Top Social

Senin, 12 Maret 2018

Menghadapi Sindrom Ujian Sekolah Dengan Rumah Juara



Hallo Semuaa… Kali ini aku mau membahas tentang segala perasaan (duh) yang akan dirasakan menjelang ujian.

Stres, tegang, gelisah, panik, khawatir dan takut menghadapi ujian merupakan gejala psikologis yang kerap muncul menjelang hari ujian sekolah. Kepanikan tersebut bisa jadi muncul karena ketidaksiapan siswa dalam menghadapi ujian. Gejala -gejala tersebut tentu perlu dicermati dan diatasi secara tepat, baik oleh diri siswa sendiri, orang tua maupun guru.

Keberhasilan dan kesuksesan anak ketika belajar di rumah sangat ditentukan oleh peran orang tua. Saat di rumah, orang tua berkewajiban dalam memberi pengawasan serta memotivasi anak selama proses belajar, terlebih ketika anak menghadapi ujian sekolah.

Nah, hal yang tak kalah penting dalam mendampingi anak saat menghadapi ujian sekolah adalah menyiapkan mental anak. Gejala seperti yang dijelaskan diatas bisa diatasi apabila anak telah siap dan yakin atas penguasaan materi yang telah ia pelajari selama di rumah. Anak akan lebih percaya diri dan optimis untuk bisa mendapatkan nilai tinggi. Di sinilah peran orang tua di rumah, yaitu untuk mengingatkan anak supaya belajar jauh-jauh hari sebelum ujian.

Selain persiapan mental, hal yang terpenting adalah memperhatikan kesehatan anak. Jangan sampai, mendekati hari ujian, anak justru jatuh sakit karena kelelahan dalam belajar. Durasi waktu belajar anak di rumah juga harus diperhatikan. Kita sebagai orang tua diharapkan tidak terlalu menekan anak dalam belajar. Buatlah kegiatan belajar di rumah menyenangkan. Salah satu caranya adalah menggunakan media pembelajaran Rumah Juara.

Rumah Juara merupakan media pembelajaran K13 (Kurikulum 2013) yang dikemas menggunakan media interaktif berupa audio, video, animasi, serta game edukasi yang ditujukan untuk membantu dan memotivasi anak dalam meningkatkan prestasi di sekolah. Selain itu, Rumah Juara hadir untuk membantu anak dalam belajar dengan efektif, baik secara mandiri maupun dengan bantuan orang tuanya.


Selain menyediakan konten yang lengkap sesuai dengan kurikulum pendidikan nasional yang berlaku sekarang, yaitu K13, Rumah Juara memiliki beberapa fitur unggulan di antaranya:


Media interaktif

Biasanya nih ya buku pelajaran yang disediakan sekolah penuh dengan teks tanpa gambar. Nah Rumah Juara ini justru melengkapinya dengan video, audio, dan game. Pada fitur ini, anak akan antusias dalam belajar. Apalagi dalam media interaktif dilengkapi game edukasi yang akan membuat anak senang dalam belajar.

Tenang, untuk game yang tersedia di Rumah Juara telah didesain untuk mengikuti kurikulum nasional yang berlaku sekarang. Jadi, para orang tua tidak perlu khawatir. Karena dengan belajar menggunakan game, kemampuan dan keterampilan anak akan semakin terasah.

Contoh media interaktif yang saya akses adalah materi kelas 1, subtema 2 (tubuhku) yang ada di tema 1 (diriku). Pada media interaktif ini, anak dapat belajar menggunakan game. Seru, ya!

(Baca Juga: RuangBelajarZaman Now)






Kegiatan belajar sebelum menghadapi ujian bukan hanya sebatas membaca materi pelajaran saja. Persiapan sebelum ujian juga bisa dilakukan dengan membiasakan anak berlatih mengerjakan soal, terutama untuk pelajaran yang sedang diujikan. Dengan latihan soal secara rutin, anak akan terbiasa melatih logika, bukan hanya menghafalkan materi maupun jawaban.

Fitur kedua yang disediakan Rumah Juara adalah Bank Soal. Saya rasa, fitur ini sangat penting untuk mengajak anak dalam menghadapi ujian sekolah. Pada fitur ini, telah tersedia puluhan ribu soal beserta pembahasannya berdasar kelas dan tema yang sedang diujikan.

Seperti contoh, saya mengakses latihan soal kelas 1 di Rumah Juara. Di sini, saya dapat memilih jumlah soal pilihan ganda, isian, soal esai, serta mendetailkan mata pelajaran yang kita inginkan. Kunci jawaban beserta pembahasannya pun juga telah tersedia di sini. Menarik, ya!








Sedangkan fitur ketiga adalah E-book. Bagi orangtua yang suka membacakan cerita dongeng sebelum tidur kepada anak, Rumah Juara menyediakan banyak cerita dongeng yang menarik lho! Tak hanya khusus orangtua. Di Rumah Juara juga tersedia buku bacaan khusus anak lho!




Itulah ketiga fitur yang dapat kita gunakan jika mendaftar sebagai orang tua. Dengan Rumah Juara, anak semakin siap menghadapi ujian sekolah. Yuk, para orang tua, segera daftarakan dirimu sekarang juga! Ada promo hingga Juni 2018!

42 komentar on "Menghadapi Sindrom Ujian Sekolah Dengan Rumah Juara"
  1. Dari desainnya cocok buat anak-anak ya mbak. Apa cuma buat anak SD atau ada versi lain untuk SMP dan SMA?
    Kalau dari dulu sudah ada yang beginian, dengan pendampingan orang tua anak ga perlu pergi bimbel lagi ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener fir, aalagi jarak bimbel sama rumah lumayan jauh ya fir. Duh zaman kita mah belum secanggih ini fir hahaa

      Hapus
  2. Rumah juara asik yaa.. Lengkap banget.

