkesnya, hingga cakepnya, bikin aku mupeeeeng.

    BalasHapus
  24. Oke banget memang yang satu ini.. all of the specifications are powerful

    BalasHapus
  25. iya ya, 14 inch tapi keliatan mungil. mana ringan pula.
    cocok banget buat dibawa traveling atau ke kantor tiap hari. bahu nggak capek bawanya

    BalasHapus
  26. Pengen deh punya Asus ini, tapi harus nabung dulu. Bagus banget dan Asus tahan lama.

    BalasHapus
  27. Semoga tercapai memiliki laptop idaman ya Puspita. Aamiin.
    Ulasannya menarik. Terima kasih banyak sudah berpartisipasi di event blogger gathering. Good luck ya :)

    BalasHapus
  28. This laptop is very handy and soul sand. I can imagine it must be everyone’s favorite because it’s very handy and a performance is excellent

    BalasHapus
  29. Beneran ringan dan mudah dibawa kemana mana.
    Sampai sekarang saya masih jatuh hati sama Zenbook Asus

    BalasHapus