Top Social

Selasa, 20 Maret 2018

Menu Piring Bergizi Seimbang So Good dalam Bekal Makanan yang Simple


Kesehatan itu mahal!
Kalimat itu yang sering sekali aku dengar dari ibu jika aku malas makan dan mengabaikan kesehatanku. Sejak kuliah lagi dan mengambil program profesi, aku sering tidak sempat makan.

Kenapa? Karena durasi kuliah yang lumayan sangat panjang dan waktu istirahat yang tidak terlalu banyak membuatku tidak memiliki banyak waktu untuk makan di kantin kampus atau di luar.

Bagaimana tidak, kami kuliah dari jam 07.30- 17.30 dengan waktu istirahat hanya 1 jam (jam 12-13.00) mengharuskanku untuk bisa membagi waktu istirahat untuk makan dan solat. Jika mau makan di kantin kamus atau warung makan dekat kampus, tentu dong membutuhkan waktu untuk ke sana dan mengantre makanan. Sehingga lebih sering makan snack saja.

Karena hal inilah aku sempat sakit tifus dan maag beberapa hari lalu. Tentu dong karena tidak sehat semua kegiatan tergangggu. Aku jadi tidak bisa masuk kuliah dan tugas-tugas kuliah yang seharusnya dikumpulkan pun jadi terbengkalai.

Nah sejak saat itu aku harus benar-benar manjaga kesehatan. Oh ya, aku punya beberapa tips nih untuk menjaga kesehatan bagi akan kuliahan yang sibuk dengan urusan kuliah.

1. Olahraga teratur
Sebagai mahasiswa dengan segudang kesibukan, terkadang kita tidak memiliki waktu untuk kuliah. Tapi kita tetap bisa kok berolahraga secara teratur dipagi hari setelah sholat subuh atau sebelum berangkat ke kampus.

2. Mengkonsumsi vitamin
Dengan aktivitas yang sangat banyak, kita butuh loh mengkonsumsi vitamin agar kondisi kesehatan tidak drop saat harus mengerjakan kegiatan dan tugas kuliah yang banyak.

3. Membawa bekal

Nah ini nih, sesibuk apapun kegiatan yang harus kita jalanin, kita tidak boleh lupa makan. Salah satu caranya adalah dengan membawa bekal sendiri dari rumah. Hal ini juga yang sekarang aku lakukan agar makan tetap teratur.

Tapi salah satu yang menjadi masalah adalah waktu masuk kuliah yang pagi (07.30) dan jarak rumahku yang lumayan jauh dari kampus (sekitar 45 menit), membuatku harus lebih awal lagi berangkat dari rumah agar tidak terlambat.

Loh terus masak untuk bekalnya kapan dong? Hmm bisanya sih sebelum subuh udah bangun untuk masak. Tapi ya gitu deh, karena waktu yang sangat singkat jadi selalu masak makanan yang simple untuk bekal ke kampus. Eh tapi makanan yang simple bukan berarti tidak sehat loh ya.

Biasanya menu apa sih yang sering dimasak? Karena ibuku adalah orang yang sangat memperhatikan gizi dalam makanan yang dikonsumsi anak-anaknya, jadi beliau sangat perhatian dengan gizi seimbang pada makanan.

Oh ya sebelum itu, apa sih gizi seimbang itu? Gizi seimbang adlaah makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Bisa dibilang gizi seimbang ini adalah 4 sehat 5 sempurna.

Slogan Piring Gizi Seimbang adalah slogan dari kemenkes untuk mengajak masyarakat Indonesia peduli akan pola makan sehat. Piring Gizi Seimbang ini adalah penyempurnaan dari slogan 4 Sehat 5 Sempurna sebagai slogan pedoman gizi seimbang yang dilaksanakan oleh pemerintah sejak tahun 1955.

Nah balik lagi ke menu bekal makanan yang simple dan bergizi seimbang nih. Kali ini aku mau berbagi tentang menu piring gizi seimbang untuk bekal yang sering aku bawa ke kampus, yaitu nasi sayur ayam so good.

Komposisi bekal makanan:
a. Nasi yang mengandung karbohidrat
b. Sayur tumis sawi. Aku memilih sayur ini karena masaknya mudah dan cepat
c. Lauk-pauk. Aku suka banget ayam so good, biasanya ayam ini aku goreng.
d. Buah-buahan. Aku biasanya memilih pisang, karena pada dasarnya aku suka banget makan pisang hehe.
e. Air putih/mineral.

@sogoodid

Kenapa harus so good? Karena produk-produk So Good ini berkualitas tinggi & terjamin mutunya, jadi bisa menjadi solusi bagi keluarga Indonesia untuk kebutuhan protein yang baik. Upaya So Good melindungi kebaikan protein alami dimulai dari memastikan proses peternakan yang baik, diproduksi dengan teknologi modern standar internasional hingga sampai di meja makan konsumen seluruh Indonesia.
Nah itu tadi menu piring gizi seimbang so good yang menjadi bekal simple dan bergizi yang aku bawa ke kampus. Bagaimana dengan menu kreasi so good kamu?


Artikal ini akan diikutsertakan di dalam Lomba Blog Kreasi Menu Gizi Piring Seimbang So Good
#BPNxSoGoodPiringGiziSeimbang

2 komentar on "Menu Piring Bergizi Seimbang So Good dalam Bekal Makanan yang Simple "
  1. Berkualitas tinggi dan terjamin mutunya, ini kunci pentingnya ya, Mbak, kenapa memilih so good.

    BalasHapus
  2. So Good kesukaan Piridi. Gampang, cepet, dan praktis. Tinggal goreng. Rasanya juga enak

    BalasHapus