    BalasHapus
  3. Bagus ini yah, boleh nanti direkomendasi untuk temna-teman kantr yang dah punya anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, dan praktis karena bisa belajar dimanapun

      Hapus
  4. Bagus banget ini. Solusi pendidikan jaman now. Fitur-fiturnya memang yang sangat dibutuhkan. Malahan butuhnya selama proses dari awal juga kayaknya nih. Bukan hanya untuk persiapan ujian. Mantap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mbak, buat pemahaman materi ini.

      Hapus
  5. Saya pernah alami sindrom waktu zaman sekolah dulu. Bagus ini mbak dan cocol direkomendasikan

    BalasHapus
  6. Jelang ujian gitu emang “senggol bacok” ya dek. Ahahaaa. Ngerasain banget mood swing yang parah, ya terjadi karena cemas berlebihan sih, plus rasa capek juga karena belajar mulu. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iy bener banget mbak. Bawaannya emosi aja

      Hapus
  7. Zaman dulu belum ada Rumah Juara, dek. Coba kalo udah ada, gausah lagi sibuk les sana sini. Bisa belajar di rumah aja, lebih santai & bisa sambil ngemil. *teteup makanan is number one. Ahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa bener banget mbak. Manak jarak bimbel ke rumah lumayan jauh yaaa..

      Hapus
  8. Duh,jadi ingat masa-masa masih sekolah dulu...memang sih ujian sekolah kadang bikin deg degan..hehe

    BalasHapus
  9. wah boleh juga nich k13 buat rekomendasi ke keluarga yang ingin anaknya sukses menghadapi ujian

    BalasHapus
  10. Interfacenya friendly dan bersahabat bange, cocok banget buat anak-anak modern. like it.

    BalasHapus
  11. wah pas banget adik saya yang bungsu mau ujian nih, ini tersedia untuk tingkat SMA kah?

    BalasHapus
  12. Kenapa sih yang kayak gini adanya waktu udah jadi mahasiswa. Coba dulu ada, pasti belajarnya lebih menyenangkan dan lebih siap menghadapi ujian :')
    Kebetulan adikku masih sekolah. Nanti tak suruh dia cobain yang satu ini. Anaknya suka banget mengeksplor sesuatu apalagi yang berhubungan sama pelajaran

    BalasHapus
  13. baru tau rumah juara boleh nih share ke ponakan yang mau ujian biar makin mantep
    ga stress 😁

    BalasHapus
  14. Belajar pasti lebih mudah dan cepat berkat Aplikasi kereen ini. Patut dicoba nih

    BalasHapus
  15. Kalau sudah bisa diakses melalui aplikasi di ponsel yang di pelosok seperti kami pun bisa dengan mudah nih belajar nya. Keren...

    BalasHapus
  16. Asyiknya belajar dengan metode yang beda. Gadget jadi makin bermanfaat

    BalasHapus
  17. wah.. Rumah Juara ini kerenn ya, inovatif sekali. Solusi belajar untuk untuk anak sekolahan. Buat guru juga bermanfaat juga ya kak

    BalasHapus
  18. Asyik ya ada media belajar seperti ini

    BalasHapus
  19. Wawww, keren yah Rumah Juara ini. Jadinya siswa dan orang tua jadi lebih smart. Mantap. Nice info banget mba :)

    BalasHapus
  20. Aku baca ini jadi ingat simdrom ujianku dulu. Bener-bener gugup luar biasa kalau dengar kata ujian. Skrg udah zaman canggih ya, rumah juara ini bs aku aplikasikan buat buah hatiku ktk udah besat nanti. Thanks infonya bunda.

    BalasHapus
  21. keren solusi yang memang bagus

    BalasHapus
  22. Wah ini bentuknya game ya? Menarik!

    BalasHapus
  23. Aku banget mba. Zaman sekolah sampai kuliah, kalau mau ujian bawaannya sakit. Sampai pernah bolak-nalik ke kamar mandi kampus. Keringat dingin, badan ikut dingin. Aduh grogi maksimal. Padahal ya sudah belajar.
    Rumah juara bisa jadi solusi yang bagus ya.

    BalasHapus
  24. Wah bagus aplikasinya. Ini kyknya cocok buat anak2 yang udah sekolah dasar ke atas ya :D
    Noted ntr kurekomendasikan ke tmn2ku yg anak2nya dah sekolah TFS

    BalasHapus
  25. Bagus deh desainnya warnanya ga ngebosenin..semoga anak2 suka juga

    BalasHapus
  26. Aplikasi berguna banget buat orang tua sama anaknya, metode belajar baru

    BalasHapus
  27. Metode pembelajaran kreatif yang bisa menunjang orang tua dalam mendidik anak dirumah, jadi ga perlu les jauh2 lagi deh

    BalasHapus
  28. Enak nih kalo ubay dah sekolah bisa bantu in anak2 belajar lewat rumah juara

    BalasHapus
  29. Seiring dengan perkembangan jaman yaa...anak-anak sekarang dimudahkan belajar.
    Orangtua juga mesti pinter-pinter mencari variasi cara belajar anak supaya tetap semangat berlatih soal.

    BalasHapus
  30. Aplikasi Rumah Juara membuat aktivitas belajar jadi tidak membosankan bagi anak. Keren ^^

    BalasHapus
  31. Aku suka sama fitur e-booknya. Mantap tuh.

    BalasHapus
  32. Gambarnya lucu-lucu yaaa. Jadi salfok kan. Gambar-gambar imut begini penting banget biar anak-anak semangat belajarnya.

    BalasHapus
  33. waaaahhh mantap nihh, solusi banget nih kayakny..

    BalasHapus